Pendertita Diabetes Wajib Konsumsi Buah Sehat Ini

Minggu, 26 Desember 2021 | 18:44:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Pendertita Diabetes Wajib Konsumsi Buah Sehat Ini

Ilustrasi cek diabetes. (Special)

Daftar isi

Ladiestory.id - Salah satu kebiasaan penting yang mampu menjaga kesehatan adalah dengan rutin memberikan makanan sehat seperti buah-buahan. Diketahui buah-buahan memiliki kandungan pada berbagai nutrisi sehingga memberikan manfaat menurunkan kadar gula darah sehingga mampu mencegah peningkatan gula darah secara drastis.

Bukan hanya itu, buah memiliki kandungan serat yang terbukti efektif dalam memperlambat penyerapan nutrisi di dalam tubuh sehingga gula darah tidak cepat naik mendadak. Selain itu buah dapat dijadikan sebagai sumber antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit komplikasi diabetes.

Berikut beberapa buah yang cocok untuk penderita diabetes:

Apel

Ilustrasi buah apel. (Special)

Buah apel ini dapat dikatakan menjadi favorit beberapa orang. Bukan hanya karena rasanya yang manis, namun apel sangat baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena mengandung nutrisi yang dapat mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Kandungan dari buah apel adalah vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, dan serat yang tinggi. Buah apel memiliki indeks glikemik yang rendah dan  mencegah peningkatan kadar gula darah secara drastis.

Manfaat dari kandungan serat pada buah apel adalah membuat perut kenyang lebih lama dan memperlambat penyerapan nutrisi seperti gula pada aliran darah. Selain itu, apel mampu mengontrol diabetes, melindungi tulang, mengobati asma, mencegah Alzheimer, menurunkan kadar kolesterol, mencegah kanker paru-paru, dan mengurangi berat badan. Bukan hanya itu, memakan satu buah apel diperkirakan mengurangi asupan kalori sebanyak 15 persen. Sedangkan, mengkonsumsi satu buah apel sebelum makan mampu mengurangi 185 kalori sehingga setara dengan penurunan bobot badan sebanyak 0,68 kg/bulan atau 9,07 kg/tahun.

Pepaya

Ilustrasi buah pepaya. (Special)

Buah yang mudah ditemukan dan menjadi salah satu yang terkenal mampu melancarkan pencernaan. Bukan hanya mengandung serat, buah dengan nama latin Carica papaya di dalamnya terdapat antioksidan, seperti beta karoten (vitamin A), vitamin C, vitamin B kompleks, flavonoid, asam folat, pantotenat, mineral, kalsium, dan magnesium. 

Keunggulan lain dari buah pepaya adalah rendah gula sehingga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, nutrisi pada pepaya mampu memberikan manfaat yaitu mencegah radikal bebas penyebab kanker, mencegah hipertensi, menjaga kesehatan jantung (kardiovaskular), sistem kekebalan tubuh meningkat, penyembuhan luka pada kulit lebih cepat, membantu meredakan peradangan,  terhindari pembentukan penyakit katarak di mata dan  menurunkan risiko emfisema pada perokok aktif maupun pasif

Stroberi

Ilustrasi buah strawberry. (Special)

 Ada berbagai cara untuk menikmati buah kecil nan imut dari langsung dimakan atau dijadikan bahan dasar jus, selai, dan hiasan kue. Kandungan dari buah ini adalah antioksidan, vitamin, dan serat yang baik sehingga mampu mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh. Ketika mengonsumsi satu gelas stroberi dengan kandungan serat, ini mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian hingga 136 persen. Sedangkan, zat gizi pada stroberi bermanfaat dalam  memperlancar pencernaan, kekebalan tubuh meningkat,, degenerasi macula terhindar dan penurunan tekanan darah tinggi.