Punya Masalah Kulit Berjerawat? Simak 3 Rekomendasi Sunscreen yang Sangat Cocok Untukmu

Kamis, 24 Juni 2021 | 16:28:54

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Punya Masalah Kulit Berjerawat? Simak 3 Rekomendasi Sunscreen Yang Sangat Cocok Untukmu

foto:ladiestory.id

Sunscreen termasuk ke dalam tahapan wajib yang tidak boleh dilewatkan ketika melakukan rutinitas skincare pagi.

Rutinitas ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV. Sayangnya, saat ini banyak sunscreen dengan kandungan yang cukup berat dan rawan untuk dipakai di kulit berjerawat.

Memiliki kulit berjerawat jadi malas memakai sunscreen? Jika kau beranggapan seperti itu, maka Anda salah besar!

Malas memakai sunscreen ketika kulit berminyak dan acne-prone alias rentan berjerawat malah dapat membuat bekas jerawat mudah menghitam lho. Maka, jangan lupa tetap pakai sunscreen meskipun kulit berjerawat ya.

Anda wajib tahu, sinar UV dapat mengakibatkan PIH (Post-inflammatory Hyperpigmentation). PIH merupakan bekas jerawat yang menghitam sebab mengalami pigmentasi setelah terpapar sinar UV.

Jadi, selain merawat jerawatnya sampai kering dan kempes, Anda juga wajib pakai sunscreen dalam langkah mencegah timbulnya bekas jerawat yag menghitam.

Jika ingin formula yang ringan, Anda dapat menggunakan chemical sunscreen. Tetapi, jika kulit Anda termasuk sensitif, dapat memilih physical atau yang biasa disebut mineral sunscreen. Yang paling penting, Anda juga tidak boleh malas reapply atau memakai ulang sunscreen setiap 3-4 jam sekali.

Produk produk di bawah ini merupakan sunscreen yang cocok dipakai oleh tipikal wajah berjerawat.

  1. La Roche-Posay Effaclar Duo+ SPF 30

foto:instagram/skinfaced
Foto: Instagram/skinfaced

Produk yang lebih memfokuskan pada perawatan kulit berjerawat ini, pasti sudah tak perlu diragukan lagi untuk produk sunscreen yang diluncurkan oleh La Roche Posay ini.

Dengan kandungan spectrum protection yang menghadapi sinar UVA dan UVB. Melalui hydrating effect-nya kulit juga dapat menjadi lebih cerah dalam waktu 4 minggu, sehingga produk ini menjadi paket yang komplit untuk memperindah kulit wajahmu.

Walau produk ini memiliki harga yang cukup pricey tapi tidak ada salahnya kan bila Anda memang ingin mencoba produk ini? Harga produk ini berkisar pada Rp 335.000.

  1. Acnes UV Tint SPF 35 PA+++

foto:instagram/ummuaishaart
Foto: Instagram/ummuaishaart

Sunscreen ini cocok untuk kulit berjerawat, merk ini bernama Acnes UV Tint SPF 35 PA+++. Merk ini mengklaim sebagai sunscreen yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu juga dapat merawat tekstur kulit dengan kandungan vitamin E, vitamin B6, dan turunan vitamin C. Kulit juga akan terasa lembut serta produksi minyak yang tidak berlebihan.

Produk sunscreen dari Acnes ini juga dapat dikenakan sebagai alas bedak lho. Untuk kandungan SPF-nya sendiri mencapai 35 disertai PA+++. Anda dapat memakainya sehari-hari sebelum aktivitas outdoor.

Kocok dulu sunscreen ini sebelum menuangkannya ke tangan untuk dipakaikan ke wajah, ya. Harganya dengan tekstur lotion ini dijual seharga Rp 40.000-an.

  1. Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++

foto:instagram/mjkosmetikcrb_
Foto: Instagram/mjkosmetikcrb_

Tidak hanya digunakan sebagai sunscreen saja, namun produk ini juga merupakan pelembab yang mengandung SPF 50+ PA+++ yang memberikan perlindungan ganda terhadap UVA dan UVB. Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++ memiliki kandungan hydraulic acid dan kolagen yang bisa melembabkan, melembutkan kulit dan juga memberikan fleksibilitas pada kulit.

Tak hanya itu saja, sunscreen ini juga memiliki kandungan vitamin B5 dan E yang bisa menutrisi kulit secara optimal dan sangat cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat. Untuk harga produk ini berkisar sekitar Rp 60.000.

3 produk diatas merupakan produk sunscreen yang cocok dikenakan oleh orang yang memiliki tipikal wajah berjerawat.