Najwa Shihab Buka Suara tentang Alasan Tak Pakai Hijab

Sabtu, 17 September 2022 | 14:00:00

Najwa Shihab Buka Suara Tentang Alasan Tak Pakai Hijab

Najwa Shihab. (Youtube.com/NGOBROLASIX)

Ladiestory.id - Sosok Najwa Shihab tak pernah lepas dari sorotan publik. Jurnalis kondang itu selalu tampil di acara televisi dan aktif di media sosial untuk menyuarakan pendapatnya.

Sebagai seorang anak dari ulama besar di Indonesia, Najwa Shihab kerap dihujani pertanyaan mengenai hijab. Ia sendiri saat ini menjadi satu-satunya perempuan yang belum mengenakan hijab di dalam keluarganya. 

Berbicara kepada Ashanty, Najwa Shihab mengatakan alasannya mengenai keputusannya belum berhijab. Ia pun menyadari bahwa banyak netizen yang penasaran dengan jawabannya itu. 

Najwa Shihab. (Youtube.com/NGOBROLASIX)

"Yang paling sering sampai sekarang 'Kok enggak pakai jilbab?' paling itu sih. Selalu tuh dan jadinya aku menemukan jawaban ketika ditanya itu," kata Najwa Shihab, sebagaimana yang dikutip dari kanal YouTube Ngobrol Asix, Kamis (16/9/2022). 

"Aku kan bersaudara lima orang, empat perempuan, semua saudara perempuan dan ibuku sebenarnya berjilbab, cuma aku yang enggak berjilbab. Setiap aku posting sama Abi, pasti ada aja komenan netizen," ujarnya.

Seiring berjalannya waktu, Najwa Shihab merasa bahwa netizen hanya ingin menghakimi hidupnya. Jadi ia tak perlu repot-repot menjelaskan alasannya dengan gamblang. Alih-alih menjelaskan, Najwa malah memberikan referensi bacaan buku agama yang membahas tentang hijab. 

"Aku ngerasa mereka bertanya bukan untuk mau tahu tapi untuk menghakimi. Dan kalau kita terlibat dalam tanya jawab yang terbatas di media sosial, apalagi tulisan nuansanya kan beda dengan ngobrol," jelasnya.

"Pakai tulisan huruf besar aja dikiranya marah, tanda seru tiga dipikir apa, jadi kan terbatas nuansa emosinya dalam tulisan," sambungnya.

"Kalau mau tahu ada banyak buku, pelajari ini salah satu bukunya abi mudah-mudahan bisa menjawab. Karena ini bukan penjelasan yang cukup dalam satu atau dua kalimat," tutupnya dengan tegas.

Seperti diketahui, Najwa Shihab merupakan putri kedua dari ulama besar, Quraish Shihab, yang pernah menjadi Menteri Agama Republik Indonesia pada 1998 silam.

s