Patut Dicoba, Yuk Ketahui Metode 30-30-30 Untuk Turunkan Berat Badan

Kamis, 18 Januari 2024 | 18:25:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Patut Dicoba, Yuk Ketahui Metode 30-30-30 Untuk Turunkan Berat Badan

Ilustrasi Timbangan Berat Badan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Hampir tiap orang pasti menginginkan berat badan yang ideal dan sehat. Maka tak heran apabila ada seseorang yang rela melakukan diet ketat untuk mencapai berat badan idealnya.

Kini, sudah banyak metode dan cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya yakni metode 30-30-30. Metode ini meliputi konsumsi 30 gram protein dalam 30 menit pertama setelah bangun tidur dan kemudian menghabiskan 30 menit untuk berolahraga.

Meski begitu, seorang instruktur kebugaran, Bhavna Harchandrai, mengatakan bahwa efektivitas metode 30-30-30 belum diketahui secara pasti, dan dampaknya terhadap penurunan berat badan mungkin akan berbeda-beda pada setiap individu.

“Meskipun masing-masing komponen, sarapan berprotein tinggi dan melakukan olahraga intensitas rendah, telah dipelajari potensi manfaatnya, kombinasi spesifik yang diuraikan dalam aturan 30-30-30 mungkin kurang validasi ilmiahnya,” ujar Bhavna Harchandrai.

Untuk itu, ia menyarankan untuk mempertimbangkan pendekatan holistik terhadap kesehatan dan pengelolaan berat badan, dengan menggabungkan berbagai faktor seperti pola makan secara keseluruhan, intensitas olahraga, dan gaya hidup aktif.

Melansir Healthshots, berikut cara untuk menerapkan metode 30-30-30.

30 Gram Protein Saat Sarapan

Ilustrasi Sarapan Protein. (Freepik.com)

 

Mengonsumsi 30 gram protein saat sarapan akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Protein dapat berkontribusi terhadap peningkatan rasa kenyang, yang mungkin akan mengendalikan nafsu makan sepanjang hari. 

Selain itu, manfaat diet dari sarapan berprotein tinggi adalah terbukti mengurangi keinginan makan makanan manis di paruh kedua hari sehingga seseorang cenderung tidak ingin makan makanan penutup setelah makan malam.

30 Menit Latihan Kardiovaskular

Ilustrasi Latihan Kardiovaskular. (Freepik.com)

 

Melakukan latihan kardiovaskular dengan intensitas rendah dan stabil dapat membantu menurunkan berat badan. Jenis olahraga ini, termasuk aktivitas seperti jalan cepat, bersepeda, dan berenang. 

Latihan kardiovaskular membantu meningkatkan pengeluaran kalori secara keseluruhan tanpa memberikan tekanan berlebihan pada tubuh. Jenis latihan ini cocok untuk semua orang dengan tingkat kebugaran apa pun, sehingga dapat dilakukan secara rutin. Namun, penting untuk melengkapi jenis olahraga ini dengan gaya hidup aktif secara keseluruhan untuk hasil yang optimal. 

30% Mindfullness

Ilustrasi Latihan Mindfulness. (Freepik.com)

 

Sesuaikan kebiasaan makan dengan menyertakan kesadaran secara penuh. Pikirkan dan hargai setiap gigitan, dan perhatikan sinyal tubuh tentang rasa lapar dan kenyang. Peningkatan pencernaan dan hubungan positif dengan makanan adalah dua manfaat dari praktik ini. 

Selain menaruh perhatian penuh saat sedang makan, lakukan juga hal yang sama saat sedang berolahraga. Selama berolahraga, perhatikan napas, dan sensasi yang ada di dalam tubuh. Hal ini akan meningkatkan kesehatan mental dan meningkatkan efektivitas latihan.