Perawatan Bulu Mata Agar Tidak Rontok Saat Menggunakan Maskara

Selasa, 16 Februari 2021 | 06:31:51

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Perawatan Bulu Mata Agar Tidak Rontok Saat Menggunakan Maskara

Maskara memang seketika bisa membuat mata terlihat cantik dan dramatis tanpa repot. Tapi sering memakai maskara bisa membuat bulu mata kering, menipis bahkan rontok. Jangan sampai ini terjadi. Ini dia perawatan bulu mata untuk kamu yang pakai maskara setiap hari supaya tidak rontok. Salah satu cara gampang menghindari kekeringan pada bulu mata adalah dengan memberi pelembab. Tak perlu pelembap khusus untuk bulu mata, kok, karena berbagai jenis oil untuk perawatan rambut pun bisa dipakai, seperti coconut oil, argan oil, castor oil atau olive oil. Usapkan di malam hari sebelum tidur. Basahi cotton bud dengan oil, lalu aplikasikan ke bulu mata. Ini dia perawatan bulu mata untuk kamu yang pakai maskara setiap hari supaya tidak rontok.

Hapus Maskara Sebelum Tidur

Sering ketiduran dengan maskara masih menempel di wajah? Jangan sampai jadi kebiasaan, ya. Saat bulu mata terlepas dari maskara, itulah saatnya bulu mata bernapas dan mendapatkan nutrisi (kalau pakai pelembap dan kondisioner). Kalau maskara dibawa tidur, berarti buku mata terpapar zat yang mengeringkan hampir 24 jam sehari. Apalagi kalau esok harinya pakai maskara lagi. Bagaimana bulu mata tidak cepat rontok, kan?

Jangan Mengucek Bulu Mata Jika Tidak Ingin Mengalami Kerontokan

Mengucek-ucek mata (dan bulu mata) pasti sering kamu lakukan secara tidak sadar. Entah itu karena reaksi spontan akibat rasa gatal, bisa juga karena mata terasa lelah. Kebiasaan mengucek mata tidak cuma bikin garis-garis halus di sekitar mata datang lebih cepat, tetapi juga bikin bulu mata rapuh, kering dan pada akhirnya gampang rontok.

Pilih Maskara Yang Tidak Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Kalau selama ini pilihan maskara didasarkan pada efek apa yang diinginkan pada bulu mata (panjang, tebal, atau lentik), maka sekarang perhatikan juga kandungan bahan pada maskara. Hindari maskara yang mengandung bahan yang berbahaya untuk kesehatan. Paraben dan formaldehyde adalah dua jenis pengawet yang karsinogen alias menyebabkan kanker.

Maskara Primer atau Eyelash Primer Untuk Menutrisi Bulu Mata

Maskara primer atau eyelash primer digadang-gadang bisa membuat bulu mata tampil lebih tebal dan lebih panjang setelah memakai maskara. Itu memang benar. Tapi primer yang baik juga memasukkan bahan yang bisa menutrisi bulu mata seperti kondisioner, vitamin E, soy amino protein, natural oil dan lain-lain. Saat primer diaplikasikan, nutrisi tersebut langsung terserap oleh bulu mata sekaligus jadi semacam perisai pelindung. Di saat yang sama, primer juga mempersiapkan bulu mata agar maskara menempel sempurna dan menghasilkan efek dramatis. Yuk, mulai sekarang perhatikan kandungan bahan baik apa saja yang ada dalam maskara primer.

Menggunakan Eyelash Conditioner dan Serum, Bisa Membuat Bulu Mata Lebih Lembap Dan Lebat

Enggak hanya rambut yang butuh kondisioner. Bulu mata pun bisa kena dampak positif kondisioner. Kalau kondisioner bisa menghidrasi bulu mata agar elastis, kuat dan tidak rapuh, maka serum memicu pertumbuhan bulu mata supaya jadi lebih subur dan lebat.

Jadi, tidak perlu khawatir pakai maskara tiap hari kalau kamu melakukan perawatan bulu mata di atas. Setuju?

Sumber Foto Utama: istockphoto.com