Padukan Songket Melayu, Riki Damanik Bawa Koleksi “Crossing” di IN2MF 2023

Jumat, 27 Oktober 2023 | 23:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Padukan Songket Melayu, Riki Damanik Bawa Koleksi “Crossing” Di In2Mf 2023

Koleksi "Crossing" oleh Riki Damanik di IN2MF 2023. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

Ladiestory.id - Desainer busana, Riki Damanik turut berkolaborasi dalam gelaran IN2MF 2023. Berkolaborasi dengan Itang Yunasz dan didukung penuh oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Riki Damanik pamerkan koleksi “Crossing” pada trunk show pembukaan IN2MF 2023, Kamis (26/10/2023).

Koleksi "Crossing" oleh Riki Damanik di IN2MF 2023. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Crossing merupakan kosakata dalam Bahasa Inggris yang berarti “penyebrangan” atau “pencampuran”. Istilah tersebut merujuk kepada kekayaan budaya yang ada di Indonesia terkhusus Sumatera Utara yang merupakan hasil pencampuran dan asimilasi dari berbagai budaya lain sebagai pengaruh dari interaksi sosial Masyarakat.

Melayu Deli merupakan salah satu suku yang ada di Sumatera Utara yang kaya akan tradisi dan warisan budaya. Komunitas Melayu Deli merupakan salah satu komunitas terbesar yang memperkaya khasanah budaya di dataran Sumatera Utara dan terutama Medan yang menjadi melting pot dari beragam suku yang ada di Sumatera Utara.

Dari beragam kekayaan budaya Melayu Deli, salah satu yang tersohor adalah songket Melayu. Songket Melayu digunakan oleh suku Melayu di sepanjang daratan Sumatera Utara, setiap daerah mempertahankan, mengembangkan motif dan memodifikasinya agar relevan dengan perkembangan zaman dan menggambarkan ciri khas daerah masing-masing.

Koleksi "Crossing" oleh Riki Damanik di IN2MF 2023. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Koleksi Riki Damanik yang bertajuk “Crossing” ini merupakan hasil dari percampuran dan perkawinan, bagaimana warna-warna yang bold dan kuat, berpadu menjadi sebuah tampilan busana yang harmonis dan memikat. 

Koleksi “Crossing” ini menjadi salah satu upaya untuk menciptakan busana dengan menggunakan wastra dengan sentuhan modern. Perpaduan warna vibrant dan bold, pencampuran bahan songket yang dianggap “kaku” dengan bahan sifon sutra fan taffeta, melahirkan busana yang dinamis dan kekinian. Potongan busana yang longgar dan bervolume yang sesuai dengan nilai syari agar dapat mengakomodir pemakai yang lebih luas.

 

Koleksi "Crossing" oleh Riki Damanik di IN2MF 2023. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Koleksi “Crossing” ini diharapkan bisa menjadi  bisa inspirasi penggunaan songket secara luas di tengah Masyarakat terutama kaum muda. Songket Melayu diharapkan dapat “menyebrang” ke segala penjuru dunia, dan mendapat tempat di hati lebih banyak orang.