Mengejutkan! Patung Marmer Kaisar Romawi Ditemukan di Selokan Roma, Italia

Senin, 6 Februari 2023 | 10:30:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Mengejutkan! Patung Marmer Kaisar Romawi Ditemukan Di Selokan Roma, Italia

Patung yang Ditemukan di Selokan Roma, Italia. (Special)

Ladiestory.id - Pekerja konstruksi di Roma, Italia, baru-baru ini seolah mendapatkan kejutan besar kala mereka sedang melakukan pekerjaannya untuk memperbaiki saluran pembuangan di kota tersebut. Para pekerja itu menemukan patung marmer Kaisar Romawi kuno pada selokan di kota Roma. Patung seukuran manusia itu ditemukan berbentuk sebagai pahlawan klasik, Herkules.

Para pekerja menemukan patung tersebut secara tidak sengaja ketika sedang memperbaiki sebuah selokan di dekat Appia Antica Roma. Tempat tersebut diyakini sebagai jalan raya pertama di Roma kuno dan merupakan salah satu jalan yang paling pertama dibangun dan terpenting selama kekaisaran Romawi berlangsung.

Patung tersebut mulai terlihat kala sebuah buldoser membelah sebuah pipa tua yang akan diganti. Para ahli di Roma berpendapat bahwa patung tersebut adalah milik Kaisar Decius, yang memerintah Roma pada abad ketiga, patung itu direncanakan untuk dipajang di depan umum setelah dilakukannya restorasi.

Patung yang Ditemukan di Selokan Roma, Italia. (Special)

“Wajah ini muncul, dan kemudian segera diidentifikasi sebagai karakter yang berpakaian seperti Hercules,” kata Francesca Romana Paolillo, selaku arkeolog, melansir BBC, Minggu (5/2/2023).

Patung marmer tersebut menunjukkan sosok seperti Hercules dengan kulit singa dan pentungan yang menunjukkan ciri khas Hercules. Di dahi patung tersebut juga terdapat kerutan yang menurut para ahli biasanya ditemukan pada patung kaisar pada abad ketiga, karena Kekaisaran Romawi saat itu sedang mengalami masa kesulitan.

Patung yang Ditemukan di Selokan Roma, Italia. (Special)

Francesca Romana Paolillo mengatakan bahwa patung tersebut memiliki “kemiripan yang adil” dengan Kaisar Decius, yang pernah memerintah Roma tahun 249 hingga 251 Masehi. Kaisar Decius adalah seorang kaisar Romawi pertama yang terbunuh dalam pertempuran yang terjadi di zaman modern Bulgaria.

Saat ditemukan, patung tersebut mengalami beberapa kerusakan yang tidak disengaja selama proses evakuasi. Saat ini, patung tersebut sedang dibersihkan dan dipulihkan oleh para ahli di Roma. Setelah diperbaiki, patung itu diharapkan akan dipajang di depan umum.