Negara Terkecil Di Dunia; Lebih Kecil Dari Jakarta!

Minggu, 15 Agustus 2021 | 01:00:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Negara Terkecil Di Dunia; Lebih Kecil Dari Jakarta!

Foto: Ladiestory.id

Banyak orang yang masih berpikir bahwa untuk menjadi sebuah negara harus memiliki wilayah yang luas. Namun, setiap negara memiliki luas wilayah yang tak sama. Ada negara dengan luas wilayah yang besar, bahkan ada pula yang memiliki luas wilayah yang mungil dan terbatas.

Negara Terkecil Di Dunia, Mana Saja?

Negara organisasi kekuasaan yang berdaulat dengan tata pemerintahan yang melaksanakan tata tertib atas orang-orang di daerah tertentu. Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut, dan berdiri secara independen.

Uniknya, ada negara yang luasnya hanya sekitar satu kota saja, lo. Bahkan, di antaranya memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Meski wilayahnya kecil, ada negara yang padat penduduk, sumber daya alam yang berlimpah dan termasuk negara tertua. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Ladiestory.id rangkum negara terkecil di dunia.

 

1. Vatikan (0,44 km²)

Foto: Ladiestory.id

 

Vatikan menjadi negara terkecil di dunia karena memiliki luas seukuran lapangan golf. Negara ini berada di dalam kota Roma, Italia dan dipimpin oleh Paus.

Walaupun kecil, Vatikan memiliki penduduk lebih dari 1 juta orang. Adapun, kewarganegaraan di Vatikan hanya diberikan kepada orang yang bekerja di sana dan akan dicabut ketika tidak lagi bekerja di sana.

2. Monako (1,95 km²)

Monako berada di antara Laut Mediterania dan Prancis di sepanjang Pantai Biru (Cote d'Azur). Nama Monako sendiri berasal dari koloni Yunani dekat sana bernama 'Monoikos'.

Negara yang dipimpin oleh Perdana Menteri ini memiliki keindahan alam yang sangat cantik. Tak heran, sumber pendapatan Monako berasal dari sektor pariwisata.

3. Nauru (21,20 km²)

Nauru dulu dikenal dengan sebutan Pleasant Island. Negara ini berada di Samudera Pasifik bagian Selatan atau sekitar 42 km di bawah garis khatulistiwa.

Dengan ukuran yang kecil, Nauru memiliki penduduk sekitar 11 ribu jiwa. Pariwisatanya negara ini pun menjadi pendorong sumber pendapatan Nauru.

4. Tuvalu (25,63 km²)

Tuvalu menjadi negara terkecil di dunia selanjutnya, Negara yang hanya memiliki ketinggian 5 meter di atas permukaan laut ini termasuk ke dalam kepulauan Polinesia dan berada di Samudera Pasifik atau di antara Hawaii dan Australia.

Nama Tuvalu berarti 'Delapan pulau yang berdiri bersama' dalam bahasa Tuvalu. Hal ini sesuai dengan 8 pulau yang terletak di Samudera Pasifik.

5. San Marino (61,20 km²)

Foto: Ladiestory.id

 

Negara ini didirikan oleh seorang tukang batu Kristiani bernama Santo Marinus atau San Marino (dalam bahasa Italia). Negara ini juga ditetapkan sebagai negara tertua di dunia karena dibentuk pada 3 September 301.

San Marino letaknya di kelilingi oleh negara Italia. Negara ini jarang memiliki tanah datar karena, San Marino pada dasarnya berada di atas pegunungan.

6. Liechtenstein (160,00 km²)

Foto: Ladiestory.id

 

Negara ini berada di Eropa Tengah, persisnya berada di Timur sungai Rhine, antara Swiss dan Austria. Bentuk pemerintahan Liechtenstein ini dipimpin oleh perdana menteri. Dengan luas mencapai 160,00 km² ini, Liechtenstein memiliki penduduk mencapai 33 ribu jiwa. Adapun, mayoritas penduduk beragama Katolik Roma.

7. Pulau Marshall (181,43 km²)

Pulau Marshall berada di sebelah pulau Nauru. Negara ini resmi berdaulat dan diakui dunia pada tahun 1983 melalui Compact of Free Association. Adapun, negara terkecil di dunia ini berada di bawah perlindungan Amerika Serikat bersama Mikronesia dan Palau. Dengan begitu, negara ini memiliki Marshall Island Police.

Itulah daftar negara terkecil di dunia. Meski tak begitu luas, negara-negara ini tetap memiliki pesona tersendiri yang menjadikannya menarik untuk dikunjungi. Adakah negara yang menjadi tujuan wisata kamu selanjutnya?

Berita Terkait