Tetap Aman dan Nyaman, Ini 5 Tips Ajak Anak Liburan di Pantai

Kamis, 4 Mei 2023 | 19:41:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Tetap Aman Dan Nyaman, Ini 5 Tips Ajak Anak Liburan Di Pantai

Ilustrasi berlibur di pantai. (Special)

Ladiestory.id - Pantai menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi sebagian orang. Selain harga tiket masuknya yang rata-rata terjangkau, destinasi wisata pantai juga cocok untuk semua usia mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Mengajak sang buah hati untuk liburan di pantai adalah pilihan yang tepat karena anak dapat belajar mengenal dunia luar secara nyata. Anak juga bisa bebas bermain di hamparan pasir yang dapat membantu perkembangan sensorik. 

Ladies, jika kamu berencana membawa sang buah hati untuk berlibur di pantai, kamu bisa simak lima tips mengajak anak liburan di pantai agar tetap aman dan nyaman berikut ini. 

Pilih Pantai dengan Fasilitas Lengkap

Ilustrasi berlibur di pantai. (Special)

 

Sebelum berkunjung ke destinasi wisata pantai, maka kamu perlu mencari terlebih dulu fasilitas yang ada di dalamnya. Pilihlah pantai yang memiliki fasilitas yang lengkap seperti toilet, kamar ganti, pilihan tempat makan, maupun playground untuk anak. Dengan adanya fasilitas yang lengkap, maka kamu tak perlu khawatir jam makan anak terlewat karena ada banyak pilihan tempat makan. Selain itu, kamu juga tak perlu bingung jika anak ingin buang air kecil maupun buang air besar. 

Indonesia punya banyak destinasi wisata pantai yang eksotik dan juga ramah anak lho. Seperti misalnya Pantai Melasti Ungasan di Bali, Pantai Seger di Lombok Tengah, pantai pasir putih Siladen di Manado dan Pantai Pink di Labuan Bajo. 

Pilih Penginapan Dekat Pantai

Ilustrasi berlibur di pantai. (Special)

 

Jika jarak rumah dan pantai cukup jauh, maka ada baiknya kamu menginap di penginapan sekitar pantai. Pilihlah penginapan yang paling dekat dengan lokasi pantai. Tujuannya adalah agar anak tidak merasa capek karena perjalanan yang lama. Menginap di penginapan sekitar pantai juga akan membuat anak menjadi lebih fresh sehingga siap untuk bermain dan mengeksplorasi pantai. 

Selain itu, agar tidak over budget, kamu juga bisa mencari penginapan yang sesuai dengan budget yang kamu miliki dengan mempertimbangkan juga fasilitas yang dimiliki oleh penginapan tersebut. 

Bawa Perlengkapan Anak

Ilustrasi berlibur di pantai. (Special)

 

Tips selanjutnya yang perlu kamu perhatikan agar anak merasa aman dan nyaman selama berlibur di pantai adalah dengan membawa perlengkapan yang dibutuhkan anak. Jangan lupa membawa  sunscreen, sunglasses, baju renang, maupun pelampung. Selain itu, penting juga untuk membawa lotion anti nyamuk agar Si Kecil bisa terbebas dari gigitan nyamuk. 

Kamu juga wajib membawa obat-obatan untuk anak seperti obat demam ataupun obat mual. Tujuannya adalah ketika tiba-tiba anak sakit selama liburan, kamu tidak perlu repot mencari obat di apotik maupun minimarket. 

Bawa Mainan

 

Ilustrasi berlibur di pantai. (Special)

 

Agar anak merasa nyaman dan tidak bosan selama liburan di pantai, kamu juga bisa membawa mainan untuk anak. Sebaiknya pilih mainan yang cocok digunakan untuk bermain pasir di pantai. Hal ini dapat membantu meningkatkan kreativitas anak dan membantu perkembangan sensorik anak.

Saat anak sedang asik bermain pasir di pantai, orang tua bisa mengawasinya maupun ikut bermain bersama dengan anak. Hal ini bisa menjadi momen quality time yang menyenangkan bersama anak. 

Tetap Gunakan Alas Kaki

Ilustrasi berlibur di pantai. (Special)

Rasa ingin tahu yang dimiliki anak membuatnya bergerak kesana kemari untuk mengeksplor pantai. Bahkan terkadang mereka mengabaikan bahaya yang ada di depannya.

Oleh karena itu, orang tua perlu memastikan bahwa anak selalu aman selama bermain di pantai. Salah satunya adalah dengan memakaikan alas kaki seperti sandal atau sepatu pantai pada anak. Tujuannya adalah agar anak terlindungi dari batu karang yang tajam.