Momen Idulfitri, 5 Manfaat Memaafkan kesalahan Orang Lain

Minggu, 8 Mei 2022 | 00:01:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Momen Idulfitri, 5 Manfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Ilustrasi Hari Raya Idulfitri. (Special)

Ladiestory.id - Momen lebaran memang sering identik dengan budaya saling memaafkan satu sama lain. Dengan memaafkan di hari raya Idulfitri, harapannya membawa semua insan kembali suci dan bersih.

Memang bukan perkara yang mudah untuk memaafkan kesalahan orang yang telah begitu banyak menyakiti hati. Rasa sakit hati masih terpendam di dalam diri hingga sulit rasanya untuk memaafkan.

Bahkan ketika orang tersebut meminta maaf kepada Kamu, masih ada pikran negatif bahwa maafnya hanya diperkataan saja. Hal itu membuat kita ragu apakah seseorang tersebut benar-benar berniat meminta maaf atau tidak. Bisa jadi, meski telah dimaafkan, ia tetap berbuat kesalahan yang sama dan membuat Kamu trauma untuk memaafkan kembali.

Namun pada kenyataannya, jika Kamu terus-menerus menyimpan sakit hati, maka Kamu akan merasa sedih yang berkelanjutan. Setelah hal itu terjadi, Kamu akan diselimuti rasa gelisah. Oleh karena itu, ada baiknya jika Kamu mulai sekarang mencoba memaafkan kesalahan orang lain. Di hari yang suci ini, sudah saatnya Kamu untuk belajar memaafkan.

Sebelum itu, Kamu juga bisa melihat apa saja manfaat dari memaafkan kesalahan orang lain. Dengan mengetahui beberapa manfaatnya, Kamu mulai bisa dengan mudah memaafkan orang lain dan bersikap sabar. Berikut ini beberapa manfaat dari memaafkan kesalahan orang lain.

Menghilangkan Stres

Foto: Ladiestory.id

Dengan memaafkan kesalahan orang lain, ternyata dapat mengurangi bahkan menghilangkan stres yang sedang Kamu alami. Apakah Kamu tahu, jika sakit hati akan menyebabkan fisik dan pikiran lelah.

Maka dari itu, dengan memaafkan kesalahan orang lain, Kamu dapat mengurangi atau menghilangkan rasa stres. Jadi, tidak ada salahnya Kamu belajar untuk memaafkan kesalahan orang lain.

Membuat Kamu Menjadi Orang yang Lebih Kuat

Ilustrasi mental yang kuat. (Special)

Kamu pasti pernah mendengar bahwa tuhan memberikan suatu cobaan kepada seseorang agar orang tersebut menjadi lebih kuat. Ungkapan tersebut ternyata ada benarnya. Ketika Kamu mendapatkan masalah seperti disakiti oleh seseorang, Kamu akan merasa sedih, bukan?

Namun, jika Kamu dapat melewatinya dengan memaafkan orang tersebut, hatimu akan jauh lebih tenang. Bahkan, ketika Kamu mendapatkan suatu hal yang sama dikemudian hari, Kamu bisa kuat menghadapinya.

Menjalin Hubungan Baik dengan Orang Lain

Ilustrasi komunitas perempuan muslim. (Special)

Memaafkan seseorang yang telah berbuat salah kepada Kamu, itu bukanlah seputar Kamu dan orang tersebut. Namun, secara lebih luas lagi, dengan menyimpan rasa dendam, sebenarnya itu akan memiliki dampak pada hubungan Kamu dengan orang lain.

Misalnya saja, Kamu kesulitan untuk kembali mempercayai orang setelah dikhianati, maka ini akan menghambat dirimu untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain. Di sisi lain dengan berdamai atas kesalahan orang lain ternyata dapat meningkatkan rasa terkoneksi dengan orang lain.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur yang Cukup. (Special)

Manfaat dari memaafkan kesalahan orang lain tidak hanya dari segi psikis saja namun dari segi fisik. Bagi Kamu yang memiliki gangguan tidur, bisa jadi karena Kamu sedang menyimpan sesuatu di hati. Pertama coba Kamu ingat, kesalahan apa yang pernah Kamu lakukan atau orang lain lakukan kepadamu.

Mintalah maaf dulu kepadanya untuk meringankan rasa kesal di dada. Terkadang, Kamu harus bisa mengalah untuk sementara waktu, demi kebaikan diri sendiri. Ingat! meminta maaf bukan berarti Kamu lemah. Cara seperti ini dapat membantu Kamu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak di malam hari. Kamu juga tidak akan memiliki dendam pada seseorang.

Mempermudah Kamu Membuka Lembaran Baru

Foto: Ladiestory.id

Ternyata dengan memaafkan, Kamu akan mempermudah diri sendiri untuk membuka lembaran baru. Bagaimana bisa? Coba Kamu rasakan. Jika Kamu masih menyimpan dendam dan rasa sakit hati kepada orang sampai berlarut-larut, pasti Kamu akan susah untuk memulai hidup yang lebih baik.

Kamu akan terbayang dengan kesalahannya dan rasa sakit hatimu. Jadi ketika Kamu mau memaafkan kesalahannya, Kamu akan lebih lega dan tenang. Dengan begini, Kamu akan mudah membuka lembaran baru di hidupmu.

s