Instagramable, Ini 6 Mural Penang Street Art Colorful dan Estetik

Rabu, 20 Juli 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Instagramable, Ini 6 Mural Penang Street Art Colorful Dan Estetik

Ilustrasi Mural Penang Street Art (pinterest)

Ladiestory.id - Berkunjung ke negeri tetangga yang berada di Penang, Malaysia, tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi salah satu mural street art yang artisistik dan instagramable. Berada di George Town, mural Penang street art menjadi daya tarik wisata populer yang wajib dikunjungi bagi kamu penikmat karya seni street art. Tak hanya itu, mural Penang street art ini diakui oleh UNESCO, loh. Berikut ini 6 karya seni mural Penang street art yang colorful dan instgramable yang bisa kamu kunjungi.

Boy on Bike

Boy on Bike (pinterest)

Bagu kamu si traveler yang juga hobi keliling dunia dan berjalan-jalan sekaligu mengisi tampilan feed instagram supaya lebih artsy dan instagramable, kamu juga bisa berkunjung ke George Town di Penang, Malaysia. Akan ada banyak karya seni mural yang terpampang di dinding-dinging toko, bangunan-bangunan besar, tiang listrik hingga pilar-pilar lalu lintas di sepanjang jalan George Town.

Karya-karya mural street art ini dilukis dengan tampilan 2D dan 3D yang seolah terlihat hidup. Tak hanya itu, mural street art ini juga dilengkapi dengan berbagai properti menarik agar kesan artsy nan estetik. Karya tersebut benar-benar muncul dan memberi nyawa, seperti sepeda motor bekas, ayunan, gerobak, pagar pintu hingga barang-barang bekas yang tidak terpakai.

Seperti tampilan mural street art dari seniman Ernest Zacharevic yang berasal dari negara Lithuania ini, ia mulukis mural di bangunan yang kumuh sehingga meghasilkan karya seni yang estetik. Karyanya ini diberi nama “Boy on Bike” yang memperlihatkan seorang anak laki-laki tengah bersantai di atas sepeda motor sembari menyender di samping dinding pintu dan menoleh ke belakang. Hasil lukisannya pun viral di media sosial dan mural hasil karya Ernest ini dapat ditemukan di Armenian Street, Penang.

Little Childreen on a Bicycle

Little Childreen on a Bicycle (pinterest)

Hasil lukisan mural street art ini berhasil memukau para pelancong yang datang ke Penang. Tak heran jika banyak wisatawan yang dibuat kagum sembari melihat bangunan-bangunan jalan yang dipenuhi akan lukisan mural.

Karya mural street art selanjutnya juga datang dari Ernest Zacharevic. Ia kembali melukis dinding bangunan yang kumuh menjadi nilai karya seni yang menarik, kali ini, ia menggambarkan dua orang anak kecil yang sedang bergembira menaikai sepeda engkol sambil berboncengan. Tiba-tiba saja, ekspresi keduanya terlihat mengejutkan seolah sedang menstabilkan laju sepeda yang begitu kencang. Ernest pun juga menambahkan properti sepeda pada lukisan muralnya. Ernest menamai mural street art ini dengan “Little Childreen on a Bicycle”. Lukisan muaralnya ini juga dapat ditemukan di Armenian Street, George Town, Penang.

Brother and Sister on The Wing

Brother and Sister on The Wing (pinterest)

Bagi kamu yang baru pertama kali ingin berkunjung melihat mural street art di Penang ini, sebaiknya kamu ditemani oleh tour guide atau Maps untuk menuju ke lokasi. Namun, ketika menggunakan Maps, hanya ditemukan beberapa saja lokasi mural di tempat ini. Kamu pun juga harus berhati-hati dan cermat untuk melihat tempat-tempat tersembunyi yang ada di Penang, karena masih banyak karya seni popular lainnya yang berada di tempat-tempat tersembunyi yang tak terlihat namun juga memberikan hasil yang estetik dan instagramable. Seperti lorong-lorong jalan pertokoan, dinding-dinding tempat makan, hingga bangunan kumuh tak terpakai.

Di sepanjang jalan Gat Lebuh Chulia, kamu juga akan menemukan gambar lukisan kakak beradik sedang bermain ayunan di dinding bangunan gudang percetakan. Mural ini dibuat oleh Louis Gan, yakni a local deaf mute-self taught artist. Ia juga menambah properti dua ayunan di samping kiri dan kanan seolah kamu sedang ikut bermain ayuanan bersama dua kakak beradik itu. Lukisan mural ini pun seakan memberi kesan hidup ketika kamu sedang berfoto disampingnya.

Love Me Like You Fortune Cat

Love Me Like You Fortune Cat (pinterest)

Berada di jalan gang sempit, dinding bangunan yang kumuh ini juga memberi hasil karya yang artsy. Terletak di Armenian Street, karya mural “Love Me Like You Fortune Cat” adalah salah satu dari 12 gambar mural kucing yang merupakan Project 101 Lost Kittens by Artist for Stray Animals (ASA)The fortune cat ini dapat ditemui di beberapa restoran Jepang dan Taiwan, di mana mereka percaya bahwa kucing-kucing tersebut dapat membawa rezeki dan keberuntungan.

I Want Pau

I Want Pau (pinterest)

Tak mau kalah dari mural lainnya. Kali ini mural street art komersial yang terletak di sepanjang jalan George Town juga dapat ditemukan di berbagai sudut kota. Seperti seni ilustrasi diatas yang menunjukkan kedua anak dari bilik jendela ingin menggapai kenikmatan kue Pau (roti kukus) dari dalam nampan rotan. Ini merupakan salah satu karya seni yang ditampilkan dari toko kue Ming Xiang Tai yang berada tepat di sebelahnya, mural unik ini merupakan hasil karya dari WK Setor. Wah, seolah-olah mural ini seperti asli ya, ladies?

Big Mouth

Big Mouth (pinterest)

Kolaborasi antara grafittiprints.com dan Hin Bus Depot Art Centre, karya milik Gabriel Pitcher dari Inggris ini memberikan keunikan tersendiri dan begitu artistik, bukan? Gabriel memainkan ilustrasi berupa gambar orang tua yang seolah sedang berbicara yang terlukis di antara atas lorong dinding. Lokasi ini juga sangat cocok untuk dijadikan konsep prewedding outdor, loh.

Bagaimana Ladies? Tertarik untuk mengunjungi wisata mural Penang street art ini?

 

s