Rayakan Hari Guru Nasional, Ini Hal yang Bisa Dilakukan Orang Tua

Jumat, 25 November 2022 | 09:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Rayakan Hari Guru Nasional, Ini Hal Yang Bisa Dilakukan Orang Tua

Ilustrasi orang tua bersama anak. (Special)

Ladiestory.id - Peringatan Hari Guru Nasional jatuh setiap 25 November. Sebagai guru pertama bagi anak, orang tua berhak merayakan Hari Guru Nasional. 

Seperti diketahui, orang tua berjasa dalam mengajarkan hal-hal dasar pada anak, seperti cara berjalan, berbicara, membaca, hingga makan. Orang tua pun membangun karakter dengan mengajarkan nilai-nilai baik pada anak dan membantu buah hati saat kesulitan dalam pelajaran sekolah.

Nah, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua bersama anak untuk memperingati Hari Guru Nasional.

Lanjutkan Kebiasaan Bantu Anak dengan Tugas Sekolah

Ilustrasi orang tua. (Special)

Selama pandemi, anak-anak melakukan kegiatan belajar di rumah dan orang tua juga bekerja dari rumah. Sehingga, anak-anak mungkin meminta bantuan orang tua saat mengerjakan tugas sekolah. 

Meski anak sudah kembali sekolah tatap muka, usahakan untuk memberikan perhatian kepada anak dan bantu mereka jika ada kesulitan mengerjakan tugas. Terkadang, orang tua sepenuhnya memberikan tugas kepada guru untuk mendidik anak. Akan tetapi, jangan lupa kalau anak akan sangat menghargai jika orang tua bisa meluangkan waktu untuk mendidik anak di rumah.

Luangkan Waktu untuk Berbicara dengan Anak

Ilustrasi orang tua. (Special)

Saat tiba di rumah setelah pulang kantor, ajak anak untuk bercerita tentang harinya. Perhatikan baik-baik dan berikan arahan atau masukan jika ada kesulitan yang dihadapi. Kamu juga bisa memberi pujian jika anak melakukan hal yang baik.

Ajak Anak Lakukan Kegiatan Seru di Akhir Pekan

Ilustrasi olahraga bersama keluarga. (Special)

Akhir pekan adalah waktu untuk istirahat dan bersama keluarga. Selain makan di restoran atau pergi ke mal, ajak anak untuk melakukan kegiatan yang seru dan bermanfaat, seperti lari pagi, berkunjung ke kebun binatang, atau mengikuti kelas-kelas menarik untuk keluarga. Jangan lupa juga untuk menjelaskan alasan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut dan manfaatnya untuk anak.

Semoga bermanfaat!