Komentari Penyakit Jada Pinkett Smith, Presenter Bill Maher Tuai Kecaman

Selasa, 5 April 2022 | 20:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Komentari Penyakit Jada Pinkett Smith, Presenter Bill Maher Tuai Kecaman

Bill Maher and Jada Pinkett Smith. (Spesial)

Ladiestory.id - Momen bersejarah yang terjadi antara Will Smith dan Chris Rock di ajang penghargaan Oscar 2022 tampaknya masih menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan. Telah ditutup dengan permintaan maaf, beberapa oknum masih saja membahas kejadian tersebut dan seolah membuatnya semakin memanas.

Hal tersebut salah satunya dilakukan oleh seorang presenter televisi Bill Maher, yang kini tengah mendapat banyak kecaman. Pasalnya,  dirinya membahas penyakit Jada Pinkett Smith dan memintanya untuk mengenakan rambut palsu di ajang Oscar beberapa waktu lalu.

Will Smith Tampar Chris Rock. (Spesial)

Pernyataan tersebut, disampaikan sang presenter dalam sebuah acara berjudul "Real Time with Bill Maher". Tak hanya meminta Jada untuk memakai rambut palsu, dirinya pun membahas mengenai penyakit Alopecia dan menyebutnya sebagai penyakit yang tak membahayakan. 

Lewat pernyataan tersebut, Bill menyebut jika Jada hanya terlalu mendramatisasi penyakit tersebut. Padahal, masih banyak penyakit lain yang jauh lebih membahayakan.

"Maksudku itu alopecia, bukan leukimia oke? Alopecia itu saat rambutmu rontok dan ada banyak (penyakit) lainnya yang lebih mengerikan," ujar Bill Maher.

"Jika kau sangat beruntung di hidup ini dan mendapatkan (alopecia) sebagai masalah kesehatanmu, maka bersyukurlah. Itu tak mengancam nyawamu, itu hanyalah bagian di mana hampir seluruh orang, 80 persen pria, 50 persen wanita (mengalaminya) itu adalah bagian dari penuaan," lanjutnya.

Dari ucapan tersebut, Bill pun akhirnya mendapat banyak kecaman hingga hujatan dari para penonton maupun warganet. Dirinya dianggap sebagai sosok yang tak berempati karena menganggap remeh penyakit yang tengah diidap orang lain.

Seperti diketahui, istri dari Will Smith, Jada Pinkett pertama kali berbicara tentang penyakit alopecia di acara "Red Table Talk" pada 2018 lalu. Sejak saat itu ia pun secara perlahan mulai membuka diri dan membagikan kondisinya tersebut. Bahkan wanita 50 tahun itu akhirnya membagikan kisah tentang penyakitnya itu di Instagram-nya.

"Kalian tahu bahwa aku selama ini berjuang dengan alopecia. Dan lihatlah kini, semuanya terlihat. Dan ini akan lebih sulit bagiku untuk disembunyikan. Jadi aku berpikir untuk membagikannya sehingga kalian tidak bertanya-tanya lagi," ungkap Jada.