Wakili Suara Emak-Emak, Mulan Jameela Protes Wacana Kebijakan Kompor Listrik

Senin, 26 September 2022 | 11:45:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Wakili Suara Emak-Emak, Mulan Jameela Protes Wacana Kebijakan Kompor Listrik

Mulan Jameela. (Spesial)

Ladiestory.id - Nama penyanyi yang juga menjabat sebagai Anggota Komisi VII DPR RI, Mulan Jameela, sempat trending di Twitter dan menyita perhatian publik. Pasalnya, istri dari musisi Ahmad Dhani tersebut menyampaikan ketidaksetujuan mengenai wacana kebijakan kompor induksi atau kompor listrik, yang tengah menjadi bahasan dalam sebuah rapat di gedung parlemen.

Dalam video yang diunggah di kanal YouTube Komisi VII DPR RI, Mulan mengungkap alasan atas penolakannya. Menurut Mulan, kompor listrik tidak sesuai dengan kebiasaan memasak untuk makanan-makanan Indonesia, yang harus menggunakan bentuk wajan yang beragam.

Mulan Jameela Protes Wacana Kebijakan Kompor Listrik. (Spesial)

"Ini saya jujur ya, kapasitas saya sebagai anggota dewan dan sebagai emak-emak. Kami di rumah saja punya kompor listrik tetap tak bisa lepas dari yang gas karena masakan Indonesia ya beda bukan masakan orang bule yang pancinya ya seukuran begitu saja," kata Mulan Jameela dalam rapat yang disiarkan di YouTube pada Jumat (23/9/2022) lalu.

Lebih lanjut, Mulan mengungkap kekhawatirannya akan tagihan listrik masyarakat yang akan naik. Pasalnya, kompor induksi memerlukan daya listrik hingga 1000 watt.

"Masyarakat yang kekurangan daya listriknya kan 450 VA, ini kebutuhannya 1.200-1.800 watt," sambungnya.

Atas alasan tersebut, pelantun lagu “Makhluk Tuhan yang Paling Seksi” itu pun meminta agar pemerintah kembali mengkaji ulang wacana pergantian kompor gas ke listrik. Ia juga meminta agar kebijakan tidak dilakukan secara terburu-buru.

Tindakan Mulan mengkiritk kebijakan kompor listrik pun menuai beragam tanggapan dari warganet. Terpantau, banyak suara yang setuju dengan Mulan. Warganet meminta agar pemerintah tak asal membuat kebijakan yang nantinya justru dinilai akan merugikan masyarakat.

“Sangat2 mewakili, terima kasih Mulan Jameela sudah mewakili ibu2 Indonesia,” tulis @dewiwijil.

“Setuju lah sama mulan kalo ini,” kata @mike_pramudita.

“Setuju sih kali ini, bener bgt kalau ada yang hajatan kayak gimana ya wkwkw,” komen @karticqaa.