Rayakan 10 Tahun Berkarir, Tulus Ungkap Ragam Rasa Lewat Album ‘Manusia’

Jumat, 4 Maret 2022 | 21:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Rayakan 10 Tahun Berkarir, Tulus Ungkap Ragam Rasa Lewat Album ‘Manusia’

Tulus Tujuh Belas. (Spesial)

Ladiestory.id - Penyanyi sekaligus pencipta lagu, Muhammad Tulus Rusydi atau yang lebih dikenal dengan Tulus baru saja meluncurkan album terbarunya yang bertajuk ‘Manusia’ pada Kamis (3/3/2022).

Berisikan 10 lagu, album ini digarap Tulus selama kurun waktu dua tahun kebelakang. Selain merayakan peluncuran album terbarunya, pada tahun ini diketahui Tulus pun turut merayakan 10 tahun perjalanan karirnya di dunia musik Indonesia.

Sebagai perayaan 10 tahun dirinya berkarir, Tulus mengungkap jika album ‘Manusia’ yang memiliki nuansa biru tersebut berusaha mengungkap ragam perasaan yang dimiliki manusia.

"Warna musik yang baru di album ini merupakan hasil kolaborasi dengan ratusan talenta,” ujar Tulus.

Tulus mengungkapkan, semangat menjaga jiwa muda, di tengah dinamika hati dan rasa, dilanjutkan dengan pertanyaan tentang hidup, apresiasi diri, hingga ragam emosi dalam merayakan kehidupan, merupakan sebagian kecil dari luasnya sudut pandang penulisan lagu dalam album ini.

Tak sendirian, Dalam proses penggarapannya, lelaki berusia 34 tahun ini bekerja sama dengan produser Ari Renaldi. Serta melakukan kolaborasi bersama Dere, juga Petra Sihombing, Topan Abimanyu, dan Yoseph Sitompul.

Diawali dengan lagu "Tujuh Belas", sebagai nomor pembuka disusul dengan sembilan lagu lainnya yang telah resmi dirilis.

Tulus Tujuh Belas. (Spesial)

Ragam ilustrasi visual pun menjadi sajian yang dipersembahkan oleh Tulus untuk menyempurnakan album ini.

Dalam akhir pernyataannya, Tulus berharap album dan semua lagunya dapat menjadi teman tubuh bagi semua orang yang mendengarkannya.

"Semoga lagu-lagu dalam album ini tumbuh besar dan membesarkan semua hati yang mendengarkan," TutupTulus.