Profil Kim Go Eun, “Best Leading Actress” Versi “1st Blue Dragon Series Awards”

Selasa, 26 Juli 2022 | 10:00:00

Lis Tyawati

Penulis : Lis Tyawati

Profil Kim Go Eun, “Best Leading Actress” Versi “1St Blue Dragon Series Awards”

Kim Go Eun. (soompi.com)

Ladiestory.id - Kim Go Eun menyabet gelar “Best Leading Actress” pada ajang “Blue Dragon Series Awards” pertama yang diadakan pada (19/8/2022) di Paradise City, Incheon, Korea Selatan.

Berkat perannya dalam drama “Yumi’s Cells”, aktris Kim Go Eun mencatatkan dirinya sebagai salah satu nama besar dalam dunia seni peran di negeri Ginseng tersebut. Berikut profil lengkap sang bintang.

 

Awal Karir

 

Kim Go Eun (instagram.com/ggonekim)

 

Gadis kelahiran Seoul City, Korea Selatan, pada 2 Juli 1991 ini menghabiskan masa kecilnya di Beijing, Cina. Kembali ke Korea, Kim Go Eun yang merasa memiliki ketertarikan dalam bidang perfilman memutuskan bersekolah di SMA Seni Kaywon. Ia lalu melanjutkan pendidikannya dengan mengambil bidang studi drama di Korea National University of Arts.

Belum tuntas menyelesaikan perkuliahannya, pada 2012, Kim Go Eun secara tidak sengaja mengikuti audisi yang diadakan sutradara dalam film pertama yang diperankan Kim, “A Muse”. Diakui sang sutradara, Jung Ji Woo, bahwa yang membuatnya memilih Kim daripada 300-an aktris lain yang mengikuti audisi itu adalah karena kualitas yang autentik yang hanya dimiliki oleh seseorang yang polos yang tidak menyadari kecantikan dan kemampuannya sendiri.

Berkat proyek perdananya di dunia akting, Kim berhasil memborong predikat sebagai “Best New Actress” pada banyak ajang penghargaan untuk insan perfilman kala itu. Sebut saja, “2012 Buil Film Awards”, “2012 Grand Bell Awards”, “2012 Korean Association of Film Critics Awards”, “2012 Blue Dragon Film Awards”, “2012 Busan Film Critics Awards” dan “2013 New York Asian Film Festival” (khusus pada ajang ini, Kim dinobatkan sebagai “Star Asia Raising Star Award”).

 

Masa Hiatus

 

Kim Go Eun (instagram.com/ggonekim)

 

Menerima pengakuan dari banyak kritikus dalam bidang perfilman di negerinya, tak membuat aktris berwajah natural ini lupa daratan. Ia tetap mendahulukan pendidikannya. Karenanya, alih-alih menenggelamkan diri dalam aktivitasnya sebagai the raising actress, ia lebih memilih untuk menolak banyak tawaran proyek film untuk menuntaskan kuliahnya terlebih dahulu.  

 

Comeback

 

Kim Go Eun (instagram.com/ggonekim)

 

Berhasil menyelesaikan studinya, Kim kembali aktif menerima tawaran bermain film, antara lain dalam proyek-proyek berjudul “Monster (2014)”, “Coin Locker Girl (2015)”, “Memories of the Sword (2015)”, “The Advocate: A Missing Body (2015)” dan “Canola (2016)”.

 

Debut Serial TV

 

Kim Go Eun (instagram.com/ggonekim)

 

Tahun 2016 menjadi awal bagi Kim Go Eun merambah dunia pertelevisian dengan proyek pertamanya “Cheese in the Trap” bersama bintang-bintang seperti Park Hae Jin, Seo Kang Joon dan Lee Sung Kyung. Pada drama debutnya ini, ia berhasil membawa tropi Baeksang Arts Award untuk kategori “Best New Actress”.

Keberuntungannya sebagai rookie kembali menghampiri setelah ia terlibat dalam drama megahit “Goblin: The Lonely and Great God”. Menjadi tunangan aktor veteran Gong Yoo, Kim kembali tampil mengesankan lewat kecantikannya yang natural dan kepolosan khas anak SMA. Kontradiktif, dalam drama yang sukses besar ini, Kim hanya berhasil memboyong penghargaan pada ajang “2017 DramaFever Awards” sebagai “Best Couple” bersama lawan mainnya, Gong Yoo.

 

Masa Kini

 

Kim Go Eun (instagram.com/ggonekim)

 

Sejak tampil dalam drama fenomenal “Goblin: The Lonely and Great God”, karir Kim Go Eun sebagai aktris termasuk stabil. Kembali ke dunia film, pada 2018 ia membintangi “Sunset in My Hometown”. Dilanjutkan dengan “Tune in for Love (2019)” yang memasangkan sang aktris dengan Jung Hae In. Ia adalah aktor tampan pujaan salah satu anggota idol group wanita terpopuler di dunia saat ini, Jisoo BLACKPINK, dalam drama “Snowdrop (2021)”.

Melanjutkan karirnya di dunia pertelevisian, pada 2020 Kim kembali menerim,a tawaran bermain drama. Kali ini ia dipasangkan dengan aktor yang dipercaya sebagai salah satu icon Hallyu Wave, Lee Min Ho, dalam drama fantasi romantis berjudul “The King: Eternal Monarch”.

Seperti membalikkan keadaan dari ketidakberhasilannya dalam drama terakhir yang ia bintangi, Kim tampil mengesankan dalam dua season drama berjudul “Yumi’s Cells”. Berkat aktingnya yang natural, Kim berhasil meraih penghargaan “Best Leading Actress” pada ajang “1st Blue Dragon Series Awards” untuk penampilannya pada season pertama. Saat itu, sekuel dari drama tersebut baru saja usai tayang di platform streaming digital TVing.

Itulah profil aktris Korea Selatan, Kim Go Eun. Semoga bermanfaat.