Asah Kemampuan Motorik dan Kognitif Anak, Bantu Optimalkan Periode Winning Window

Rabu, 10 Agustus 2022 | 22:45:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Asah Kemampuan Motorik Dan Kognitif Anak, Bantu Optimalkan Periode Winning Window

Ilustrasi anak sehat. (Special)

Ladiestory.id - Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, kehidupan semakin diwarnai dengan tantangan dan tingkat persaingan tinggi. Orang tua pun membesarkan anak-anak dengan harapan agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi pemenang yang dicintai serta berpandangan terbuka dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan baru di masa depan.

Oleh karena itu, Nutrilon Royal mengajak orang tua untuk mempersiapkan Bekal Untuk Menang bagi Si Kecil. Sebab, sistem kekebalan tubuh anak belum sepenuhnya berkembang sampai mereka menginjak usia 8 tahun.

Nutrilon Royal mengajak orang tua di Indonesia untuk mengoptimalkan periode penting yang dikenal sebagai The Winning Window. Caranya, dengan memberikan Bekal Untuk Menang, yang mencakup Winning Nutrition (pemberian FOS:GOS, Omega 3, Omega 6 dan DHA yang baik untuk perkembangan kognitif anak) dan Winning Parenting dengan mengasah 8 Winning Skills agar si kecil dapat menjadi pemenang yang dicintai.

Acara Nutrilon Royal. (Spesial)

Margareta Komalasari, selaku Dokter Spesialis Anak memaparkan, perkembangan motorik dan kognitif berjalan searah. Ketika si Kecil belajar gerakan motorik, perkembangan kognitif juga dimulai. Bahkan bila anak mengalami keterlambatan atau defisit dalam keterampilan motorik kasarnya, maka hal ini dapat berdampak pada perkembangan kognitifnya.

Oleh karena itu,  intervensi sejak dini sangat penting untuk memperbaiki efek gangguan motorik pada area pertumbuhan lainnya, seperti pembelajaran atau perkembangan sosial anak.

Velan Sormin selaku Brand Manager Nutrilon Royal mengatakan, jika ia percaya bahwa winners are made dan semua anak memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemenang yang dicintai.

"Sebagai wujud nyata dukungan Nutrilon Royal terhadap para Moms, kami pun menghadirkan susu pertumbuhan yang diperkaya dengan FOS:GOS yang telah teruji klinis dapat membantu meningkatkan imunitas serta Omega 3, Omega 6, dan DHA yang baik untuk perkembangan kognitif Si Kecil,” ungkap Velan.

Saskhya Aulia Prima, selaku Psikolog Anak & Keluarga sekaligus Co-founder Tiga Generasi menjelaskan, untuk membesarkan anak yang berjiwa pemenang, orang tua juga perlu untuk memiliki pola pikir sebagai The Winning Mom (Mama Pemenang), yaitu sosok Mama yang tergerak untuk terus belajar dan menerapkan pendekatan parenting yang berkembang seiring waktu dan berorientasi masa depan.

Agar anak dapat memiliki jiwa pemenang yang percaya diri dalam menghadapi tantangan di masa depan, The Winning Mom perlu melakukan stimulasi sejak dini terutama mengoptimalkan periode sensitif yaitu usia 0-8 tahun dengan memberikan stimulasi yang tepat.

Acara Nutrilon Royal. (Spesial)

Salah satu stimulasi yang direkomendasikan adalah 8 Winning Skills, stimulasi yang dikembangkan oleh Nutrilon Royal bersama sejumlah ahli tumbuh kembang anak dan dokter anak, dapat menjadi salah satu alat bantu untuk mempersiapkan Si Kecil menghadapi kehidupan bermasyarakat yang dinamis dan berubah dengan cepat di masa depan. Adapun 8 Winning Skills yang dimaksud antara lain:

Attention: kemampuan untuk mengarahkan perhatian terhadap sesuatu

Focus: kemampuan untuk menyelesaikan sesuatu yang dimulai sampai akhir

Memory: kemampuan mengingat dengan baik seperti peristiwa, benda atau orang

Language: kemampuan untuk memahami dan berkomunikasi dengan bahasa yang tepat

Psychomotor: keterampilan jasmani dan berhubungan dengan aktivitas fisik

Logic: kemampuan untuk menganalisa informasi

Reasoning: kemampuan untuk memahami dan membangun proses berpikir

Decision Making: kemampuan untuk mengambil keputusan berdasarkan analisa yang telah dilakukan

Tasya Kamila, Royal Winning Mom yang merupakan seorang selebriti sekaligus Mama dari satu orang anak mengatakan, di awal perjalanannya sebagai seorang mama, ia memiliki keinginan agar sang anak, Arrasya, bisa mendapat bekal terbaik dan menjadi yang terbaik.

Ia pun memiliki kecemasan mengingat kehidupan terus berkembang dengan persaingan yang kian tinggi. Kini, Tasya mulai mengerti bahwa ia dan suami ingin Arrasya menjadi sosok pemenang yang dicintai dan dihargai sesama, bukan sekadar yang terbaik.

Keluarga Tasya Kamila. (instagram.com/tasyakamila)

Oleh karena itu, ia pun menerapkan pendekatan parenting yang memungkinkan saya untuk memberikan bekal yang sesuai dengan kebutuhan Arrasya di setiap tahapan pertumbuhannya. tak lupa, ia pun terus membuka diri untuk mempelajari hal-hal baru termasuk memastikan akan kecukupan nutrisi dan stimulasi pada anak.

"Saya memberikan Nutrilon Royal yang diperkaya dengan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan imunitas dan baik untuk perkembangan kognitif Arrasya, saya juga mempelajari 8 Winning Skills yang merupakan inovasi yang menjawab kebutuhan saya sebagai seorang Mama dalam membekali Arrasya untuk tumbuh dan berkembang menjadi pemenang yang dicintai,” ujar Tasya Kamila.