Profil Aprilio Manganang, Mantan Atlet Voli Putri yang Baru Tunangan

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:30:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Profil Aprilio Manganang, Mantan Atlet Voli Putri Yang Baru Tunangan

Potret Aprilio Manganang dan Claudya. (Special)

Ladiestory.id - Aprilio Manganang atau yang dulu dikenal sebagai Aprilia Manganang baru saja resmi melamar sang kekasih, Claudya. Hal ini diketahui dari unggahan akun Instagram Aprilio Manganang pada Minggu (23/1/2022). Dalam unggahan tersebut tampak keduanya serasi mengenakan batik couple cokelat.

Nama Aprilio Manganang sempat menghebohkan publik beberapa waktu lalu. Pasalnya, mantan atlet voli putri andalan Indonesia ini melakukan operasi perubahan jenis kelamin. Sedari kecil, Aprilio menyandang jenis kelamin perempuan, namun ternyata seiring berjalannya waktu terdapat kejanggalan pada Aprilio. Hingga akhirnya ia diperiksa secara medis dan ditemukan bahwa Aprilio mengidap penyakit hipospadia.

Ladies, penasaran seperti apa perjalanan hidup seorang Aprilio Manganang? Yuk simak info lengkapnya.

Berasal Dari Keluarga Sederhana

Potret Aprilio Manganang. (Special)
Potret Aprilio Manganang. (Special)

Aprilio Manganang lahir dengan nama lengkap Aprilia Santini Manganang. Ia lahir di Tahuna, Sulawesi Utara, pada 27 April 1992. Aprilio Manganang lahir dari pasangan Akip Zambrut Manganang dan Suryati Bori Lano. Kehidupan keluarganya sangat sederhana. Sang ayah bekerja sebagai buruh tani lepas sedangkan sang ibu berjualan pisang goreng.

Aprilio Manganang telah terbiasa hidup prihatin dan bekerja keras sejak kecil. Ketika masih duduk di bangku SD, Aprilio Manganang membantu menjajakan pisang goreng milik ibunya. Sesekali ia membantu ayahnya mencangkul di ladang. Terbiasa bekerja keras membuat tubuh Aprilio Manganang kuat dan juga penuh energi. Kemudian ia mencoba menyalurkan energinya tersebut di dunia olahraga.

Pada awalnya, ia menekuni bulu tangkis. Ia mengenal voli saat SMP, namun ternyata lebih tertarik ke dunia basket. Ketertarikan Aprilio Manganang pada voli baru ia miliki ketika melihat sang kakak, Amasya mendapatkan uang dari cabang olahraga tersebut. Dengan serius, Aprilio Manganang menekuni voli, yang mengantarkannya menjadi pemain voli profesional.

Perjalanan Karier

Potret Aprilio Manganang. (Special)
Potret Aprilio Manganang. (Special)

Aprilio Manganang perlahan meraih kesuksesannya. Pada 2011, ia direkrut oleh klub voli Alco. Hingg akhirnya, ia diminta untuk ikut kompetisi voli profesional Tanah Air, Proliga. Kerja kerasnya semakin menunjukkan hasil, Aprilio Manganang berhasil meraih puncak karier bersama klub Jakarta Elektrik PLN di bawah pelatih Tian Mei.

Kemapuan dan juga kerja kerasnya selama ini akhirnya berhasil membuat Aprilio Manganang menjadi spiker terbaik Indonesia. Prestasinya di dunia olahraga internasional tak diragukan lagi.

Diketahui bahwa Aprilio Manganang pernah meraih medali perak SEA Games 2017 dan perunggu SEA Games (2013 dan 2015). Namun sayang, pada 2019 ia gagal tampil dalam ajang SEA Games di Filipina karena mengalami cedera lutut. Hingga akhirnya pada 2020 ia memutuskan pensiun dari dunia voli.

Perubahan Jenis Kelamin

Potret Aprilio Manganang. (Special)
Potret Aprilio Manganang. (Special)

Kejanggalan demi kejanggalan semakin terlihat dari mantan atlet voli putri ini. Aprilio Manganang yang juga seorang prajurit TNI berpangkat Sersan Dua (Serda) tersebut diperiksa secara medis pada Februari 2021. Dari pemeriksaan tersebut didapatkan hasil bahwa, ternyata Aprilio Manganang memiliki organ tubuh seorang pria.  

Ternyata Aprilio Manganang mengidap hipospadia sejak kecil. Hipospadia adalah kelainan yang terjadi pada saluran kencing atau reproduksi ketika ia dilahirkan. Kemudia Aprilio Manganang menjalani correction surgery. Setelah itu, ia resmi berjenis kelamin pria dan mengubah identitas dirinya.

Prestasi yang Diraih

Berbagai macam prestasi pernah diraih Aprilio Manganang dari dunia voli, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Proliga Best Scorer 2014-2015, 2016-2017
  • Proliga Best Opposite Hitter 2014-2015, 2015-2016
  • MVP VTV International Women's Volleyball Cup
  • MVP Proliga 2016-2017, 2018-2019
  • MVP Thai-Denmark Super League Women's Volleyball 2019
  • Juara tim dalam Proliga 2015, 2016, 2017, 2019