Raih “Best Supporting Actor”, Robert Downey Jr. Singgung Soal Kritik

Senin, 15 Januari 2024 | 17:44:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Raih “Best Supporting Actor”, Robert Downey Jr. Singgung Soal Kritik

Robert Downey Jr. di Critics Choice Awards 2024. (CNN Entertainment)

Ladiestory.id - Aktor Robert Downey Jr. berhasil membawa pulang piala dalam gelaran Critics Choice Awards 2024 yang digelar Minggu (14/1/2024) waktu setempat. Ia berhasil memenangkan kategori Best Supporting Actor berkat perannya dalam film “Oppenheimer”.

Dalam pidato kemenangannya, Robert Downey Jr. sempat menyinggung soal beberapa kritik yang didapatkannya.

“Asosiasi Pilihan Kritikus, mereka telah memberi saya masukan yang begitu indah, sungguh begitu banyak momen hebat. Dan beberapa di antaranya sangat puitis, saya hanya ingin berbagi beberapa pemikiran mereka dengan kalian semua setelah beberapa tahun ini,” kata Robert Downey Jr. dalam winner speech-nya.

Sang aktor juga sempat mengutip beberapa kritikan yang pernah diberikan oleh Critics Choice Association kepada dirinya.

“Yang pertama, ‘Agak mirip haiku yang ceroboh, berantakan, dan malas’. Kedua lebih metaforis, ‘Seperti Pee-wee Herman yang baru sadar dari koma’,” ujar Robert Downey Jr.

“Yang ini dari orang Inggris, ‘Sungguh menyia-nyiakan bakat yang membingungkan’. Dan yang terakhir, ini yang bertahan lama, ‘Lucu seperti kentut yang menyebar di kamar’,” terangnya.

Robert Downey Jr. Berperan Sebagai Lewis Strauss di "Oppenheimer". (Greenscene)

 

Meskipun tak dijelaskan secara rinci soal penampilannya yang mana yang mendapatkan beragam kritik, aktor 59 tahun itu tampak menikmati situasi yang terjadi di atas panggung kala membagikan kritikan-kritikan tersebut.

Sebagai informasi, Robert Downey Jr. berperan sebagai mantan pejabat Menteri Perdagangan Amerika Serikat, Lewis Strauss dalam “Oppenheimer”. Film ini mengikuti fisikawan, J. Robert Oppenheimer (Murphy) saat ia dan timnya menciptakan bom atom pertamanya setelah Perang Dunia II.

“Oppenheimer” masuk 13 nominasi, seperti kategori prestisius Best Picture, Best Director (Christopher Nolan), Best Actor (Cillian Murpy), dan Best Acting Ensemble. Selain itu ada Best Supporting Actor, Best Supporting Actress, Best Adapted Screenplay, Best Cinematography, Best Production Design, Best Editing, Best Hair and Makeup, Best Visual Effects, dan Best Score.

Secara keseluruhan, film garapan Christopher Nolan itu berada di posisi kedua sebagai film dengan nominasi terbanyak dalam Critics Choice Awards 2024.