Rayakan Kesetaraan di Peringatan Hari Anak ISCO Foundation 2023

Senin, 24 Juli 2023 | 20:55:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Rayakan Kesetaraan Di Peringatan Hari Anak Isco Foundation 2023

Ilustrasi anak merasa bahagia. (Special)

Ladiestory.id - Perayaan hari anak Nasional jatuh di bulan Juli, dimana semua anak sekolah di Indonesia mendapatkan rapor dan liburan sekolah. Hal ini pun dialami oleh 1000 anak marginal kota Jakarta yang didampingi oleh ISCO Foundation.

Jika dilahirkan dari keluarga yang cukup mampu secara ekonomi, mereka pasti sudah memiliki rencana liburan masing-masing. Tidak demikian halnya dengan anak-anak dampingan ISCO Foundation, dikarenakan mereka berasal dari keluarga yang terbatas secara ekonomi, kebanyakan dari mereka menghabiskan liburan hanya dengan bermain disekitar rumah, di kawasan padat penduduk seperti bantaran kali, taman pemakaman umum dan pinggiran rel.

Pada Sabtu (8/7/2023) lalu, ISCO Foundation mengundang 1000 anak dampingannya untuk merayakan Hari Anak Nasional 2023 dan juga 24 tahun ISCO Foundation mendampingi anak-anak Indonesia. Anak-anak dari keluarga pra-sejahtera bermain dan bergembira bersama di arena lapangan Deutsche Schule Jakarta (DSJ), dikawasan BSD.

Acara ini merupakan bagian dari pemenuhan 10 Hak Anak diantaranya hak mendapatkan pendidikan, bermain, rekreasi, mendapat makanan dan kesamaan. Lapangan bola yang terbentang hijau membuat anak-anak tak sabar untuk berlari dan mencobanya. Bahkan beberapa anak membuka alas sepatu. Mereka bercanda dan berlarian diatas rumput.

Setelah pandemi, inilah kali pertama mereka diajak kembali untuk merayakan Hari Anak Nasional bersama ISCO Foundation. Banyak dari mereka yang baru kali ini merasakan indahnya liburan keluar dari lingkungan padat rumah mereka setelah 4 tahun. Mereka menikmati perayaan ini seperti layaknya semua anak Indonesia lainnya merayakan liburan sekolah.

Mereka bermain berbagai macam permainan tradisional, berolahraga di lapangan yang sesungguhnya seperti olahraga basket, futsal, badminton, catur dll. Selain itu juga banyak stan-stan kegiatan anak yang dihadirkan oleh para volunteer seperti menghias donat, memasak churros, menggambar, melukis, mewarnai, rumah balon dan berbagai macam kegiatan menarik lainnya.

Terlihat anak-anak dari sekolah DSJ menyambut anak dampingan ISCO. Mereka bermain bersama tanpa memandang latar ekonomi, warna kulit, agama, dan perbedaan lainnya. Kesetaraan benar-benar terjadi di perayaan hari anak tahun ini. Semua bermain futsal, bulu tangkis, bernyanyi, bahkan makan bersama.

Dihadiri oleh Perwakilan Kedutaan Austria, Duta Besar Republik Federal Jerman, Putri Indonesia 2022 dan Peraih Medali Emas Asian Games

Temu tahunan 2023 ini dihadiri oleh H.E Roessl Philipp Deputy Head of Mission bei Austrian Embassy Jakarta sebagai bentuk dukungan untuk anak-anak dampingan ISCO Foundation. Beliau menyampaikan rasa bangganya menjadi bagian dalam perayaan Hari Anak Nasional ini dan menyaksikan keceriaan anak-anak secara langsung. Beliau juga berharap anak-anak ini dapat terus bersekolah dan berprestasi.

H.E. Ina Lepel, Duta Besar Republik Jerman, turut hadir dan memberikan apresiasi bagi anak yang berprestasi secara akademik dan rajin bersekolah. Dalam sambutannya, beliau memberikan selamat dan semangat kepada semua anak ISCO untuk terus belajar, karena kesempatan terbuka luas bagi mereka untuk meraih cita.

Salah satu bentuk kegiatan yang diusung dalam temu tahunan ini adalah festival literasi. Kegiatan ini dilakukan bersama Laksmi DeNeefe Suardana, Putri Indonesia 2022. Laksmi adalah salah satu putri Indonesia yang sangat fokus pada literasi. Dalam kesehariannya Laksmi kerap mengangkat isu literasi menjadi hal yang perlu untuk diperjuangkan.

Laksmi yang telah tertarik dengan dunia pendidikan dan literasi sejak dahulu, yakin bahwa pemimpin besar harus paham literasi dan percaya bahwa pendidikan merupakan kunci di masa depan. Anak-anak keluarga prasejahtera di pemukiman padat penduduk kerap kali tidak mendapat akses yang setara dalam hal pendidikan dan literasi. Oleh sebab itu Laksmi mengadakan kegiatan literasi yakni storytelling dan berbagi cerita dengan anak-anak ISCO dan anak-anak DSJ.

Selain literasi, ISCO pun selalu memotivasi anak-anak dampingannya untuk selalu berprestasi. Pada temu tahunan ini, turut hadir Jonatan Christie atau yang akrab disapa Jojo, atlet nasional bulu tangkis Indonesia. Jojo bermain bulu tangkis bersama dengan anak-anak dampingan ISCO yang berbakat dibidang tersebut dan memberikan apresiasi bagi anak-anak berprestasi serta turut mendukung kebutuhan sekolah mereka di tahun ajaran baru 2023/2024.

Dengan kesempatan ini, diharapan anak-anak ISCO dapat menampilkan dan meningkatkan bakat mereka dan tidak menutup kemungkinan mereka dapat berkarir menjadi atlet bulu tangkis seperti Jojo dan membawa harum nama Indonesia.

Selamat Hari Anak bagi seluruh anak Indonesia dimanapun berada. Kesempatan yang sama terbuka lebar untuk mencapai cita dan mimpimu. Beranilah Bermimpi!