Penyebab Bruntusan Pada Wajah dan Cara Menghilangkannya

Jumat, 17 Desember 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Penyebab Bruntusan Pada Wajah Dan Cara Menghilangkannya

Ilustrasi bercermin. (Special)

Ladiestory.id - Selain jerawat, biasanya pada wajah juga bisa tumbuh bruntusan yang tentu saja bisa merusak penampilan dan membuat kurang percaya diri.

Bruntusan sendiri adalah kondisi kulit dengan permukaan yang terasa kasar dan tidak merata. Jika diraba, maka bruntusan terasa seperti bintik-bintik kecil yang menonjol di atas kulit.

Beberapa area wajah yang rentan mengalami bruntusan adalah area dahi, hidung dan dagu. 

Penyebab Bruntusan pada Wajah

Ilustrasi cuci muka. (Special)

Bruntusan bisa disebabkan karena banyak hal seperti iritasi wajah, komedo,  dermatitis, milia,  biduran atau alergi, keratosis seboroik. Komedo termasuk penyebab munculnya bruntusan yang paling sering terjadi.

  • Stres
  • Perubahan hormon
  • Keringat yang berlebihan
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Penggunaan kosmetik atau produk skincare  yang tidak cocok
  • Kebersihan kulit yang tidak terjaga dengan baik, seperti menyentuh kulit dengan tangan kotor

Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah

Ilustrasi bruntusan di wajah. (Special)

Adapun cara menghilangkan bruntusan yang tumbuh pada wajah, bisa dilakukan dengan cara-cara berikut:

1. Membersihkan Wajah dengan Rutin

Supaya bruntusan pada wajah cepat menghilang, Anda harus rutin membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari, saat bangun dan sebelum tidur.

Pilihlah sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika diperlukan Anda juga bisa menerapkan prinsip double cleansing alias cuci wajah dua kali untuk memastikan kulit wajah Anda benar-benar bersih dari kotoran.

Bagi Anda yang setiap hari menggunakan makeup, Anda bisa membersihkan wajah menggunakan makeup remover yang berbasis air seperti  micellar water atau yang berbasis minyak untuk membersihkan makeup waterproof di wajah.

Pastikan Anda membersihkan wajah sampai benar-benar bersih dan tidak ada sisa makeup lagi yang masih menempel. Karena sisa makeup yang menempel ini bisa jadi salah satu pemicu munculnya komedo.

2. Pakai Pelembab

Setelah selesai membersihkan wajah, cara menghilangkan bruntusan di wajah selanjutnya yaitu dengan rutin pakai produk pelembab.

Setiap orang, terlepas apapun jenis kulitnya wajib menggunakan pelembab. Jika perlu, Anda juga bisa gunakan produk toner dan produk serum sebelum menggunakan pelembab.

Apa pun produk perawatan kulit yang Anda pakai, pastikan Anda memilih sesuai dengan jenis kulit wajah  dan masalah yang ingin diatasi.

3. Pakai Tabir Surya

Cara selanjutnya adalah dengan selalu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet menggunakan tabir surya. Tabir surya adalah perawatan wajah yang tidak boleh terlewatkan.

Apalagi jika Anda setiap hari beraktivitas di luar ruangan. Bukan hanya efektif untuk mencegah bruntusan di wajah makin parah, tabir surya juga berguna untuk melindungi kulit Anda dari paparan matahari yang bisa memicu kanker kulit.

Gunakan tabir surya setiap kali Anda selesai pakai pelembab. Pastikan Anda mengoleskannya pada seluruh bagian kulit yang tidak tertutup secara merata.  Setiap 2 – 3 jam sekali, oleskan kembali sunscreen di seluruh permukaan kulit.