Sering Dihindari dalam Hubungan, Kenali Posesif Lebih Dalam

Jumat, 17 Desember 2021 | 19:30:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Sering Dihindari Dalam Hubungan, Kenali Posesif Lebih Dalam

Ilustrasi Pasangan Posesif (Special)

Ladiestory.id - Suatu sikap yang banyak dihindari dalam membangun hubungan adalah sikap posesif. Tanpa disadari, terkadang sikap ini muncul dalam hubungan khususnya percintaan. Namun, ternyata posesif bukan sesuatu yang romantis dan patut untuk dibanggakan. Bahkan sebaliknya, posesif merupakan rintangan dalam menjalani kehidupan dan membangun hubungan. Selain itu, ada yang menganggap bahwa posesif seringkali dianggap sebagai sifat terlalu mengekang pasangan.

Walaupun sudah menjadi istilah yang cukup umum ketika berada dalam dunia percintaan, bahkan hingga saat ini banyak orang yang salah memahami sifat posesif. Banyak yang memandang ini sebagai permasalahan sehingga tak jarang orang menganggap sifat posesif pada pasangan menjadi bentuk rasa sayang. Maka dari itu, sifat posesif perlu dihindari lantaran karena membawa pengaruh buruk dalam hubungan.

Ilustrasi Pasangan Posesif (Special)

 

Sikap menyebalkan yang terkadang terjadi tanpa sadar,  posesif merupakan sesuatu yang seringkali muncul dalam suatu hubungan percintaan. Ada yang merasa bahwa posesif adalah bentuk cinta yang romantis bahkan menjadi kebanggaan. Faktanya, posesif ternyata malah menjadi tantangan tersendiri dalam membangun hubungan. Hal ini dikarenakan posesif seringkali dimaknai sebagai sifat  terlalu mengekang pasangan.

Walaupun sudah jadi istilah yang umum dalam dunia percintaan, tapi sampai saat ini banyak orang yang salah mengartikan sifat posesif. Seperti yang sudah disampaikan jika terkadang melihat posesif sebagai pandangan tentang permasalahan, tapi ada yang bangga dengan sifat posesif pada pasangan sebagai bentuk rasa sayang. Namun, kita perlu menyadari bahwa sifat posesif harus dihindari karena dapat membawa masalah atau konflik dalam suatu hubungan. 

Pemahaman mendalam tentang arti dari kata posesif

Ilustrasi Pasangan Posesif (Special)

 

Pengertian dari kata Posesif

Ketika ditelusuri dari segi pemakaian kata, maka kita akan menemukan jika asal mula kata, sebenarnya istilah posesif berawal dari dari kata dalam bahasa Inggris "possessive" sehingga lebih mengacu pada 'status kepemilikan'. Itulah yang mennjadi arti posesif yang sejalan dengan kata di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Berdasarkan KBBI, arti dari kata posesif merupakan sifat merasa yang menjadi pemilik. Bukan hanya itu, KBBI  menjelaskan arti posesif dalam hubungan asmara tanpa disadari adalah memiliki sifat cemburu.

Bagi masyarakat luas, pemaknaan dari kata posesif lebih dikaitkan dengan kehidupan asmara. Ketika berada dalam hubungan, posesif dilihat melalui suatu sikap yang mengontrol kehidupan atau mendominasi pasangan. Sama dengan artinya, sifat posesif didasari perasaan ingin memiliki secara berlebihan. Jika posesif diibaratkan dalam ranah percintaan, maka ini berkaitan erat dengan sifat cemburu.

Ilustrasi Pasangan Posesif (Special)

 

Alasan Mendasar dari Seseorang Bisa Posesif

Seperti yang kita mengerti bahwa segala sesuatu terjadi karena suatu alasan. Sama halnya dengan sifat posesif tidak serta merta muncul begitu saja bahwa seseorang bisa posesif karena beberapa penyebab yang disebabkan oleh beberapa alasan seperti:

Insecure atau Rasa Kurang Percaya Diri

Ini menjadi penyebab umum seseorang menjadi posesif. Biasanya ketika orang merasa insecure dan tidak percaya diri, ternyata mampu menimbulkan perasaan  cemas dan khawatir jika pasangan berpaling pada sosok lain yang lebih sempurna.

Pengaruh Faktor Genetik

Tanpa disangka, ternyata faktor genetik atau keturunan mempengaruhi seseorang bersifat posesif. Ketika anak dididik oleh orang tua yang over protective dan obses maka tentu saja, hal ini berpotensi anak tumbuh menjadi pribadi yang posesif.

Berdasarkan dari faktor Pengalaman

Kemungkinan terbesar dari seseorang posesif disebabkan  faktor pengalaman. Tanpa disadari ternyata pengalaman pahit mampu menyisakan trauma dalam menjalin hubungan di masa lalu. Inilah yang membuat seseorang memiliki rasa posesif.