Rambut Cenderung Berminyak Saat Musim Hujan? Atasi dengan Hal Ini!

Selasa, 16 Januari 2024 | 17:41:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Rambut Cenderung Berminyak Saat Musim Hujan? Atasi Dengan Hal Ini!

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Saat musim hujan melanda, bukan hanya bibir pecah-pecah dan kulit kering yang dirasakan. Ternyata musim hujan juga memengaruhi keadaan rambut seseorang. 

Saat musim hujan, rambut seseorang biasanya menjadi cenderung berminyak. Hal ini disebabkan ada beberapa elemen yang bekerja sama untuk meningkatkan produksi minyak pada rambut.

Melansir Healthshots, berikut cara mengatasi rambut berminyak saat musim hujan.

Rutin Keramas

Ilustrasi Wanita Keramas. (Freepik.com)

 

Mencuci rambut atau keramas secara teratur sangat penting untuk mencegah penumpukan kotoran yang menimbulkan minyak pada rambut. Pilihlah sampo dan kondisioner yang lembut dan bebas sulfat untuk menjaga keseimbangan yang sehat tanpa membuat kulit kepala menjadi kering.

Gunakan Dry Shampoo

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Saat situasi tidak memungkinkan untuk keramas karena cuaca yang cukup dingin, pertimbangkanlah untuk menggunakan sampo kering. Ini adalah cara mudah untuk menyerap minyak berlebih pada rambut dan membuat rambut tampak bersih tanpa perlu keramas sepenuhnya.

Pilih Sampo Anti Ketombe

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Biasanya minyak pada rambut disebabkan oleh ketombe pada kulit kepala. Untuk mengatasinya, gunakanlah sampo anti ketombe yang mengandung bahan seperti zinc pyrithione dan ketoconazole. Bahan tersebut akan membantu mengendalikan ketombe dan meringankan masalah kulit kepala yang berminyak.

Hindari Penggunaan Alat Penataan Rambut

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Panas berlebih dari alat penata rambut dapat merangsang produksi minyak pada kulit kepala. Kurangilah penggunaan alat-alat dengan rasa panas dan produk penataan rambut untuk mengurangi risiko rambut yang berminyak.

Cegah Penumpukan Produk

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Saat musim hujan, hindarilah penumpukan produk perawatan rambut. Penumpukan produk pada rambut dapat menyebabkan minyak yang berlebih pada kulit kepala. Gunakanlah sampo yang dapat membersihkan kulit kepala untuk mengurangi residu dari produk penataan rambut, kondisioner, dan produk perawatan lainnya. 

Rambut yang bersih akan memastikan folikel rambut tidak tersumbat, dan mengurangi minyak pada kulit kepala.