Pilih Berhenti Konsumsi, Coki Pardede Ungkap Hal yang Mematikan dari Narkoba

Selasa, 23 Agustus 2022 | 11:40:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Pilih Berhenti Konsumsi, Coki Pardede Ungkap Hal Yang Mematikan Dari Narkoba

Coki Pardede. (Special)

Ladiestory.id - Musisi tanah air, Anji, membuat rekaman suara atau podcast bersama Coki Pardede di dalam Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakara Timur pada Oktober 2021 lalu. Rekaman yang telah disetujui oleh pihak rumah sakit tersebut, berisi obrolan keduanya tentang narkoba.

Anji membuka obrolan dengan menanyakan pendapat Coki terkait narkoba. Dengan gaya khasnya yang nyeleneh dan berani, Coki memberikan jawaban yang tak terduga.

"Enak," jawab Coki singkat dan diiringi tawa terbahak-bahak.

Komika Coki Pardede. (Instagram.com/cokipardede666)

"Tapi kan, enak dan punya masalah kan dua hal yang berbeda, dan memang gue rasa sih kalau misalnya dijabarkan secara medis dan secara biologis, drugs itu didesain untuk menimbulkan rasa enak sih memang. Jadi jawabannya secara technically gak salah," papar Coki.

Lebih lanjut, Anji memberikan pertanyaan yang lebih jelas kepada Coki.

"Menurut lo, lo kan di sini karena drugs, so menurut lo penggunaannya itu bagaimana? Nah 'bagaimana' pertanyaan gua emang luas banget sih," ujar Anji.

Memahami pertanyaan Anji, Coki pun menjawab bahwa, menurutnya, narkoba memang harl yang bermasalah. Namun terlepas dari dampak, Coki menilai hal yang paling bermasalah adalah stigma.

Coki Pardede. (Special)

"Kalau buat gue sih sebenernya yang problematic, yang bermasalah dari drugs itu sendiri, adalah stigmanya sih. Kalau misalnya dibilang 'drugs itu membunuhmu', sama kayak rokok tuh membunuh. Menurut gua yang lebih membunuh daripada drugs-nya itu sendiri, stigmanya," ujar Coki Pardede.

"Gue kalau mau ngomong efek buruk narkoba, gue gak mau masuk ke ranah itu deh, karena itu perlu ada pembuktian klinis lagi. Tapi menurut gua terlepas dari apapun efek buruk narkoba, menurut gua yang paling parah itu adalah stigma sih, daripada narkobanya itu sendiri," sambung Coki.

Ia mengungkapkan lebih lanjut, orang yang terjerat narkoba, akan sulit diterima oleh keluarga dan lingkungan, sehingga sulit mendapatkan support yang baik untuk kesembuhan.

"Jadi kalau menurut gua sih kalau ada efek narkoba yang paling mengerikan sih stigma-nya," tegasnya.

Komika Coki Pardede. (Instagram.com/cokipardede666)

Selain itu, Coki juga menjawab pertanyaan para masyarakat apakah dirinya menjadi berubah usai ditahan karena kasus narkoba.

"Mungkin kalau orang yang bertanya 'berubah gak ya semenjak kejadian itu?' Ng..gak terlalu," jawab Coki sambil tertawa.

"Kalau tentang drugs-nya gua akan berhenti sih, tapi a**h**e-nya (sikap nyebelinnya) mungkin nggak," tutupnya.