Bukan Kali Pertama, Profil Fico Fachriza yang Terjerat Kasus Narkoba

Jumat, 14 Januari 2022 | 13:25:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Bukan Kali Pertama, Profil Fico Fachriza Yang Terjerat Kasus Narkoba

Profil Fico Fachriza. (Special)

Ladiestory.id - Nama Fico Fachriza kembali menambah daftar nama artis yang ditangkap polisi akibat narkoba. Usai Rizky Nazar dan Ardhito Pramono, kini Fico juga diamankan pihak yang berwajib.

Dirinya diamankan polisi pada Kamis malam (13/1/2022), dengan barang bukti narkoba. Diberitakan pernah memakai narkoba sebelumnya, siapa sosok Fico Fachriza?

Profil Fico Fachriza

Fico Fachriza atau lebih dikenal dengan Fico komika merupakan seorang pelawak sekaligus aktor kelahiran 24 Mei 1994. Dirinya menyelesaikan pendidikan di SMA Negeri 5 Depok.

Kariernya sebagai komedian dimulai ketika Fico mengikuti Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) musim ketiga. Tak sendirian, Fico mengikuti ajang tersebut bersama dengan kakaknya, Rizki Ananta Putra.

Namun sayangnya, Rizki Ananta Putra harus pulang usai penampilan keduanya. Sedangkan Fico justru berhasil menjadi runner up di ajang yang disiarkan di Kompas TV. Kala itu, Babe Cabita lah yang menjadi juara pertama.

Profil Fico Fachriza. (Special)

Usai keluar sebagai juara kedua di Stand Up Comedy Indonesia, Fico Fachriza langsung menerima banyak tawaran untuk bermain film. Hampir semua peran yang dimainkannya, untuk film bergenre komedi.

Film yang dimainkannya, antara lain Ngenest, Manusia Setengah Salmon, Comic 8, hingga Nikah Yuk. Hingga saat ini, tercatat Fico telah membintangi kurang lebih 26 juful film sampai 2020 silam.

Tak hanya film, namun Fico komika juga membintangi beberapa judul serial website. Di antaranya Mimpiku Jadi Nyata dan Cek Toko Sebelah. Wajahnya juga kerap wara-wiri di beberapa acara televisi Indonesia.

Lawakan Fico Fachriza

Ketika mendengar ucapan salam 'Assalamualaikum' dalam sebuah penampilan stand up comedy pasti langsung tahu kalau itu adalah Fico Fachriza. Dengan nada khasnya, lawakan yang dilontarkan selalu berhasil mengocok perut penonton.

Terlebih Fico komika selalu dikenal dengan lawakannya yang terkesan bodoh. Hingga terkadang lawakannya diangkap tidak nyambung dengan tema yang diberikan. Namun tetap saja, lawakan Fico dicintai oleh banyak orang.

Cucu Partai Ketua Partai Komunis Indonesia

Fico Fachriza adalah cucu dari Murad Aidit yakni adik kandung DN Aidit. DN Aidit sendiri merupakan seorang tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Seperti yang diketahui, Murad pernah ditangkap dan dipenjara selama 15 tahun. Murad diduga menjadi anggota PKI seperti Aidit.

Profil Fico Fachriza. (Special)

Fico pun secara terang-terangan jika dia adalah cucu Murad Aidit. Akibat pengakuannya, Fico mendapat perlakuan diskriminasi dari teman-temannya ketika duduk di bangku SD.

“Sebenernya perlakuan kaya gitu justru banyak gue dapetnya waktu SD. Tapi temen-temen sekolah gue-nya itu, dulu kan waktu SD ada sholat zuhur berjamaah dan imamnya rolling (bergantian),nah pas giliran gue mau jadi imam gak boleh katanya 'PKI PKI gausah jadi imam' yah tapi namanya anak SD kan,” ungkap Fico Fachriza.

Tak hanya itu, nama Fico Fachriza juga kerap menjadi incaran wartawan. Bukan diwawancara perihal kariernya sebagai komika, namun juga sebagai cucu Murad Audit, terutama menjelang peringatan G30S PKI.

Pernah Memakai Narkoba Sebelumnya

Profil Fico Fachriza. (Special)

Penangkapan Fico terkait kasus narkoba pada 13 Januari 2022 merupakan yang kedua kalinya. Sebab, Fico juga ditangkap karena kasus yang sama pada 2017. Hal ini pun pernah diceritakan di channel YouTube pribadinya.

Video bertajuk “Draw My Live” menceritakan bagaimana Fico terjerat dan bisa bebas dari narkoba. Kala penangkapan itu, Fico sudah menjadi public figure dan mengaku kalau memang memakai narkoba. Namun narkoba yang dipakainya saat itu belum termasuk kategori narkoba yang dilarang di Indonesia.