Patut Diketahui, Begini Tips Atur Keuangan dalam Hubungan Pernikahan

Jumat, 26 Januari 2024 | 23:56:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Patut Diketahui, Begini Tips Atur Keuangan Dalam Hubungan Pernikahan

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Masalah keuangan atau finansial bisa menjadi sumber utama permasalah di dalam rumah tangga. Biasanya masalah keuangan dalam rumah tangga bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari pengeluaran yang tak terkendali, utang, dan perbedaan prioritas pengeluaran, hingga perbedaan dalam perencanaan keuangan.

Untuk itu diperlukan adanya kesamaan persepsi di antara pasangan dalam mengatur urusan keuangan.

Melansir Brides, seorang penasihat keuangan, Winne Sun, mengatakan bahwa keuangan bisa menjadi topik yang menantang dalam pernikahan. Pasalnya banyak dari pasangan yang tidak tumbuh dalam lingkungan di mana seseorang bisa berdiskusi dengan santai dan terbuka tentang uang.

“Uang adalah topik yang sangat pribadi, ketika ditanya tentang keuangan mereka, beberapa orang takut dihakimi, mungkin karena memiliki utang, merasa tidak mempunyai penghasilan yang cukup, atau tidak mampu menafkahi,” ujar Winne Sun.

Berikut tips mengatur keuangan dalam rumah tangga.

Temukan Cara Terbaik

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Untuk menghindari permasalahan keuangan di kemudian hari, cobalah untuk terlebih dahulu menemukan cara terbaik untuk menggabungkan keuangan dengan pasangan. Tidak ada satupun cara yang bisa dijadikan patokan, tiap pasangan bisa saja melakukannya secara berbeda-beda.

Untuk itu, diskusikanlah bersama pasangan terkait metode seperti apa yang ingin diterapkan dalam mengatur keuangan di rumah tangga.

Tentukan Tujuan

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Tujuan keuangan dapat membantu pasangan untuk memetakan jalan ke depan serta menjaga akuntabilitas pasangan. 

“Cara terbaik untuk memulainya adalah dengan duduk bersama dan menuliskan tujuan, kemudian urutkan dari yang paling penting hingga tidak penting. Kemudian urutkan tujuan-tujuan tersebut berdasarkan jatuh temponya,” ujar Winne Sun.

Buat Anggaran yang Memungkinkan

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Tak harus dibuat terlalu rumit, buatlah anggaran atau perkiraan keuangan untuk kebutuhan rumah tangga. Hal ini bisa dilakukan dengan membagi jatah keuangan untuk kebutuhan rumah tangga, keperluan gaya hidup, atau untuk memenuhi kebutuhan diri.

Bersikap Terbuka dan Transparan

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Cara terbaik menghindari konflik keuangan dalam rumah tangga adalah dengan menghindari kesalahpahaman. Bersikaplah transparan dan terbuka kepada pasangan, dan bicarakanlah soal penggunaan uang.

Diskusikan Bersama

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Jika terjadi sebuah kebutuhan mendadak, maka diskusikanlah dengan baik bersama pasangan. Tidak ada gunanya merahasiakan sesuatu dari pasangan, apalagi menyangkut soal keuangan.

“Ini bukan kompetisi, ini kesempatan untuk membangun sesuatu yang lebih baik bagi rumah tangga,” kata Winne Sun.

Keuangan dalam rumah tangga adalah upaya yang harus dilakukan berdua, bukan untuk dilakukan sendiri-sendiri dan saling berkompetisi.