Berhasil Menang Lawan Kartika Putri, Simak Profil Dokter Richard Lee

Kamis, 24 November 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Berhasil Menang Lawan Kartika Putri, Simak Profil Dokter Richard Lee

dr. Richard Lee. (Special)

Ladiestory.id - Nama dr. Richard Lee kini tengah menjadi sorotan publik usai dirinya ditangkap oleh pihak kepolisian secara paksa. Hal tersebut dilakukan lantaran dirinya tersandung kasus pencemaran nama baik. Pelaporan tersebut dilakukan oleh artis tanah air, Kartika Putri.

Nama dr. Richard Lee sendiri sudah tidak begitu asing di dunia kecantikan. Dirinya dikenal luas oleh publik karena rutin mengunggah video edukasi mengenai produk skincare di akun channel YouTube pribadinya. Sehingga, dirinya banyak memiliki penggemar. Lalu, seperti apa profil dari dr. Richard Lee? Berikut ulasannya.

Kehidupan Pribadi

dr. Richard Lee. (Special)

Pria kelahiran Medan, 11 Oktober 1985 ini memiliki nama sekaligus gelar dr. Richard Lee MARS, Dipl. AAAM. Dirinya merupakan dokter spesialis kecantikan. Melalui channel YouTube pribadinya, dr. Richard Lee menceritakan bahwa ia bukan berasal dari keluarga yang serba berkecukupan. Ia justru merupakan seseorang yang kondisi ekonomi keluarganya tergolong rendah.

Bahkan, kedua orang tuanya selalu menghadap Pastor Paroki untuk membantu mendapatkan keringanan biaya sekolah baik itu SPP maupun uang tahunan.

Selain itu, Richard juga menceritakan bahwa dirinya dahulu bukanlah anak yang berprestasi yang membuat kondisinya semakin parah. Namun, meski dengan keadaan ekonomi semacam itu, dan ia dianggap tidak berprestasi. dr. Richard Lee selalu berusaha dan bersemangat untuk meraih cita-cita sebagai dokter.

Perjalanan Karier

dr. Richard Lee. (Special)

Dalam menempuh pendidikan menuju gelar dokter spesialis kecantikannya, Richard Lee tak pernah patah semangat. Setelah lulus SMA, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang. Sebab, kala itu dirinya mulai tertarik dengan dunia kecantikan.

Meski mengalami keterbatasan biaya, ia tak pernah menyerah untuk terus mengejar pendidikan. Bahkan, dokter ini melanjutkan pendidikan ke American Academy of Aesthetic Medicine- Diploma American Academy of Aesthetic Medicine pada2017 dan mendapatkan gelar Ph.D dari atlantic International University.

Jauh sebelum menjadi seperti saat ini, dr. Richard Lee memulai kariernya dengan menjadi dokter di Sinarmas Group Palembang. Berawal dari situlah, kehidupannya mulai berubah hingga ia dipercaya menjadi direktur utama salah satu anak perusahaan Sinarmas Group bagian kesehatan.

Kehidupannya pun semakin lengkap ketika dirinya menikahi Renie Effendi yang kini menjadi istrinya. Diketahui, Renie juga berprofesi sebagai dokter.

Menjadi Pemilik Klinik Kecantikan

dr. Richard Lee. (Special)

Setelah menikah, dr. Richard Lee dan istrinya kemudian memutuskan untuk membangun usaha berupa klinik kecantikan yang bernama Athena di kota Palembang. Klinik tersebut kemudian berkembang dan kini memiliki lebih dari 10 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tak hanya di Palembang, kliniknya juga berada di kota lain seperti Jakarta, Medan, Lampung, beserta Makassar. Kliniknya pun menjadi salah satu favorit para kalangan public figure dan juga masyarakat. 

Sukses Menjadi Youtuber

dr. Richard Lee. (Special)

Selain sukses menjadi dokter di bidang kecantikan, dr. Richard Lee juga dikenal masyarakat sebagai salah satu konten kreator. Dirinya sering memberikan edukasi melalui video YouTubenya dengan membahas berbagai produk kecantikan.

Tak ayal, ia pun kini telah memiliki 2,6 juta subscribers dan berhasil mendapat plakat golden play button dari YouTube. Hingga kini, diketahui bahwa ia telah membagikan lebih dari 100 video edukasi yang membahas berbagai hal mengenai kecantikan kepada masyarakat.

Kasus Perseteruannya dengan Kartika Putri

dr. Richard Lee. (Special)

Namun, beberapa waktu terakhir, nama dr. Richard Lee santer dikaitkan dengan sosok Kartika Putri. Hal ini disebabkan lantaran dirinya ditangkap oleh polisi dengan kasus pencemaran nama baik. Ia dituding telah mencemarkan nama baik Kartika Putri yang pernah mempromosikan produk skincare dengan kandungan tidak baik.

Menurut dr. Richard Lee, produk yang diiklankan Kartika Putri mengandung hidrokuinon yang berbahaya dan seharusnya tidak diperjualbelikan secara bebas. Oleh sebab itu, Kartika pun merasa nama baiknya dicemarkan. Setelah melalui penangkapan, penahanan, hingga persidangan, dr. Richard Lee pun kini telah bebas dari permasalahan tersebut.