6 Pilihan Jajanan Pasar Rendah Kalori, Cocok Untuk Camilan Diet

Selasa, 14 Februari 2023 | 13:30:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

6 Pilihan Jajanan Pasar Rendah Kalori, Cocok Untuk Camilan Diet

Ilustrasi jajanan pasar. (Special)

Ladiestory.id - Saat sedang menjalani program diet penurunan berat badan, kamu mungkin akan lebih selektif dalam memilih makanan. Kamu akan berusaha menghindari makanan manis ataupun berlemak. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati camilan. Kamu tetap bisa lho menikmati lezatnya camilan termasuk jajanan pasar. 

Agar program dietmu berhasil, kamu perlu memilih jajanan pasar yang rendah kalori. Nah, Ladiestory.id telah merangkum enam jajanan pasar yang rendah kalori dan cocok untuk camilan diet. 

Bubur Kacang Hijau

Ilustrasi bubur kacang hijau. (Special)

Bubur kacang hijau merupakan salah satu jajanan pasar yang menjadi favorit banyak orang. Jajanan ini terbuat dari kacang hijau yang diolah dengan santan dan gula merah. Kandungan serat yang ada dalam jajanan ini akan membuat kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Sehingga, kamu tidak akan mudah merasa lapar dan cocok untuk camilan saat diet. Dalam semangkuk bubur kacang hijau juga hanya mengandung sekitar 137 kalori. Agar kamu terhindar dari lemak dan kalori berlebih, maka sebaiknya jangan menggunakan santan terlalu banyak. 

Nagasari

Ilustrasi nagasari. (Special)

Nagasari merupakan sejenis kue basah yang berasal dari Jawa Tengah. Jajanan ini terbuat dari tepung beras dengan isian pisang di dalamnya dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Rasa manis dan aroma harum dari nagasari, membuat siapapun tertarik untuk mencicipinya.

Kamu juga tak perlu khawatir berat badan akan naik karena sebungkus nagasari hanya mengandung sekitar 154 kalori. Selain rendah kalori, jajanan pasar ini juga menyehatkan karena mengandung karbohidrat dan protein. 

Getuk

Ilustrasi getuk. (Special)

Selain nagasari, jajanan khas Jawa Tengah yang bisa kamu nikmati saat sedang diet adalah getuk. Getuk terbuat dari singkong yang diparut kemudian dikukus.

Cara penyajiannya disertai dengan kelapa muda yang telah diparut. Dalam 100 gram getuk terdapat sekitar 174 kalori. Selain cocok dijadikan camilan saat diet, getuk juga dipercaya dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan jantung. 

Kue Putu

Ilustrasi kue putu. (Special)

Jajanan pasar selanjutnya yang bisa kamu jadikan camilan saat diet adalah kue putu. Kue putu merupakan jajanan pasar yang unik karena dibuat dengan cara dikukus menggunakan cetakan khusus. Kue putu terbuat dari tepung beras yang di dalamnya diberi gula merah.

Ketika sudah matang, kue putu disajikan dengan parutan kelapa muda. Rasa manis dan gurih dari kue putu akan membuat siapapun menyukainya. Nah, kamu juga tak perlu khawatir makan camilan ini, karena dalam satu buah kue putu hanya terdapat sekitar 26 kalori. 

Klepon

Ilustrasi Kue Klepon. (Pinterest.com/Wandercooks)

Klepon juga merupakan salah satu jajanan pasar yang menjadi primadona. Klepon umumnya berwarna hijau dengan taburan kelapa parut. Jajanan pasar satu ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk menjadi bola-bola kecil dan berisi potongan gula merah.

Tekstur klepon yang kenyal dengan gula merah yang lumer menghasilkan rasa gurih dan manis dalam satu gigitan. Jahat ini juga tergolong rendah kalori dan aman dikonsumsi saat diet, karena dalam klepon mengandung sekitar 125 kalori. 

Asinan Sayur

Ilustrasi Asinan. (Special)

Selain rasa manis, jajanan pasar juga ada lho yang terasa menyegarkan, yaitu asinan sayur. Jajanan khas Bogor dan Betawi ini berisi sayuran dan buah yang dicampur dengan kuah pedas. Kuah pedasnya terbuat dari cabai merah atau ada juga yang terbuat dari bumbu kacang.

Camilan ini aman kamu konsumsi saat diet dan tidak membuat berat badan naik. Pasalnya, dalam semangkuk asinan sayur hanya mengandung sekitar 98-150 kalori. 

Ladies, itulah enam jajanan pasar yang rendah kalori dan cocok untuk camilan diet. Mana favoritmu?