Orang Tua Tak Akan Didik Anak Dengan Gaya Kuno Seperti Mereka Kecil

Kamis, 28 Desember 2023 | 22:52:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Orang Tua Tak Akan Didik Anak Dengan Gaya Kuno Seperti Mereka Kecil

Grandma, mother, grandchild. (Pexels.com)

Ladiestory.id - Ladies, pasti kalian sering kali mendengar perdebatan antara orang tua dengan kakek-nenek mereka perihal hal sepele maupun besar.

Melansir dari studyfinds.org yang tayang pada Rabu (1/11/2023), OnePoll mengatakan 4 dari 10 orang tua saat ini memiliki tujuan membesarkan anak-anaknya dan tidak akan menerapkan apa yang ibu dan ayah mereka lakukan dulu.

Menurut penelitian, terdapat 4.000 orang tua dan kakek-nenek di Amerika Serikat dan Kanada menganggap nasihat orang tua mereka tidak relevan. Hal ini terjadi karena perbedaan gagasan dan pendirian tentang cara membesarkan anak mereka.

Kemajuan teknologi dan informasi bisa menjadi landasan berubahnya cara didik dan metode membesarkan anak dengan lebih baik yang mereka bisa lakukan.

Survei menemukan 83% menganggap bahwa nasihat orang tua sangatlah berharga dan membuat mereka belajar banyak dalam urusan membesarkan anak. Lalu 73% dari mereka menganggap nasihat orang tua sama pentingnya namun mereka akan tetap membesarkan anak sesuai keinginan mereka.

Perubahan cara mendidikan sering kali menjadi perdebatan antara orang tua dan anak yang sama-sama memiliki prinsip yang kuat. Misal orang tua baru yang membatasi anak untuk bermain gadget atau menonton TV karena mengerti bahayanya screen untuk si kecil. Beda lagi jika si anak diasuh dengan kakek-neneknya, cucu kesayangan biasanya akan dibiarkan bebas menonton film kartun atau bermain games di handphone karena mereka merasa senang memenuhi kebahagiaan sang cucu. 

Terlepas dari perbedaan, banyak dari mereka yang menghargai semua yang telah orang tua ajarkan dulu. Banyak dari mereka yang masih tetap mewajibkan makan malam bersama, membacakan buku cerita sebelum tidur sama seperti yang orang tua mereka lakukan dulu.

Grandma, mother, grandchild. (Pexels.com)

 

 

Menurut survei, banyak dari kakek-nenek yang ingin sekali terlibat dalam mengasuh cucu. Meski pun rata-rata waktu pertemuan dengan sang cucu hanya dilakukan dua kali seminggu, mereka mengatakan ingin sekali bertemu setiap hari, menemani pergi sekolah, memandikan sampai tidur bersama. 

Meski bertentangan, banyak ayah dan ibu muda yang setuju dengan cara membesarkan anak walau dirasa cukup kuno, mereka tahu betul bahwa para kakek-nenek sangat mengutamakan dan menyayangi cucu mereka.