Ini Penyebab Wajah Breakout dan Cara Mengatasinya

Rabu, 5 Januari 2022 | 01:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Ini Penyebab Wajah Breakout Dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi wajah breakout. (Special)

Ladiestory.id - Breakout adalah kondisi saat kulit mengalami iritasi dan berjerawat. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal dan cara mengatasinya juga dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Wajah yang mengalami breakout ditandai dengan kulit yang memerah akibat adanya peradangan dan muncul jerawat.

Penyebab Breakout

Breakout bisa disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • Tidak teratur membersihkan wajah
  • Kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor
  • Kasar saat mengelap wajah dengan handuk
  • Kebiasaan memencet jerawat
  • Stres
  • Mengkonsumsi banyak makanan berminyak dan gula yang berlebihan
  • Sering ganti skincare atau kosmetik
  • Tidak mengelap wajah saat berkeringat
  • Sering melakukan exfoliasi pada wajah

Cara Mengatasi Breakout

Breakout bisa diatasi dengan cara:

1. Menggunakan Skincare yang Menenangkan 

Ilustrasi penggunaan skincare. (Special)

Saat mengalami breakout, sebaiknya ganti sementara skincare harianmu. Saat kulit sedang meradang, gunakan produk skincare yang bersifat menenangkan. Pilihlah produk skincare yang mengandung lidah buaya, mentimun, chamomile, dan sejenisnya. 

Selain itu, perhatikan juga kandungan dari skincare yang ingin digunakan. Ketika breakout, kurangi penggunaan skincare yang terlalu banyak zat kimia agar jerawat tidak semakin meradang.

2. Hindari Pemakaian Makeup yang Berlebihan Setiap Hari

Ilustrasi penggunaan makeup. (Special)

Jerawat pada wajah biasanya akan membuatmu tidak percaya diri. Sehingga banyak orang yang berusaha menutupi jerawat dengan macam-macam makeup yang berlebihan. Tapi hal ini justru bisa membuat breakout makin parah. 

Sebaiknya jangan menggunakan makeup terlalu tebal saat wajah sedang breakout. Cukup gunakan saja perlindungan seperti pelembab atau sunscreen saat wajah sedang breakout. Biarkan kulit wajah bernapas sehingga peradangan bisa cepat diatasi.

3. Menjaga Kebersihan Wajah

 

Ilustrasi cuci muka. (Special)

Salah satu penyebab utama dari wajah breakout dan berjerawat adalah kurangnya menjaga kebersihan wajah. Oleh karena itu, cara mengatasi wajah breakout salah satunya adalah dengan selalu menjaga kebersihan wajah. 

Biasakan mencuci wajahmu rutin, minimal 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari. Biasakan juga untuk sering mencuci tangan dan jangan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. 

Hindari pula kebiasaan memencet jerawat dan komedo dengan menggunakan tangan langsung. Hal tersebut bukan hanya menimbulkan iritasi, tapi juga bisa membuat pori -pori membesar, dan pori-pori yang terbuka  serta terluka bisa menyebabkan bakteri yang akan memperparah keadaan wajah yang sedang breakout.

4. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Breakout bisa juga karena gaya hidup yang tidak sehat, karena itu sangat penting untuk menerapkan gaya hidup sehat ya, Ladies. Minum air putih secara teratur, minimalnya 2 liter sehari. Kemudian, menghindari makanan yang berminyak. Sebaiknya perbanyak menu sehat yang bergizi dan makanan dengan tinggi serat. Berbagai vitamin yang ada dalam makanan sehat tersebut akan mampu membantu kulit wajah memperbaiki dirinya, lho. 

Tak kalah pentingnya juga untuk terapkan pola tidur yang cukup. Jangan sering begadang dan memforsir pekerjaan hingga terlalu lelah. Terapkan juga mindset yang sehat untuk mengurangi stres yang bisa memicu timbulnya  breakout.