Penghapusan Seluruh Konten Hingga Penjara Akibat Skandal Kris Eks EXO Pelecehan Seksual

Selasa, 21 September 2021 | 13:39:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Penghapusan Seluruh Konten Hingga Penjara Akibat Skandal Kris Eks EXO Pelecehan Seksual

Foto: soompi

Kris Wu atau Kris Eks EXO memulai debutnya sebagai anggota EXO pada 2012. Dirinya keluar dari EXO, Kris Wu tengah dalam promosi lagu 'Overdose'. Sebelum meninggalkan grup pada 2014 di tengah perselisihan hukum dengan agensi hiburan Korea Selatan SM Entertainment.

Karier Kris Wu

Foto: soompi

Namun akhirnya Kris Wu merilis pernyataan resmi dan mengungkap alasannya keluar dari EXO pada Juli 2015. Menurutnya, SM Entertainment mengabaikan masalah kesehatan mental Kris Wu, yang menderita miokarditis dan harus minum obat agar dapat bekerja.

Dia menjadi bintang top di China dengan menyanyi dan akting. Memulai debut akting lewat film Somewhere Only We Know yang dirilis pada 2015 dan menempati urutan pertama box office di Cina.

Bahkan ditahun yang sama, dirinya menggapap sejumlah lagu yang ditulis sendiri. Lagu ciptaannya menjadi soundtrack dalam sejumlah film yang dibintanginya, seperti 'There is a Place' (film Somewhere Only We Know) dan 'Greenhouse Girl' (film Mr. Six).

Skandal Kris Eks EXO Pelecehan Seksual

Foto: allkpop

Eks member EXO Kis Wu telah ditahan oleh pihak Kepolisian Beijing, China atas dugaan pelecehan seksual serta rudapaksa, polisi mengumumkannya pada Sabtu, 31 Juli 2021 lalu. Pria berusia 30 tahun ini telah dituduh seorang gadis remaja, telah melakukan rudapaksa saat dia mabuk.

Dikutip dari Billboard, remaja itu juga mengatakan terdapat tujuh wanita lain juga mengeluhkan soal perbuatan Kris Wu. Bahkan menurut pengakuan remaja tersebut, Wu telah merayu mereka dengan janji pekerjaan dan peluang lainnya.

Remaja yang tak disebutkan namanya ini, telah berbicara kepada pengacara Jing Wang dari Kingswood Law, California. Dalam pernyataan yang diceritakan, dia mengklaim bahwa sudah jadi rahasia umum mantan personel grup K-Pop EXO ini gemar "memilih selir" di antara siswi-siswi dari luar negeri.

Bermula ketika dia diundang mengahadiri acara kumpul-kumpul oleh asisten Kris Wu. Sebelum acara dimulai, undangan diminta untuk mengumpulkan ponselnya untuk mencegah mengambil foto dan video dari acara ini.

Remaja ini mengaku terlalu banyak minum kemudian tak sadarkan diri. Setelahnya, ia menyebut baru sadar sudah melakukan hubungan intim dengan Kris Wu.

Wanita ini mengatakan baru mengungkap pengalaman buruknya ini, karena takut diserang publik. Ia juga khawatir diremehkan karena berada dalam keadaan tak sadar saat insiden terjadi dan tak punya bukti untuk memperkuat tuduhannya.

Penghapusan Konten Kris Eks EXO

Foto: allkpop

Kasus ini juga mengakibatkan berbagai konten dan jejak digital Kris Wu mulai dihapus oleh otoritas China. China Netcasting Services Association (CNSA), salah satu asosiasi terbesar di industri internet China,

mengatakan mendukung anggotanya untuk menghapus konten yang terkait dengan mantan member boyband Korea Selatan, EXO ini.

Asosiasi yang berafiliasi dengan pemerintah ini memberikan pernyataan publik setelah sejumlah platform media sosial ini diketahui melakukan penghapusan konten besar-besaran.

Sejumlah situs seperti Tencent, iQiyi dan Youku jutaan konten yang berkaitan dengan pria berdarah Kanada ini. Hal ini dilakukan sebagai bukti bahwa platform tersebut tidak akan memberikan toleransi apapun pada pelanggaran hukum yang dilakukan selebritas.

Setidaknya 1,9 juta video pendek dan lebih dari 7.000 rekaman program yang menyertakan Kris Wu telah dihapus dari internet. Skrining juga sedang dilakukan pada sejumlah program yang kini masih tayang.

Hingga kini, penyelidikan sendiri masih terus berlangsung. Polisi terus mencoba menggali fakta yang ada terkait pelecehan seksual yang diduga dilakukan Kris Wu.