Profil Wirda Mansur, Putri Yusuf Mansur yang Kerap Tuai Sorotan

Minggu, 23 Oktober 2022 | 17:30:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Profil Wirda Mansur, Putri Yusuf Mansur Yang Kerap Tuai Sorotan

Wirda Mansur. (instagram.com/wirda_mansur)

Ladiestory.id - Wirda Mansur kembali menuai sorotan setelah memberikan pernyataan soal sedekah. Putri Yusuf Mansur itu mengaku mendapatkan mobil senilai Rp1,4 Miliar secara gratis, setelah bersedekah sebanyak Rp50 Juta pada sang ayah.

Video pernyataan Wirda Mansur ini pun ramai menuai tanggapan warganet. Bahkan, salah satu publik figur, yakni Ernest Prakasa, turut berkomentar.

Wirda Mansur sendiri beberapa kali dikritik warganet lantaran pernyataannya yang dianggap menuai kontroversi. Ia sempat menghebohkan publik dengan pengakuannya kuliah di empat kampus, yakni Oxford, Raffles University, University of Buckingham, dan Institut Daarul Qur'an Jakarta.

Penasaran seperti apa sosok Wirda Mansur? Ladiestory.id merangkum profil Wirda Mansur, putri dari Yusuf Mansur.

Profil Wirda Mansur

Wirda Mansur. (instagram.com/wirda_mansur)

Wirda Mansur memiliki nama asli Wirda Salamah Ulya. Ia lahir pada 20 November 2001.

Dia dikenal dengan nama Wirda Mansur, sebab mengikuti nama belakang sang ayah, Yusuf Mansur. Ayah Wirda Mansur sendiri merupakan salah saku pendakwah terkemuka di Indonesia.

Wirda Mansur merupakan anak sulung Yusuf Mansur dan Siti Maemunah. Ia memiliki empat orang adik, yaitu Qumii Rahmatal Qulub, Aisyah Humairoh Hafidzoh, Muhammad Kun Syafii, dan Muhammad Yusuf Al Haafidz.

Pendidikan Wirda Mansur

Busana hijab Wirda Mansur. (Instagram.com/wirda_mansur)

Wirda Mansur sudah fokus menghafal Al-Qur’an sejak usianya 9 tahun. Walau sempat berhenti sekolah, Wirda Mansur akhirnya melanjutkan pendidikan formalnya.

Putri sulung Yusuf Mansur itu bersekolah di Yordania untuk tingkat SMP. Saat duduk dibangku kelas 8, Wirda Mansur pindah ke Amerika Serikat.

Namun, pendidikan Wirda Mansur di luar negeri tersebut tidak selesai. Ia pun mengambil paket B di Indonesia.

Saat SMA, dia bersekolah di Inggris. Namun, pendidikannya di sana tidak tuntas. Wirda Mansur pun menyelesaikan pendidikan SMA melalui paket C di Indonesia.

Kini, Wirda Mansur tercatat sebagai mahasiswi Institut Daarul Qur'an Jakarta mengambil jurusan Ilmu Hadis. Selain itu, Wirda Mansur mengaku mengambil double degree di University of Buckhingham, Inggris. Dirinya mengaku tengah cuti.

Sebelumnya, Wirda Mansur pernah mengikuti program International Baccalaureate (IB) di Oxford. Ia pun pernah kuliah di Raffles University selama tiga semester.

Penulis dan Influencer

Wirda Mansur. (instagram.com/wirda_mansur)

Wirda Mansur dikenal sebagai influencer. Pengikut akun media sosial Instagram miliknya telah mencapai 2,5 juta dan 1,49 juta subscribers di akun YouTube. Di media sosial, Wirda Mansur kerap membagikan beragam konten, mulai dari dakwah, motivasi, hingga vlog.

Putri Yusuf Mansur ini juga aktif sebagai penulis. Sejak 2016 hingga 2020, Wirda Mansur telah menerbitkan setidaknya lima judul buku, yaitu “Reach Your Dreams” (2016), “Be Calm, Be Strong, Be Grateful” (2017), “Be The New You” (2018), “Remember Me & I Will Remember You” (2019), dan “Unlimited You” (2020). 

Sumber Penghasilan Wirda Mansur

Busana hijab Wirda Mansur. (Instagram.com/wirda_mansur)

Selain dikenal sebagai influencer dan penulis, Wirda Mansur juga menggeluti bisnis. Menurut informasi yang beredar, Wirda Mansur menjabat  sebagai direktur utama PT Wirdamae Group indonesia. Perusahaan ini menaungi berbagai bidang, mulai dari travel, kosmetik, hingga fesyen.

Kiprah Wirda Mansur di dunia hiburan juga dibuktikan dengan bakat akting dan tarik suara. Dia pernah membintangi film “Cahaya Cinta Pesantren” (2016) dan “The Santri” (2019). Ia pun sempat meluncurkan single bertajuk "Cahaya Cintaku" dan "Hanyalah Engkau".