Pengalaman Belanja Tak Terlupakan, ini 7 Souk yang Wajib Dikunjungi di Saudi

Senin, 10 Juni 2024 | 10:23:00

Atika Febriani

Penulis : Atika Febriani

Pengalaman Belanja Tak Terlupakan, Ini 7 Souk Yang Wajib Dikunjungi Di Saudi

Souvenier Shop in Souk Al Zal. (Dok. Souk Saudi)

Ladiestory.id - Saudi menawarkan berbagai keragaman pilihan, mulai dari gurun tandus, indahnya garis pantai, megahnya daerah pegunungan, hingga tempat perbelanjaan tradisionalnya. Selain lanskap yang bervariasi, setiap wilayah memiliki pola cuaca dan atraksi budayanya tersendiri. 

Menjelajahi souk-souk yang meriah di Saudi adalah sebuah perjalanan dimana Anda bisa merasakan esensi waktu dan tradisi Saudi yang kaya dan beragam. Juga dikenal sebagai 'souq', pasar tradisional ini menawarkan kepada para pembeli perpaduan yang unik dari budaya, sejarah, dan harta karun yang menunggu untuk ditemukan. Berikut adalah beberapa souk yang paling terkenal di Saudi, masing-masing dengan daya tariknya yang unik. 

Al Zal Riyadh. (Dok. Souk Saudi)

 

Souk Al Alawi, Jeddah   

Berjalanlah melintasi lorong-lorong bersejarah di Souk Al Alawi, souk terbesar di Saudi yang merupakan saksi bisu dari warisan kaya Jeddah. Di sini, Anda bisa menemukan beragam barang mulai dari hasil bumi dan rempah-rempah lokal hingga kerajinan tangan otentik dan pakaian tradisional, juga barang elektronik dan keperluan sehari-hari yang menggambarkan kekayaan warisan budaya Saudi. Bawa pulang kenang-kenangan bersejarah seperti perhiasan, karya seni, karpet buatan tangan, dan barang-barang dekorasi berwarna-warni yang akan menambah sentuhan elegan Arab pada setiap ruangan Anda. Pemandangan selama musim Haji pun sangat luar biasa, ketika Souk Al Alawi dipenuhi dengan kerumunan pengunjung dari seluruh dunia. 

Yang Harus Dibeli: Kerajinan tangan, pakaian tradisional, dekorasi rumah  

Lokasi: Off Al Dahab St, Al Balad, Jeddah 

Souk Al Zal, Riyadh  

Di lingkungan Al-Dirah, jantung kota Riyadh, sekitar 5,4 km dari Istana bersejarah Al-Murabba, Anda akan menemukan Souk Al Zal yang mencakup area seluas 38.000 meter persegi. Souk ini merupakan salah satu pasar tradisional tertua di Riyadh yang menyimpan lebih dari 100 tahun sejarah. Jelajahi gang-gangnya dan dengarkan suara penjual yang meramaikan suasana dengan lelang barang dagangannya, membawa Anda seolah-olah kembali ke masa lalu kota ini. Souk ini terkenal dengan barang antik, koin langka, dan perabotan. Selain itu, Anda juga dapat menemukan alat musik, pemutar rekaman lama, dan ratusan barang menarik yang tampaknya berasal dari museum tradisi rakyat kuno. Ada toko-toko yang menjual dupa, oud, dan parfum oriental. Serta juga ada lelang barang antik yang diadakan setiap hari di pasar selama beberapa jam setelah shalat Asar.  

Yang Harus Dibeli: Parfum oud musky, sandal kulit unta buatan tangan, artefak tradisional seperti poci kopi Arab (dallah)  

Lokasi: Ad Dirah, Riyadh 12634 

Shoppers at Souk Al Zal in Riyadh. (Dok. Souk Saudi)

 

Souk Diah, Riyadh  

Dekat dengan Benteng Al Masmak yang ikonik, terletak Souk Diah, yang juga dikenal sebagai Souk Al Thumari, surga bagi pecinta barang peninggalan dan seni. Lorong-lorong labirin souk ini memikat pembeli dengan berbagai karya seni lokal, parfum, dan kerajinan tangan yang dijual. Saat Anda menjelahahi souk ini, menyelamlah ke dalam budaya Saudi yang kaya dengan peninggalan unik yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Jangan tinggalkan souk ini tanpa menikmati kemewahan perhiasan emas, yang dirancang dengan desain eksklusif yang cocok untuk bangsawan.  

