5 Penyebab Orang Terdekat Menjauh Darimu

Minggu, 24 Juli 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Penyebab Orang Terdekat Menjauh Darimu

Ilustrasi bully. (Special)

Ladiestory.id - Di dunia ini, semua orang pasti akan mengalami fase perubahan di masa hidupnya. Perubahan ini bisa disebabkan banyak faktor. Termasuk orang-orang yang mungkin tadinya dekat denganmu, sewaktu-waktu mereka bisa berubah dan berpaling darimu.

Hal ini akan membuatmu berpikir, apa yang menyebabkan mereka menjauh? Inilah yang kerap membuat seseorang menjadi overthinking. Bisa jadi, mereka menjauh karena beberapa sikapmu yang dirasa menyebalkan. Yuk, simak 5 faktor mengapa orang terdekat menjauh darimu.

Terlalu Pendiam

Ilustrasi perempuan sedih atau galau. (Special)

Salah satu penyebab tiba-tiba orang di sekelilingmu menjauhimu bisa jadi karena sikapmu yang terlalu diam. Namun, mereka tidak tahu alasan kamu diam. Apakah karena sifatmu yang pemalu? Atau tidak tahu harus berkata apa?

Yang ada di pikiran orang lain adalah kamu tidak ingin bicara dan berinteraksi dengan mereka. Itulah alasan mereka berpikir bahwa kamu merupakan orang yang introvert dan suka menyendiri.

Mungkin kamu tipe orang yang tidak terlalu heboh dalam merespons cerita seseorang. Sehingga, mereka menganggap bahwa kamu adalah orang yang tidak asik. Alih-alih semakin akrab, mereka justru kapok untuk dekat denganmu.

Ilustrasi perempuan marah. (Special)

Setiap orang pasti memiliki sikap yang positif dan negatif. Tak ada orang yang sempurna di dunia ini, termasuk para pemimpin negara hingga tokoh agama. Sehingga, bisa jadi orang-orang di sekitarmu menjauh karena tidak suka dengan sikap negatifmu. Beberapa dari mereka tidak bisa menerima sikap negatif yang mungkin dianggap sebagai toxic.

Kamu yang keterlaluan dengan sikap negatifmu itu benar-benar menganggu orang lain. Sikap negatif disini juga bisa diartikan sebagai sosok yang terlalu berenergi. Sehingga, orang-orang menjauh karena tak suka dengan sikap yang terlalu berenergi. Mungkin mereka merasa risih dan terganggu dengan sikap yang dianggapnya over.

Namun, hal tersebut bisa kamu jadikan bahan evaluasi. Menjadi seseorang yang berenergi bukanlah hal yang salah. Setidaknya, kamu harus tahu di mana dan kapan sikapmu itu dikeluarkan.

Bukan Pendengar yang Baik

Hilangkan Ego dengan Pasangan (Special)

Coba intropeksi apakah kamu seorang pendengar yang baik atau suka cerita sana sini tanpa mendengarkan cerita orang lain? Tanpa disadari, hal tersebut membuat orang lain risih. Pasalnya, sikap tersebut menunjukan diri sendiri adalah orang yang egois.

Jika itu menjadi kebiasaan burukmu, alangkah baiknya belajar menjadi pendengar yang baik. Bahkan, kurangi intensitas terlalu banyak bicara, jika kamu ingin orang-orang di sekitarmu tak pergi menjauh.

Terlalu Banyak Mengkritik

Hilangkan Ego dengan Pasangan (Special)

Kritikan merupakan sesuatu hal yang membangun. Namun, kritikan yang sering disampaikan untuk orang lain membuat mereka mempertanyakan.  Apakah kamu orang yang ingin memberikan masukan atau hanya mencela dan mencari kesalahan orang?

Justru orang dengan sikap itulah yang akan banyak dihindari. Pasalnya, terlalu sering mengkritik bisa jadi berbuntut pada kebiasaan suka membicarakan sifat jelek orang lain. Sebaliknya, kurangi sikap mengkritik dan mencoba memuji apa yang dilakukan orang lain. Sekecil apapun itu, berilah pujian terhadap mereka.

Tidak Bersikap Sesuai Situasi Kondisi

Foto: Ladiestory.id

Orang yang paling menyebalkan adalah orang yang tidak bisa menyesuaikan dengan situasi kondisi. Pasalnya, sikap ini menjadi suatu hal yang sangat menganggu bagi banyak orang. Tak ada salahnya untuk bergurau, bersikap serius, menangis, bahkan tertawa. Namun, sikap itu ditunjukan harus sesuai dengan situasi dan kondisi.

Tidak bisa dipungkiri, kamu hidup bersosialisasi. Sehingga, kamu dituntut untuk dapat membaca situasi dan bertindak secara tepat.