Pernah Menganggur, Begini Naik-Turun Perjalanan Karier Salman Khan

Rabu, 5 Januari 2022 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Pernah Menganggur, Begini Naik-Turun Perjalanan Karier Salman Khan

Salman Khan. (Special)

Ladiestory.id - Siapa yang tak kenal dengan aktor berbakat Salman Khan? Bintang ternama Bollywood ini sempat menjadi sorotan publik karena digigit ular pada akhir Desember lalu. Namanya pun sempat masuk trending, Senin (3/1/2022).

Salman Khan dikenal kaena Kepiawaiannya dalam seni peran. Ia pun telah menjadi superstar di dunia Bollywood. Dia lahir di Indore Madhya Pradesh India pada 27 Desember 1965.

Salman Khan sempat menyelesaikan studi di Sekolah Scinidia, Gwalior dan Sekolah Menengah St. Stanislaus, Bandra Mumbai. Setelah itu dia melanjutkan kuliah di St. Xaviers College, Mumbai. Namun sayangnya Salman di DO atau drop-out dari universitasnya.

Perjalanan Karier Salman Khan

perjalanan karier Salman Khan. (Special)

Salman Khan merupakan putra dari keluarga yang dikenal akrab dengan dunia drama atau akting. Dia dilahirkan dari pasangan Salim Khan dan Salma Khan.

Salim Khan sendiri adalah seorang produser dan penulis skenario yang sangat terkenal. Karya-karya terakhir yang dibuat oleh Salim Khan, di antaranya Deewaar, Sholay, dan Don.

Meski sama-sama di dunia hiburan, tapi awal karier Salman Khan bukan dimulai dari seni peran. Salman Khan justru menjadi penari latar pada 1978. Usai itu, Salman mengambil keputusan untuk turun ke industri film.

Salman Dilarang Jadi Aktor

Perjalanan karier Salman Khan. (Special)

Namun siapa sangka, perjalanan karier Salman Khan di dunia peran tidak berjalan seperti jalan tol. Sebab pada dasarnya sang ayah, Salim Khan, tidak menginginkan anaknya berpofesi sebagai aktor. Namun, Salman Khan tidak putus asa, dengan menunjukan berbagai "perlawanan".

Pada akhirnya, Salim Khan luluh melihat kegigihan putranya. Ia pun memberikan izin dan dukungan untuk Salman Khan terjun ke dunia seni peran. Salman Khan mendapat tawaran menjadi bintang iklan salah satu minuman ringan pada 1980. Kala itu, proyek pertama Salman digarap oleh sutradara terkenal yakni Kailash Surandranath di Kepulauan Andaman.

“Mereka memberi saya pekerjaan pertama di depan kamera," kata Salman Khan dilansir berbagai sumber.

Salman Pernah Menganggur

Perjalanan karier Salman Khan. (Special)

Film Salman Khan yang bertajuk Maine Pyar Kiya masuk dalam Box Office pada 1989. Usai membintangi film yang berhasil meraih kesuksesan itu, justru hidup Salman seolah tidak mengalami keberhasilan. Sebab selama 6 bulan, Salman Khan harus menganggur karena tidak ada tawaran untuk bermain film.

"Maine Pyar Kiya sukses menjadi hits besar. Tapi setelah itu aku tak mendapatkan tawaran film apapun selama 6 bulan lamanya. Aku hanya duduk berdiam diri di rumah," ujar Salman Khan dilansir berbagai sumber.

Hal ini membuat sang ayah merasa iba dengan anaknya dan tidak tinggal diam. Salim Khan pun rela merendahkan harga dirinya untuk mengunjungi sutradara G.P.Sippy. Ia meminta peran bagi Salman Khan. Namun nahas, usaha sang ayah tidak membuahkan hasil.

Salman Khan kembali menunjukan bakat beraktingnya lewat film Hum Aapke Hain Kaun pada 1994. Film ini mampu menjadi salah satu film terlaris di bioskop India. Satu tahun kemudian, Salman Khan beradu akting dengan aktor ternama India, Shah Rukh Khan. Mereka berperan dalam film Karan-Arjun pada 1995.

Usai itu, karier Salman Khan terus meningkat. Terbukti, dirinya kembali bermain film dengan tajuk Judwa dan Auzar pada 1997. Kemudian,  Salman Khan berperan dalam beberapa film Bollywood pada tahun 2000-an,.

Salman Khan akhirnya berhasil membuat rumah produksi yang diberi nama Salman Khan Being Human Production atau SKBH pada 2011. Tiga tahun berselang, ia kembali membuat rumah produksi bertama Salman Khan Film atau SKF.