Tinggalkan Grup, Intip Perjalanan Karier Jae bersama DAY6

Minggu, 2 Januari 2022 | 19:31:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Tinggalkan Grup, Intip Perjalanan Karier Jae Bersama Day6

Ilustrasi Jae Day 6 (Special)

Ladiestory.id - Sabtu (1/1/2022), JYP Entertainment mengumumkan bahwa Jae resmi meninggalkan grup dan kontraknya telah berakhir. Sebelumnya, Jae mencuit jika dirinya akan hiatus dari kegitatan DAY6.

Bagi penyuka lagu K-Pop tentu nama Jae DAY6 tidak asing lagi. Ia merupakan anggota band DAY6 yang berposisi sebagai pemain gitar dan memiliki suara yang menawan. Pria tinggi 182 cm memikat hati penggemar dengan permainan gitar dan suara emasnya. Debut pada 2015, Jae sudah melewati berbagai lika-liku industri hiburan.

Perjalanan Karier Jae

Jae Day 6
Jae DAY6. (Special)

Lahir pada 15 September 1992, saat ini Jae DAY6 sudah berusia 29 tahun. Sebagai selebritas, tentu saja banyak pihak yang menyemarakkan hari ulang tahun sang gitaris, khususnya para penggemar di media sosial yang ramai mengucapkan doa serta harapan untuknya.

Sebelum mengawali kariernya sebagai penyanyi, Jae DAY6 lahir di Buenos Aires, Argentina. Ia kemudian pindah ke Cerritos, California untuk melanjutkan sekolahnya.

Berpartisipasi dalam Ajang K-Pop Star Musim Pertama

Jae Day 6 (Special)
Jae DAY6. (Special)

Pemilik nama asli Park Jae Hyung ini mengambil program studi Ilmu Politik di Universitas Negeri California. Bukan hanya itu di luar kegiatan pendidikan formalnya, Jae DAY6 sering mengunggah karyanya lewat lagu dan permainan gitar di kanal YouTube pribadi yang bernama YellowPostItMan.

Sedangkan di tahun 2012, pria yang biasa disapa eaJ ini memutuskan untuk mengambil cuti dari kampus. Ia mencoba ikut kompetisi K-pop Star di musim pertama. Sayangnya, dia tersingkir di urutan ke-6. 

Disamping itu, Jae mendapatkan tawaran kontrak dari JYP Entertainment sebagai trainee. Jika menerima tawaran, Jae DAY6 harus segera terbang ke Korea Selatan untuk bisa debut dengan personel band JYP Entertainment.

Debut Bersama DAY6

Sampai akhirnya di bulan September 2015, JYP Entertainment memperkenalkan Jae menjadi salah satu personel band DAY6 dengan posisi sebagai gitaris dan vokalis. Jae DAY6 dapat dikatakan sebagai salah satu idol Kpop yang multitalenta. Bukan hanya pandai bernyanyi dan bermain alat musik, sisi lain Jae adalah dia mampu menunjukkan bakat di bidang menulis lirik dan memproduksi lagu. Terbukti, Jae DAY6 ikut berpartisipasi di pembuatan dua lagu di EP Daydream yaitu Blood dan First Time. 

Dalam sebuah sesi wawancara dengan salah satu majalah, Jae mengatakan sering merasa panik. Bahkan ia pernah didiagnosis gangguan panik pada April 2020. Setelah itu, JYP Entertainment mengumumkan bahwa DAY6 memberhentikan kegiatannya untuk sementara dengan tujuan kepentingan kesehatan mental personelnya.

Jae Day 6 (Special)
Jae DAY6. (Special)

Aktif dalam Kegiatan Sosial 

Prestasi Jae bukan hanya berkarya di dunia entertainment. Ternyata, dia aktif dalam kegiatan sosial, salah satunya adalah proyek From Friends pada September 2020. Ini adalah suatu kegiatan menjual pakaian serta merchandise lain. Hasil dari kampanye ini terkumpul 100 Ribu dolar AS atau sekitar Rp1,4 Miliar. Uang tersebut disumbangkan ke Jed Foundation sebagai ruang untuk penyediaan layanan kesehatan mental gratis bagi para remaja.

Pada 19 April 2021 lalu, DAY6 kembali dengan merilis album berjudul The Book Of Us: Negentropy. Kemudian, padabulan Juli 2021, Jae DAY6 kembali berpartisipasi dalam album debut solo D.O EXO dengan judul Empathy. Jae DAY6 didapuk menjadi salah satu komposer dalam lagu My Love.

Resmi Hengkang dari DAY6

JYP Entertainment menyampaikan jika Jae telah meninggalkan DAY6, sehinggga kontraknya dengan agensi juga turut berakhir. Dalam rilisnya, pihak agensi mengatakan keputusan tersebut diambil setelah melakukan pembicaraan mendalam.