Padukan Heritage Indonesia dengan Konsep Western, Bianca Adinegoro Hadirkan Baha Gia

Selasa, 23 Januari 2024 | 16:14:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Padukan Heritage Indonesia Dengan Konsep Western, Bianca Adinegoro Hadirkan Baha Gia

Bianca Adinegoro. (Instagram.com/bianca.alinda)

Ladiestory.id - Bianca Adinegoro, sosok model dan aktris yang juga merupakan istri dari sosok pejabat, mulai melangkahkan kakinya ke ranah bisnis fashion industry. Ia mulai membangun sebuah fashion brand bernama Baha Gia pada 2022 lalu.

Meski memang sudah melekat dengan dunia fashion karena pekerjaannya sebagai seorang model, namun keputusannya untuk membangun sebuah brand memerlukan pemikiran yang matang.

Keputusannya untuk mendirikan usaha fashion berawal dari selesainya masa jabatan sang suami, Muhammad Lutfi, sebagai Duta Besar Indonesia di Washington DC, Amerika Serikat.

“Jadi waktu itu saya kebetulan kan suami tugas di Amerika jadi dubes (duta besar) terus tiba-tiba kita harus pulang, terus saya emang orangnya gak bisa diem, terus saya lagi mikir 'oke sampe Jakarta saya kerjain apa ya' terus tiba-tiba saya mendapatkan inspirasi 'oh ya kenapa saya gak bikin dress-dress’,” tutur Bianca Adinegoro kepada Ladiestory.id di kawasan Jakarta Selatan, pada Kamis (18/1/2024).

Bianca Adinegoro. (Instagram.com/bianca.alinda)

Baha Gia sendiri adalah sebuah brand fashion yang hanya menyuguhkan pakaian perempuan dengan model dress. Hal ini karena menurut Bianca Adinegoro akan membuat brand-nya lebih mudah dikenal oleh banyak orang.

“Soalnya saya merasa kalau kita bikin brand itu harus ada DNA yang kuat, jadi saya merasa kita emang fokus udah di dress aja sekarang. Kalau pun kita mau berkembang dari situ, misalkan bikin atasan sama bawahan rok, mungkin in the future saya bikin sekali-kali, tapi itu hanya capsule collection,” ungkap Bianca.

“Intinya brand kita DNA-nya semuanya harus dress karena apapun kalau kita bikin brand kita harus punya ciri khas kita yang gak sama dengan orang lain,” sambungnya.

Bukan hanya dress biasa, untuk memperkuat DNA dan ciri khasnya, Bianca Adinegoro memanfaatkan kekayaan budaya Indonesia.

Inspired by something Indonesia, tapi tidak ethnic jadi setiap print yang ada di dress-dress kita itu semuanya inspired dari salah satu daerah di Indonesia, kayak koleksi pertama itu insipred-nya dari Padang, kedua dari Borneo, ketiga dari Jogja. Jadi kita ambil semua elemen-elemen dari daerah itu, terus kita jadiin print semuanya di dress gitu,” jelas Bianca.

Untuk elemen yang dipadukan dengan dress berkonsep modern sangatkah beragam. Bianca Adinegoro menambahkan elemen yang khas dari setiap daerah Indonesia seperti flora, fauna, makanan, desain arsitektur rumah adat, hingga terinspirasi dari kebiasaan masyarakat di daerah tersebut.

“Biasanya kita lihat flora dan fauna, misalnya waktu koleksi yang Padang itu saya ada satu print yang semuanya dari sunting, terus saya ada gambar landscape di Minang dengan Rumah Gadang dijadiin print, terus juga kayak misalnya orang Padang suka makan cabai pedas, jadi cabai saya jadiin print,” ucap Bianca.

Motif Dress Baha Gia. (Instagram.com/bahagia.world)

Semua ide dan konsep yang dipilih oleh Bianca Adinegoro untuk bisnis fashion-nya bukan hanya untuk mengisi waktu luangnya semata. 

Lebih dari itu, perempuan yang pernah menjadi model video musik Dewa 19 bertajuk ‘Cukup Siti Nurbaya’ tersebut ingin memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara.

“Saya lihat belum ada, kayak brand yang hanya bikin dress print warna-warni terus dipadukan dengan Indonesia yang kaya dengan budaya, saya gali aja dari situ dengan harapan juga suatu hari saya akan jual ke luar negeri, jadi bisa membawa fashion indonesia ke luar negeri dengan bentuk yang berbeda,” tutupnya Bianca Adinegoro.