3 Pahala Utama dari Seorang Ibu yang Menyusui Anaknya

Selasa, 28 September 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

3 Pahala Utama dari Seorang Ibu yang Menyusui Anaknya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Perempuan diciptakan oleh Allah SWT dengan beraneka macam keistimewaan. Selain kelak akan menjadi seorang istri, wanita juga akan mempunyai kesempatan guna menjadi seorang ibu.

Keutamaan Ibu Menyusui

Salah satu rasa syukur yang wajib dilakukan oleh seorang ibu yaitu menyusui. Sangat mulianya seorang wanita yang menyusui di hadapan Allah SWT, sebab keistimewaan seorang wanita yaitu dapat merasakan beragam hal yang luar biasa baik dari masa kehamilan, melahirkan, sampai menyusui.

Selain memberikan asupan nutrisi yang diperlukan oleh bayi, menyusui pun dapat menjadi ladang pahala untuk wanita.

Bahkan menyusui pun dapat memberikan manfaat kesehatan tak hanya untuk bayi, namun juga untuk proses pemulihan tubuh Bunda sendiri. Berikut di bawah ini adalah keutamaan seorang ibu yang menyusui.

1. Pahala dihitung dalam setiap tetesnya

Foto: Ladiestory.id

“Jika ia telah melahirkan anaknya dan menyusuinya, maka tak ada setetes pun air susu yang diisap oleh anaknya kecuali ia akan menjadi cahaya yang memancar di hadapannya kelak di hari kiamat,yang menakjubkan setiap orang yang melihatnya dari umat terdahulu hingga yang belakangan.

Selain itu ia dicatat sebagai seorang yang berpuasa, dan sekiranya puasa itu tanpa berbuka niscaya pahalanya dicatat seperti pahala puasa dan qiyamul layl sepanjang masa.

Ketika ia menyapih anaknya Allah Yang Maha Agung sebutan-Nya berfirman: ‘Wahai perempuan, Aku telah mengampuni dosa-dosamu yang lalu, maka perbaruilah amalmu’.” (Mustadrak Al-Wasail 2: bab 47, hlm 623).

Dengan begitu, jelas dikatakan jika pahala untuk ibu menyusui di akhirat nantinya akan dihitung berdasarkan setiap tetes air susu yang diberikan.

Apalagi bila dilakukan dengan penuh kasih sayang serta rasa ikhlas, maka pahala yang diperoleh juga dapat berlipatganda.

2. Pahala memberi kebahagiaan untuk bayi

Foto: Ladiestory.id

Sesuai dengan ayat Al Qur’an mengenai cinta dan kasih sayang, “Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf.

Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian.

Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya.

Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” [QS al-Baqoroh : 233]

3. Dijauhkan dari siksa api neraka

Foto: Ladiestory.id

Pahala istimewa lain yang diberikan untuk ibu menyusui yaitu dijauhkan dari siksa api nerakan. Hal ini ditegaskan Rasulullah SAW dalam HR Ibnu Hibban:

“Kemudian Malaikat itu mengajakku melanjutkan perjalanan, tiba-tiba aku melihat beberapa wanita yang payudaranya dicabik-cabik ular yang ganas.

Aku bertanya: ‘Mengapa mereka?’ Malaikat itu menjawab: ‘Mereka adalah para wanita yang tidak mau menyusui anak-anaknya (tanpa alasan syar’i)’.”

Ladies, memberi air susu ibu (ASI) kepada anak jelas bisa membawa tabungan pahala, Rasulullah SAW pun bersabda jika saat seorang perempuan menyusui anaknya, Allah SWT nantinya akan membalas setiap isapan air susu yang diisap anak dengan pahala memerdekakan seorang budak dari keturunan Nabi Ismail.

Ketika seorang ibu menyusui selesai menyusui anaknya, malaikat juga nantinya meletakkan tangannya ke atas sisi perempuan itu dengan berucap, ‘Mulailah hidup dari baru, karena Allah telah mengampuni semua dosa-dosamu’.

Sungguh hebat sekali keutamaan bagi ibu menyusui.

Berita Terkait