6 Deretan Pantai di Pacitan dengan Pemandangan Eksotis dan Memesona

Kamis, 2 Desember 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Deretan Pantai Di Pacitan Dengan Pemandangan Eksotis Dan Memesona

Foto: Jejakpiknik

Ladiestory.id - Pacitan dikenal sebagai wilayah seribu goa. Tapi tahukah kamu ternyata Pacitan juga punya surga tersembunyi yang disajikan dalam keindahan pantai yang mempesona. Bila kamu punya rencana berlibur ke Jawa Timur, sempatkan untuk mampir ke 6 Pantai Pacitan yang memiliki keindahan alam eksotis ini. 

Deretan Pantai Pacitan yang Eksotis

Inilah deretan pantai di pacitan dengan pemandangan eksotis yang memanjakan mata.

1. Pantai Klayar

Foto: Dolanyok

Salah satu pantai di Pacitan yang menyuguhkan keindahan alam eksotik adalah Pantai Klayar. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, adanya semburan air yang dipadu dengan gulungan ombak yang eksotik, itulah keunikannya.

Semburan air yang muncul di Pantai Klayar ini,  karena dahsyatnya gulungan ombak yang masuk melalui celah-celah batu karang, yang kemudian menyembur pada lubang-lubang yang ada di permukaan pantai.

Di area pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas warung makan, gazebo, mushola, tempat parkir dan juga penginapan. Pantai Klayar bisa kamu kunjungi  di desa Kalak, Sendang, Donorojo - Kabupaten Pacitan.

2. Pantai Buyutan

Foto: Dolanyok

Pantai Pacitan Buyutan adalah salah satu destinasi wisata berikutnya yang layak kamu kunjungi. Hampir sama dengan pantai lainnya Pantai Buyutan juga mempunyai  batu karang yang menonjol dengan  hamparan pasir putih. 

Batu karang yang terdapat di pantai ini memiliki keunikan tersendiri, yakni dari bentuknya seperti mahkota. Konon mahkota tersebut merupakan perwujudan mahkota yang terjatuh punya Dewa Naradah. Pemandangan matahari terbit dan tenggelam juga sangat indah bila disaksikan dari Pantai Buyutan ini. 

3. Pantai Teleng Ria

Foto: Pesisir

Wisata pantai lainnya di Pacitan yaitu Pantai Teleng Ria. Pantai dengan pasir putih yang bersih dan  luas ini asyik buat bermain. Ombak di pantai ini juga cukup dahsyat, karena itu kamu dan keluarga terutama anak-anak harus berhati-hati akan adanya ombak yang kadang datang tiba-tiba.

Pantai ini langsung menghadap ke Samudra Hindia,  kamu pun bisa menikmati pemandangan pantai hingga jauh ke batas cakrawala. Kamu juga dapat menyaksikan beningnya laut, batu karang, rimbunnya pepohonan, dan pemandangan Gunung limo yang ada di sekitar pantai ini. 

Bagi  kamu yang hobi berselancar, pantai ini juga menyediakan fasilitas alat-alat dan pendampingnya.

4. Pantai Banyu Tibo

Foto: jejakpiknik

Pantai indah Pacitan selanjutnya adalah Pantai Banyu Tibo. Pantai yang satu ini punya keunikan tersendiri yakni adanya air terjun yang cucuran airnya langsung terjun ke Pantai Selatan. 

Nama Banyu Tibo sendiri diberikan masyarakat setempat, Banyu Tibo artinya air yang jatuh. Menariknya, air terjun ini berada tepat di tepi pantai.

Pantai Banyu Tibo berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo - Pacitan.

5. Pantai Pangasan

Foto: Pantainesia

Pantai lainnya di Pacitan yang menarik dan elok adalah Pantai Pangasan. Pantai ini menyuguhkan pemandangan batu karang yang menjulang menghadap Pantai Selatan.

Pantai ini memiliki keindahan yang tersembunyi dan tidak diketahui banyak orang. Hal ini karena lokasinya yang sulit diakses, dengan jalanan yang kurang bagus buat dilalui.

Adanya batu karang dengan ukuran yang bervariasi dan bertebaran di area pantai, jadi keunikan tersendiri dari Pantai ini. Pantai Pangasan terletak di Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung - Pacitan.

6. Pantai Pidakan

Foto: Pantainesia

Pantai Pacitan lainnya yang layak kamu kunjungi  adalah Pantai Pidakan. Pantai yang satu ini punya ciri khas berupa bebatuan yang menutupi 70 persen sepanjang garis  pantai.

Saat menikmati keindahan pantai ini, kamu juga akan dimanjakan dengan terapi batu kerikil putih yang bisa  melancarkan peredaran darah pada tubuh.

Di pantai Pidakan terdapat banyak bebatuan yang bervariasi dengan ukuran dan bentuknya. Selain bebatuan alami, di pantai ini juga kamu bisa menikmati panorama alam yang ditumbuhi pohon kelapa.

Panorama sunset di Pantai Pidakan ini juga cukup mempesona. Pantai Pidakan berlokasi di  Godeg Wetan, Jetak, Tulakan - Kabupaten Pacitan.

Nah, itulah 6 deretan pantai di Pacitan yang eksotis dan memesona yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Jawa Timur.