Raih Rp8,6 Triliun, "The Batman" Jadi Film Kedua yang Menembus US$300 Juta

Senin, 21 Maret 2022 | 18:00:00

Monica Dameria

Penulis : Monica Dameria

Raih Rp8,6 Triliun, "The Batman" Jadi Film Kedua Yang Menembus Us$300 Juta

The Batman. (Instagram.com/wbpictures)

Ladiestory.id - "The Batman" menjadi film nomor satu di box office domestik Amerika Serikat selama tiga pekan. Film yang dibintangi Robert Pattinson berhasil menembus pendapatan sebesar 300 Juta dolar AS atau setara dengan Rp4,3 Triliun di bioskop domestik Amerika.

Dilansir Variety, film arahan Matt Reeves ini sukses meraih 36,8 Juta dolar AS atau setara dengan Rp528 Miliar dari 4.302 bioskop yang menayangkan film tersebut dari Jumat (12/3) hingga Minggu (20/3). Pendapatan tersebut membuat "The Batman" menjadi film kedua di era pandemi Covid-19 yang menembus angka 300 Juta dolar AS setelah "Spider-Man: No Way Home".

Pencapaian dari 4.302 bioskop ini turun sekitar 45 persen dari penjualan akhir pekan lalu. Sementara itu, Cina menyumbang 12,1 Juta dolar AS dalam penayangan "The Batman". Di negara tersebut ada sebanyak 43 persen bioskop yang masih ditutup karena pandemi Covid-19.

Jika ditotal, pendapatan bioskop internasional The Batman berhasil meraih 49,1 Juta dolar AS atau setara dengan Rp704 Miliar. Sedangkan, total pendapatan secara global telah mencapai 598 Juta dolar AS atau sekitar Rp8,6 Triliun.

Saat ini, "The Batman" mendapat komentar positif dari penonton dan kritikus. Pada situs agregator Rotten Tomatoes, film ini mendapat label Certified Fresh dengan skor 85 persen dari 418 ulasan. Sementara itu, untuk skor penonton mencapai angka 89 persen dengan rating lebih dari 10 ribu pengguna.

"The Batman" menjadi debut Robert Pattinson sebagai Bruce Wayne. Ia menggantikan Ben Affleck yang berhenti memerankan karakter Batman pada film tersebut. Tak hanya itu, Ben Affleck juga mundur dari sutradara dan digantikan oleh Matt Reeves.

Film ini bercertia mengenai Bruce Wayne yang sudah berada di tahun keduanya sebagai pemburu kriminal di Kota Gotham. Dalam film tersebut, ia dihadapkan dengan The Riddler (Paul Dano) yang dibantu oleh Jim Gordon (Jeffrey Wright) dan Catwoman (Zoe Kravitz).