Yang Harus Dibeli: Parfum, karya seni lokal, perhiasan emas  

Lokasi: 3138 Abi Jafar Al Mansour St, Ghirnatah, Riyadh 

Souk Al Tumor, Medina  

Saudi adalah produsen kurma terbesar kedua di dunia, dan kota Medina (atau Madinah) terkenal dengan kualitas kurma yang baik dan variatif. Buah-buahan kecil ini adalah camilan lezat dan merupakan bagian penting dari budaya Saudi — pohon kurma bahkan menjadi simbol nasional. Kurma juga dapat bertahan lama, sehingga Anda bisa membawanya pulang untuk berbagi sedikit oleh-oleh dari Saudi kepada teman dan keluarga Anda. Souk Al Tumor, pasar kurma di Medina, adalah tempat yang paling terkenal untuk dijelajahi dan tempat membeli kurma di Saudi. Dengan lebih dari 150 jenis kurma, mulai dari kurma Ajwa yang tumbuh secara lokal hingga Medjool yang langka dan mahal, Anda pasti akan menemukan beberapa yang Anda sukai — dan banyak penjual yang a

kan memberikan Anda untuk mencoba testernya terlebih dahulu sebelum membelinya.  

Yang Harus Dibeli: Berbagai jenis kurma  

Lokasi: 3 km selatan Medina 

 

Souk Qabil, Jeddah  

Souk yang juga dikenal sebagai Qabil Street, Gabel Street, atau Qabel Trail (di Google Maps), adalah pasar bersejarah, mungkin yang tertua di Jeddah, dan jalan pertama di kota ini yang sudah sepenuhnya dialiri listrik.  Saat ini, Souk Qabil dikenal sebagai pusat budaya yang meriah, khususnya di malam hari selama Ramadan dan Eid, Souk ini dipenuhi dengan warung makanan dan hiburan tradisional. Meskipun merupakan jalan kecil, ini adalah bagian yang penting jika Anda berkunjung ke Al Balad, kota tua Jeddah, karena memiliki banyak jalan atlernatif atau gang yang mengarah ke museum seperti Nassif House, Al Matbouli House, dan Masjid Al Shafie yang melestarikan kota tua Jeddah.  

Yang Harus Dibeli: Emas, parfum, abaya, dan pakaian tradisional lainnya  

Lokasi: Kota Tua Jeddah 

Women Shopping at Souk in Saudi. (Dok. Souk Saudi)

 

Souk Qaisariah, Al Hofuf  

Kembali ke masa lalu di Souk Qaisariah, sebuah bukti semangat tradisi Saudi yang bertahan lama. Berasal dari tiga abad yang lalu, souk di Al-Hasa ini mengundang para pengunjung untuk tenggelam kedalam pemandangan dan pesona dunia masa lalu. Setelah mengalami restorasi pasca kebakaran pada tahun 2000, Souk Qaisariah kini berdiri sebagai penghormatan terhadap masa lalunya yang gemilang. Di souk ini Anda dapat menemukan campuran eklektik rempah-rempah, dupa, dan kerajinan tangan tradisional khas Saudi.  

Yang Harus Dibeli: Rempah-rempah, dupa, kerajinan tangan tradisional  

LokasiKing Abdul Aziz, Al Rafaa North, Al Hofuf 

Souk Okaz, Taif  

Berpetualang ke kota kuno Taif, And dapat menemukan Souk Okaz yang mempesona dan dipenuhi warisan budaya Saudi. Awalnya Souk Okaz merupakan pasar terbuka, yang mampu membawa pengunjung ke era perdagangan dan tradisi masa lampau. Anda dapat merasakan keajaiban Festival tahunan di Souk Okaz, saat pembacaan puisi, cerita, dan pertunjukan budaya ditampilkan dan menjadi sorotan. Dengan lebih dari 200 toko dan 150 atraksi di seluruh 14 juta meter persegi, extravaganza dari budaya ini tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Saudi.  

Yang Harus Dibeli: Kerajinan tangan, tekstil tradisional, tembikar, dokumen sejarah  

Lokasi: 40 km dari Kota Taif, Taif