Genap 26 Tahun, Intip Profil Jennie BLACKPINK

Rabu, 19 Januari 2022 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Genap 26 Tahun, Intip Profil Jennie Blackpink

Jennie BLACKPINK. (YouTube)

Ladiestory.id - Satu lagi member BLACKPINK yang merayakan hari ulang tahunnya pada awal tahun. Sosok itu adalah Kim Jennie atau yang lebih dikenal dengan Jennie BLACKPINK.

Jennie BLACKPINK berulang tahun yang ke-26 pada 16 Januari 2022 lalu. Pelantun lagu ‘Solo’ itu pun banjir ucapan selamat dari orang terdekat dan para penggemarnya.

Jennie mulai berkarier sejak 2010 di bawah naungan agensi YG Entertainment. Kini ia menjadi salah satu idol kenamaan Korea. Ada banyak karya yang sudah berhasil dikeluarkan oleh Jennie, mulai saat bersama BLACKPINK hingga kariernya sebagai penyanyi solo.

Agar lebih mengenal sosok Jennie BLACKPINK, yuk intip dulu profil singkatnya berikut ini.

Profil Jennie BLACKPINK

Jennie BLACKPINK. (Special)

Nama Lahir: Kim Jennie (김제니)

Nama Panggung: Jennie

Tempat Lahir: Cheongdam-dong, Seoul, Korea Selatan

Tanggal Lahir: 16 Januari 1996

Zodiak: Capricorn

Tinggi Badan: 163 cm

Berat Badan: 50 kg

Golongan Darah: B

Profesi: Penyanyi, Model

Girl Group: BLACKPINK

Posisi Dalam Group: Lead Vokal, Main Rapper, dan Center

Tahun Aktif: 2016-sekarang

Agensi: YG Eentertainment

Kebangsaan: Korea Selatan

Akun Instagram: @jennierubyjane

Perjalanan Karier Jennie BLACKPINK

Jennie BLACKPINK. (Spesial)

Saat Jennie berusia 10 tahun, ia tinggal di Auckland, Selandia Baru. Jennie kecil sangat suka mendengarkan berbagai musik K-Pop. Berangkat dari sinilah, muncul keinginan pada dirinya untuk menjadi seorang artis.

Saat mempersiapkan diri untuk pindah dan belajar di Amerika, Jennie mengungkapkan cita-citanya menjadi seorang penyanyi pada ibunya.

Hingga akhirnya saat usianya menginjak 14 tahun, Jennie dan keluarganya kembali ke Korea Selatan pada 2010. Jennie pun bergabung menjadi trainee di agensi YG Entertainment di tahun tersebut. Agensi yang di kala itu turut membesarkan nama-nama boy group dan girl group populer, seperti BIGBANG dan 2NE1.

Selama masa trainee, YG Entertainment kerap mengikutsertakan Jennie dalam berbagai kegiatan. Jennie tampil sebagai model dalam video klip miliki G-Dragon untuk lagu That XX pada 2012. Dirinya juga pernah berkolaborasi dengan Seungri BIGBANG untuk lagu GG Be hingga bersama Lee Hi untuk lagu Special.

Penampilannya sebelum debut yang cukup membekas adalah ketika tampil di panggung Inkigayo. Di acara besar tersebut Jennie berduet dengan G-Dragon menyanyikan lagu Black.

Setelah melewati masa trainee yang cukup panjang, akhirnya Jennie debut dalam girl group BLACKPINK, bersama dengan Jisoo, Rose, dan Lisa, pada 2016.

Saat bersama dengan BLACKPINK, sudah ada banyak judul lagu yang berhasil dinyanyikan dan turut melambungkan namanya dan grupnya. Sebut saja mulai dari Boombayah, Whistle, Playing With Fire, Stay, Ddu-Du Ddu-Du, Kill This Love, How You Like That, Ice Cream, hingga yang terbaru Lovesick Girls.

Jennie mendapatkan kesempatan untuk debut sebagai penyanyi solo lewat lagu berjudul Solo pada November 2018. Lagu ini cukup populer dan membuat dirinya semakin dicintai oleh para penikmat musik K-Pop.

Saking populernya, lagu Solo milik Jennie berhasil melampaui 300 juta streaming di Spotify pada pertengahan 2021 lalu. Prestasi ini menjadikan Jennie sebagai solois Korea pertama yang berhasil mencapainya dalam sejarah industri musik Korea Selatan sejauh ini. Pencapaiannya ini bahkan sempat trending di Twitter dengan tagar #JENNIE dan #SOLOonSpotify300M beberapa waktu lalu.

Tak hanya perolehan streaming online yang cukup membanggakan, bahkan video klip lagu Solo yang diunggah di YouTube pun kini sudah mencapai angka 778 juta views.

Berkat kepopulerannya, Jennie BLACKPINK banyak mendapatkan tawaran untuk menjadi model iklan dari berbagai produk ternama, seperti Air Baked, Chum Churum Soju, Vita500, dan Dashing Diva.

Dirinya bahkan juga didapuk menjadi brand ambassador dari berbagai produk ternama, seperti Channel, Hera Beauty, Pepsi, Adidas Korea, dan Olens.