Patut Diperhatikan, Hal Ini Bisa Picu Timbul Jerawat Saat Musim Hujan

Jumat, 12 Januari 2024 | 18:04:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Patut Diperhatikan, Hal Ini Bisa Picu Timbul Jerawat Saat Musim Hujan

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Saat musim hujan, cuaca sering kali menjadi tidak menentu. Panas terik di siang hari, kemudian disusul oleh hujan deras di sore hari.  Kelembapan udara menjadi meningkat dan dapat meningkatkan produksi sebum di kulit.

Sebum di kulit dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak, dan memungkinkan adanya perkembangan bakteri yang dapat menimbulkan jerawat.

Perlu diperhatikan, berikut penyebab timbulnya jerawat di musim hujan.

Kulit Kering

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Udara dingin yang disebabkan hujan, serta pemanasan di dalam ruangan tentunya dapat menghilangkan kelembapan kulit wajah. Hal ini menjadikan kulit menjadi cenderung lebih kering. Saat kulit berada dalam kondisi sering, kulit mungkin saja memproduksi lebih banyak minyak yang berpotensi menyumbat pori-pori sehingga timbullah jerawat.

Untuk mengatasinya, gunakanlah pelembab yang nyaman untuk menjaga kelembapan kulit wajah.

Dehidrasi

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Tingkat kelembapan yang rendah selama musim hujan dapat menyebabkan dehidrasi. Kurangnya cairan pada tubuh dapat mengurangi kelembapan kulit sehingga kulit menjadi lebih rentan berjerawat. Karenanya, penting untuk selalu mencukupi kebutuhan asupan air harian.

Pola Makan Tidak Sehat

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Di musim hujan, seringkali seseorang mengonsumi makanan yang mengandung banyak produksi susu, gula, dan karbohidrat olahan yang dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula yang tinggi dapat merangsang produksi hormon sehingga meningkatkan produksi minyak.

Penggunaan Skin Care Berlebih

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Umumnya seseorang akan menggunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit wajah selama musim hujan. Namun, harus diketahui juga bahwa penggunaan pelembap yang berlebihan dapat menumpuk minyak dan sel kulit mati pada wajah yang bisa menyebabkan jerawat.

Gunakanlah pelembap secukupnya, serta hindari penggunaan makeup yang berlebih.

Kurang Paparan Sinar Matahari

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Saat musim hujan, sinar matahari sangatlah terbatas. Sehingga mengakibatkan kulit menjadi kekurangan vitamin D. Pertimbangkanlah untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk mencukupi kebutuhan tersebut.