Peringati Pekan ASI Sedunia, Orami Rilis Survei Pengalaman Ibu Saat MengASIhi

Jumat, 11 Agustus 2023 | 17:58:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Peringati Pekan Asi Sedunia, Orami Rilis Survei Pengalaman Ibu Saat Mengasihi

Ilustrasi seorang ibu memberikan ASI. (Special)

Ladiestory.id - Memperingati Pekan ASI (Air Susu Ibu) Sedunia atau World Breastfeeding Week pada 1 hingga 7 Agustus 2023, Orami merilis survei tentang pengalaman para Ibu dalam menyusui anaknya untuk memahami apa yang dirasakan seorang Ibu selama menjalani proses menyusui.

Melalui survei ini, Orami mengeksplorasi beberapa faktor pendukung pemberian ASI yang lancar guna kesehatan bayi dan Ibu yang optimal. Survei ini diluncurkan pada Juli 2023 dan melibatkan lebih dari 640 Ibu yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menilik Lanskap Pemberian ASI Eksklusif di Indonesia Sejak tahun 2003, pemerintah telah menerapkan program pemberian ASI eksklusif kepada masyarakat. Bahkan, penggalakan inisiatif ini telah diturunkan dalam bentuk Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 33 Tahun 2012 Tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif.

Dengan memberikan ASI tanpa penambahan makanan atau minuman lainnya pada bayi usia 0 hingga 6 bulan, nutrisi yang terkandung dalam ASI dapat menunjang kesehatan, pertumbuhan, serta kecerdasan buah hati.

Menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada tahun 2022, 66% bayi telah menerima ASI Eksklusif. Hal ini juga didukung melalui hasil survei Orami bahwa 69,7% bayi berusia di bawah 6 bulan telah menerima ASI eksklusif. Survei Orami turut menunjukkan bahwa para Ibu memiliki perasaan yang campur aduk selama proses pemberian ASI, di antaranya 87% Ibu merasa bahagia selama proses menyusui dan 50,1% merasa puas karena dapat menyusui buah hati tanpa perantara.

Meski demikian, para Ibu mengaku bahwa rasa sedih kerap dialami ketika tidak dapat memberikan ASI secara maksimal, seperti menghadapi tekanan dari lingkungan sekitar untuk direct breastfeeding, keharusan memberikan susu formula karena produksi ASI kurang, hingga kondisi bayi mengalami bingung puting.

Beberapa kendala juga disampaikan oleh para Ibu melalui survei ini, yaitu rasa sakit atau tidak nyaman saat menyusui, serta keterbatasan waktu bagi ibu bekerja.

Pentingnya Faktor Pendukung Untuk Mendukung Ibu Selama Proses Menyusui Melihat berbagai kendala yang dihadapi sang Ibu, Orami juga menilik berbagai faktor yang mendukung pemberian ASI kepada sang anak agar proses menyusui berjalan secara maksimal.

Terdapat dua aspek penting yang diutarakan, yaitu hadirnya support system atau sistem pendukung dari lingkungan sekitar serta informasi dan edukasi seputar menyusui. Setelah ditelaah lebih lanjut, para Ibu menyampaikan bahwa tiga support system utama yang mampu mendukung kelancaran proses menyusui adalah suami (sebanyak 91,3%), dilanjutkan oleh orangtua (55,7%), dan rekan komunitas atau ibu seperjuangan (26,9%).

Bahkan bagi ibu bekerja, rekan sejawat diakui sebagai support system yang penting dalam mendukung pekerjaan yang tidak bisa ditangani untuk sementara waktu.

Di sisi lain, sumber informasi dan edukasi juga dipercaya dapat membantu proses laktasi bagi para Ibu. Menurut survei Orami, 83,9% Ibu memilih media sosial dan situs parenting sebagai sumber informasi utama seputar menyusui, dilanjutkan dengan tenaga kesehatan (bidan, dokter) sebanyak 61,3%. Melalui hadirnya dukungan moral dan informasi dari berbagai pihak, para Ibu mengaku lebih dapat memberikan ASI kepada anak dengan optimal.

Ekosistem ORAMI menjadi platform parenting pilihan paling tinggi untuk mendapatkan Informasi dan Edukasi Seputar Menyusui Kemudahan dan kecepatan mendapatkan akses informasi di masa kini menjadi peran penting bagi keberhasilan Ibu dalam mengetahui berbagai metode yang cocok selama proses pemberian ASI.

Para Ibu dapat mengakses Internet melalui smartphone dan mengandalkannya untuk mencari informasi seputar menyusui. Riset ini turut menunjukkan bahwa 87,4% Ibu memilih Orami sebagai situs parenting utama dalam mendapatkan informasi terkait proses menyusui.

"Berkaca dari survei Orami dalam rangka Pekan ASI 2023, kami semakin menyadari pentingnya kehadiran situs informasi yang dapat mendampingi para Ibu dalam menjalani proses menyusui secara lancar. Sepanjang 10 tahun berdiri di Indonesia, Orami telah mengembangkan ekosistem yang terpadu dan menyeluruh, mulai dari konten, komunitas, hingga lapak belanja untuk mendukung kebutuhan para Ibu di seluruh Indonesia. Peran seorang Ibu begitu penting dalam proses tumbuh kembang anak, sehingga diharapkan Orami dapat terus menjadi support system yang baik, termasuk ketika para Ibu dalam masa pemberian ASI," ujar Ferry Tenka, CEO Entrepreneur Solutions SIRCLO dan Founder Orami.

Orami telah resmi menjadi parenting super-app pertama di Indonesia yang menggabungkan Content (konten), Commerce (niaga), dan Community (komunitas). Melalui ekosistem yang terpadu ini, Orami mendukung para Ibu dalam membesarkan sang buah hati. Para Ibu yang membutuhkan dukungan moral maupun informasional dapat mengunduh aplikasi Orami di Google Play dan App Store.