Perlukah Tetap Memakai Cincin Tunangan di Hari Pernikahan?

Senin, 6 Desember 2021 | 00:01:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Perlukah Tetap Memakai Cincin Tunangan Di Hari Pernikahan?

Foto: Ilustrasi pernikahan

Setelah proposal, kemungkinan kamu akan memakai cincin tunangan emas dari pasanganmu setiap hari. Tapi, bagaimana dengan hari H pernikahan?

Siapa yang sangka, meski datang dari budaya barat, mengenakan cincin tunangan emas dan cincin kawin emas ada etikanya. Etika yang dimaksud mengacu pada jari mana yang akan dipakaikan cincin kawin emas saat hari H, supaya cincin tunangan yang sudah dipakai sebelumnya tetap bisa dipakai di saat bersamaan, jika kamu menginginkannya.

Jawabannya adalah, memakai dua cincin berlian wanita berupa cincin tunangan dan cincin kawin di jari yang sama merupakan hal yang wajar. Letaknya di jari manis tangan kiri.

Namun, jika kamu tetap merasa kurang yakin dengan pilihan tersebut, simak artikel ini hingga akhir ya untuk mendapat rekomendasi memakai dua perhiasan emas yang merupakan simbol hubungan pertunangan dan pernikahan ini.

Bagi sebagian calon mempelai yang sedang sibuk mengurusi pernikahannya, hal ini sering terabaikan. Padahal, menentukan akan memakai cincin tunangan di hari pernikahan cukup penting untuk mencegah kebingungan saat hari H pernikahan. Sebenarnya, paling tidak ada tiga opsi atau pilihan bagaimana menempatkan cincin tunangan di hari H pernikahan.

Cincin Tunangan
Foto: Ilustrasi cincin pernikahan

Opsi memakai cincin tunangan di hari H pernikahan

Pilihan pertama adalah dengan tidak memakainya sama sekali. Hal ini bisa membuat jari manis tangan kirimu ‘tersedia’ ketika proses pemasangan cincin berlian wanita sebagai mas kawin dilakukan.

Pilihan kedua adalah memindahkan sementara cincin tunangan ke tangan yang lainnya. Karena cincin kawin umumnya akan dipasangkan di jari manis tangan kiri, berarti cincin tunanganmu bisa pindah sementara ke jari manis tangan kanan pada hari H pernikahan.

Hal ini biasa dipilih mempelai untuk tetap dapat memperlihatkan cincin tunangan yang cantik tanpa ‘mencuri’ spotlight cincin kawin yang biasanya memang memiliki model lebih sederhana.

Pilihan ketiga adalah membiarkan cincin tunangan terpasang di tempatnya dan kemudian ditambah dengan cincin kawin di atasnya. Hanya saja, komunikasikan kepada pasanganmu bahwa kamu memilih opsi ini supaya dia tidak kebingungan saat proses menyematkan cincin kawin dilakukan.

Cincin Tunangan
Foto: Ilustrasi cincin pernikahan

Memilih cincin tunangan dan cincin kawin yang serasi saat dipakai bersama

Perhiasan berlian asli, dalam rupa apapun termasuk cincin tunangan dan cincin kawin memang memiliki daya tariknya tersendiri. Menariknya, kini kamu dapat mengunjungi toko emas terdekat dan mendapatkan satu set perhiasan emas jenis cincin yang terdiri dari sepasang cincin kawin dan sebuah cincin tunangan yang memang didesain supaya serasi saat dipakai bersamaan.

Rumah perhiasan Frank & co., toko emas terdekat yang telah puluhan tahun jadi tujuan utama para pasangan saat hendak menemukan perhiasan berlian asli, baik cincin tunangan atau cincin kawin.

Menawarkan berbagai jenis cincin yang terlihat serasi saat dipakai bersamaan. Seperti Alegria Ring, cincin tunangan yang akan terlihat serasi saat ditumpuk dengan wedding ring.

Kamu bisa melakukan pembelian melalui website resminya, atau mengakses personal shopper melalui aplikasi Whatsapp dengan cara klik link di bio akun Instagram @franknco_id.

Gimana? Setelah membaca tulisan ini, kamu sudah gak bingung lag ikan perihal letak cincin tunangan di hari H pernikahan? Kuncinya adalah memilih opsi sesuai kenyamanan dan jangan lupa komunikasikan pilihan tersebut dengan pasangan.