Panduan 6 Model Baju Batik Untuk Wanita Gemuk

Wednesday, 21 Jul | 16:32:40

LS Fashion

Penulis : LS Fashion

Panduan 6 Model Baju Batik Untuk Wanita Gemuk

Foto: Instagram/sabrynabatik

Sebagian perempuan merasa tidak percaya diri ketika memiliki tubuh gemuk.

Tak hanya itu perempuan yang memiliki tubuh gemuk akan merasa sulit untuk memilih fashion. Terlebih, memilih baju model batik akan menjadi problema tersendiri.

Seperti yang kita tahu, batik merupakan kain Indonesia bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Batik memiliki corak yang beragam dengan mengandung makna dan filosofi akan terus digali dari berbagai adat istiadat maupun budaya yang berkembang  di Indonesia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) motif adalah corak atau pola. Motif merupakan suatu corak yang di bentuk sedemikian rupa hinga menghasilkan suatu bentuk yang beraneka ragam.

Motif batik adalah corak atau pola  yang menjadi kerangka gambar pada batik berupa perpaduan antara garis, bentuk dan isen menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan.

Motif-motif batik itu antara lain adalah motif hewan, manusia, geometris, dan motif lain.

Tentu sebagai masyarakat Indonesia kita harus mencintai dan melestarikan batik ini. Salah satu caranya dengan mengenakan baju batik.

Bahkan di Indonesia batik sangatlah umum dipakai sebagai seragam kerja. Namun bagaimana baju batik ini dapat cocok pada perempuan yang memiliki tubuh gemuk?

Model Baju Batik Wanita Gemuk

Memakai baju batik tidak akan membuat tubuh gemuk menjadi terlihat tambah gemuk. Asalkan seorang perempuan dapat memilik model dan motif batik untuk dikenakan. Sehingga bisa tampil percaya diri sekaligus melestarikan batik Indonesia.

  1. Atasan Batik Ukuran Longgar

Foto: Instagram/dewi_dewi_fashion

Jika hendak mengenakan atasan batik, pilihlah ukuran yang pas, tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar saat dipakai.

Jangan sampai salah berfikir bahwa perempuan yang memiliki tubuh gemuk dapat menyamarkannya dengan berpakaian yang ketat.

Justru sebaliknya, model atasan ketat akan membuat badan semakin terlihat gemuk. Sebab, atasan atau baju tersebut akan lebih memperlihatkan setiap detail tubuh yang gemuk tersebut.

Menggunakan ukuran yang longgar akan membuat terlihat Nampak lebih  kurus. Tidak hanya itu, namun akan membuat kita bebas bergerak dan beraktivitas. Terlebih jika atasan tersebut dipakai seharian seperti untuk bekerja.

  1. Kemeja Batik Model B

Foto: Instagram/batik_ellydastore

Model batik berbentuk kemeja, biasanya digunakan untuk acara resmi ataupun seragam. Terpaksa Anda harus menggunakan batik dengan model kemeja.

Namun bagi perempuan yang memiliki tubuh gemuk jangan khawatir menggunakan kemeja batik. Anda tetap bisa tampil cantik bahkan terlihat kurus dengan kemeja batik.

Selain seperti tips nomer satu yakni menggunakan ukuran yang longgar, ternyata pilihan kancing juga sangat mempengaruhi. Bagi Anda yang memiliki tubuh gemuk, sebaiknya memilik model B atau juga bisa menambahkan hiasan kancing yang tertata dalam bentuk vertikal.

  1. Blus Batik Kerah V Neck

Foto: Instagram/batiksolo.ind

Jika atasan batik yang digunakan model blus jangan khawatir terlihat gemuk ketika mengenakannya. Pilih model baju blus batik atau baju batik atasan yang memiliki potongan leher berbentuk "V". Sebab model blus batik tersebut justru akan memberi kesan tubuh gemuk menjadi terlihat kurus.

  1. Motif Batik

Foto: Instagram/batikula

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa motif batik sangatlah beragam, seperti motif hewan, manusia, geometris. Sebab itu, untuk perempuan yang ingin mengenakan baju batik jangan sampai salah memilih motif.

Jika memang memiliki tubuh gemuk sebaiknya memilih baju batik dengan motif yang sederhana.  Selain itu, hindari pemilihan batik dengan motif besar sebab akan membuat tubuh semakin terlihat gemuk. Sebaliknya, pilihlah baju batik yang memiliki motif kecil dan ramai.

  1. Warna Batik

Foto: Instagram/almariuni

Pemilihan warna batik juga mempengaruhi ketika agar tubuh tidak terlihat gemuk. Sebaiknya, pilihlah baju batik yang berwarna gelap. Pasalnya warna yang cenderung gelap akan membuat tubuh Anda terlihat semakin singset atau langsing.

  1. Terusan atau Dress Batik

Foto: Instagram/batikkampus

Bagian pinggang merupakan hal yang perlu dilihat saat memilih model pakaian batik untuk wanita gemuk. Apabila pakaian batik tersebut memiliki model terusan atau dress, jangan memilih dress yang ada kerutan.

Sebaiknya memberikan aksesoris pada bagian pinggang seperti ikat pinggang. Aksesoris ini akan membuat bentuk perut yang gendut menjadi tersamarkan. Selain itu, anda jangan. 

Kita tetap bisa tampil cantik dan melestarikan warisan Indonesia, salah satunya dengan mengenakan baju batik.

Namun, perempuan yang memiliki tubuh gemuk jangan sampai takut menggenakannya. Sebab ada 6 model baju batik wanita gemuk yang bisa membantu untuk terlihat lebih kurus. Semoga membantu!