Miliki Legenda Mistis, Ini 5 Pesona Wisata Pantai Parangtritis

Senin, 8 Agustus 2022 | 14:00:00

Lukyana Arsa

Penulis : Lukyana Arsa

Miliki Legenda Mistis, Ini 5 Pesona Wisata Pantai Parangtritis

pesona wisata di pantai Parangtritis. (Special)

Ladiestory.id - Pantai Parangtritis menyimpan cerita legenda dari turun-temurun. Meksi cerita tentang benar atau tidaknya belum terbukti, tapi, sebagian masyarakat percaya dengan legenda mitos yang ada di Pantai Parangtritis.

Nama “Parangtritis” ini sendiri berasal dari kisah pelarian Pangeran Dipokusumo pada zaman Kerajaan Majapahit yang melihat ada batu karang sangat besar sekaligus ada aliran tetesan air. 'Parang' artinya karang dan 'Tritis' artinya saling menetes. 

Konon, Pantai Parangtritis dikuasai oleh Ratu Pantai Selatan yang namanya sudah terkenal di seantero Nusantara, Kanjeng Ratu Kidul. Ratu Pantai Selatan itu sangat menyukai warna hijau sehingga sering menarik korban yang memakai baju warna hijau.

Secara geografis, Pantai Parangtritis berjarak kurang lebih sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Meski memiliki kisah mitos yang mistis, pantai Parangtritis ini memiliki daya tarik sendiri karena keindahan alam dan eksotiknya pantai.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu apa saja hal menarik di pantai Parangtritis ini, yuk simak!

Nikmati Eksoktik Pantai dengan Kereta Kuda

Naik kereta kuda Bendi. (Special)

Jika kamu suka menikmati hamparan pasir hitam di Pantai Parangtritis dengan ditemani deburan ombak dan sunset yang indah, kamu bisa mengelilingi area pinggir pantai dengan naik bendi.

Bendi adala kereta kuda roda dua yang dikemudikan oleh seorang kusir. Tarif Bendi untuk satu kilometernya dimulai dari harga Rp50 Ribu saja. Namun, jika kamu pergi ke Pantai Parangtritis bersamaan dengan hari-hari libur, biasanya tarif bendi bisa jauh lebih mahal dari tarif normal.

Selain menaiki bendi, kamu juga bisa menikmati seputaran bibir pantai selatan dengan menunggagi kuda. Kuda tersebut akan membawamu berkeliling pantai. Tentunya, pengalaman naik kuda di pantai Parangtritis akan menjadi salah satu hal yang menantang untuk kamu. Dengan menaiki kuda, kamu akan mirip seperti seorang koboi yang sedang melintasi jalan berpasir di pantai.

Golden Sunset yang Menawan

berburu sunset di pantai Parangtritis. (Special)

Ketika matahari semakin condong ke arah barat, suasana eksotik di sekitaran pantai Parangtritis juga semakin bersahabat untuk kamu si paling penikmat senja. Desiran angin dan deburan ombak yang berlari-lari semakin menambah syahdu saat petang.

Keindahan alam pantai Parangtritis semakin terasa ketika sinar mentari yang perlahan terbenam di ufuk barat. Pijar jingganya begitu indah melukis langit yang biru. Perpaduan ciptaan Tuhan yang sangat Indah.

Suasana saat-saat itu akan menjadi begitu romantis. Mungkin, jika kamu pergi bersama pasanganmu, petang itu menjadi petang yang sangat indah dan tak terlupakan.

Langit yang semakin gelap, rasanya enggan membawamu untuk pulang ke penginapan. Tunggu sebentar lagi, karena beberapa penjual jagung bakar akan datang. Kamu bisa menghabiskan waktu bersantai hingga larut malam

Taklukan Ombak di Pagi Hari

berselanjar atau surfing. (Special)

Senja di Parangtritis memang sungguh indah dan cukup romantis, tapi suara deburan pagi hari di laut selatan itu juga menarik perhatian banyak wisatwana untuk melakukan selancar.

Jika kamu adalah sosok yang suka tantangan dan laut, datanglah ke Pantai Parangtritis. Di sana kamu bisa menguji keahlianmu dalam menaklukan ombak ganas Parangtritis.

Namun, jika kamu belum ahli berselancar, tak perlu khawatir, disana ada komunitas berselencar bernama Dolphin Parangtritis Surf Community (DPSC) yang siap mengajari kamu. Secara tidak, langsung kamu juga akan punya teman baru, bukan?

Panorama Pantai Parangtritis yang Instagramable

pesona wisata di pantai Parangtritis. (Special)

Pemandangan surga duniawi yang ada di Pantai Parangtritis rasanya akan sangat sulit untuk dilupakan. Sayang sekali jika momen jalan-jalanmu kesana tidak diabadikan melalui potret kamera.

Bergayalah, ambil senyum termanismu, dan jepret gambar dirimu di Pantai Parangtritis. Tunjukkan betapa bahagianya kamu bisa berkunjung ke salah satu pantai terindah di Indonesia.

Suasana eksotik dan Instagramable dari pantai Parangtritis itu sering dijadikan spot untuk melakukan sesi foto pre-wedding oleh pasangan yang akan segera menikah. Sesi pemotretanmu akan semakin romantis bila kamu berada di bawah bayangan senja keemasan atau di permukaan air pesisir pantai. 

Terbang dengan Paralayang

pesona wisata di pantai Parangtritis. (Special)

Pantai Parangtritis adalah salah satu spot paralayang di tanah Jawa dan menjadi satu-satunya yang ada di Yogyakarta. Terbang dengan paralayang akan membawamu pada fantasi dunia yang sangat indah.

Kamu yang sedang terbang bisa melihat pemandangan indah Pantai Parangtritis dan sekitarnya dari ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Buat kamu yang suka tantangan dan uji nyali, let’s try this!