Para Penggemar Steak Harus Tahu, Ini 5 Fakta Menarik dari Daging Wagyu

Jumat, 1 Oktober 2021 | 08:22:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Para Penggemar Steak Harus Tahu, Ini 5 Fakta Menarik dari Daging Wagyu

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Bagi mereka yang gemar makan steak tentunya tak asing lagi dengan nama daging wagyu. Daging wagyu adalah daging sapi autentik asal Jepang yang banyak digemari, karena memiliki tekstur dan rasanya yang berbeda dengan daging apapun. Mau tahu banyak tentang daging asal negeri sakura ini? Simak fakta menarik dari daging wagyu berikut ini.

Fakta Menarik Daging Wagyu

Inilah beberapa fakta menarik daging wagyu yang perlu diketahui para penggemar steak.

1. Daging Wagyu Berasal dari Jepang

Foto:  thejakartapost

Daging wagyu itu berasal dari Jepang. Jenis daging wagyu yang dikenal saat ini muncul sekitar abad ke-20. Di beberapa wilayah di Jepang, daging sapi wagyu diberi nama dengan membawa nama daerah asalnya. Seperti daging sapi Matsusaka, daging sapi Yonezawa, daging sapi Mishima dan sebagainya. 

Daging wagyu diolah lewat perkembangbiakkan jenis sapi lokal Jepang dengan ternak sapi berkualitas tinggi yang asalnya dari Eropa. Secara genetis, jenis sapi ini menghasilkan daging yang lembut  dengan guratan marbling yang sangat baik. Inilah yang membuat daging steak lezat sehingga digemari banyak orang.

2. Daging Wagyu Dihasilkan dari Sapi Wagyu dengan Warna Hitam dan Merah

Foto:  thejakartapost

Tahukah kamu, sapi Wagyu biasanya berwarna hitam atau merah. Mereka mempunyai tanduk yang lurus, tapi sedikit melengkung ke arah depan, dengan gradasi warna putih dan hitam. Sapi ini dapat beradaptasi dengan berbagai iklim, cenderung bersifat tenang dan tidak agresif.

Sapi hitam betina terbilang subur dan dapat mencapai kematangan seksual sebelum berusia dua belas bulan. Seekor sapi jantan juga  bisa melayani sapi betina 50 persen lebih banyak dibandingkan jenis sapi lainnya. Sapi Wagyu menghasilkan kualitas daging yang unggul, dengan pemberian pakan gandum, atau dibebaskan di padang rumput.

3. Daging Wagyu Memiliki Corak Daging yang Indah

Foto: cnnindonesia

Secara genetik sapi hitam jenis ini menghasilkan daging yang empuk dan memiliki corak pada daging yang indah dan menarik. Karakteristik daging wagyu yang empuk dan corak marmer inilah menjadi ciri khas daging merah ini. Guratan yang berbentuk garis-garis secara abstrak membuat daging wagyu cukup mudah diingat. 

4. Daging Wagyu Mengandung Gizi yang Tinggi

Foto: savorjapan

Bukan hanya terkenal dengan rasanya yang lezat, daging wagyu juga dikenal dengan kandungan gizinya yang sangat tinggi. Daging wagyu mengandung asam lemak yang dikenal sebagai Shimofuri yang kaya dengan Omega-3 yang mempunyai kolesterol baik dan sehat untuk kesehatan jantung.

Daging sapi wagyu juga mengandung lemak tak jenuh 30 persen lebih tinggi dibandingkan daging sapi biasa. Tingkat lemak tak jenuh yang tinggi ini memberikan rasa gurih yang luar biasa pada daging sapi wagyu.

Bukan hanya itu saja, daging sapi ini juga mengandung bahan-bahan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi kita dari berbagai penyakit.

5. Daging Wagyu Halal Dikonsumsi

Foto: asia.nikkei

Sebagian sapi wagyu diberikan minuman sake untuk menambah nafsu makan sapi, yang membuat dagingnya tidak bisa dikonsumsi umat Muslim. Tapi tak perlu khawatir, sebab ada beberapa tempat pemotongan hewan yang menyediakan daging wagyu halal hingga restoran-restoran halal di Jepang. Kamu bisa menemukan restoran dengan bertuliskan sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Nah, itulah 5 fakta menarik dari daging wagyu. Penggemar steak, sudah tahu kan sekarang?

Berita Terkait