?>
LADIESTORY.ID | HIJAB | 4 JENIS JARUM PENTUL YANG HARUS DIKETAHUI PARA HIJABERS

4 Jenis Jarum Pentul yang Harus Diketahui Para Hijabers

LS Hijab
Penulis: LS Hijab
Durasi baca: 2 menit, 54 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

4 Jenis Jarum Pentul yang Harus Diketahui Para Hijabers

Jarum pentul adalah sebuah bahan yang dipakai untuk menjahit. Menurut fungsinya, jarum pentul dapat terbuat dari metal (seperti baja, tembaga atau kuningan), kayu atau plastik. Benda mungil ini biasanya disematkan pada kain yang bertumpuk agar posisinya tidak bergerak dan memudahkan seseorang menjahitnya. Jarum pentul merupakan salah satu jenis jarum yang memiliki kepala pada ujungnya dan mempunyai banyak warna. Sementara, jenis jarum pentul khusus hijab biasanya mempunyai ujung yang runcing dan tajam. 

Di pasaran, ada banyak jenis jarum pentul dari berbagai macam yang berbeda-beda. Untuk membedakan kualitas jarum pentul, khususnya antara jarum anti karat dan jarum biasa, kamu bisa membandingkan warna, bentuk ujung jarumnya dan juga harga jarum pentul.

Secara garis besar, ada dua jenis jarum pentul yang saat ini beredar di pasar dan masyarakat, yaitu jarum pentul biasa dan jarum pentul Jepang. Sekilas memang tampak serupa, tapi kalau dilihat lebih teliti memiliki perbedaan. Dan jika kamu pemakainya, pasti bisa menyadari bahwa dua jenis jarum pentul ini memiliki perbedaan. Jarum pentul Jepang pentulnya sedikit lebih besar dan warnanya lebih tahan, tidak mudah luntur, memakai stainless, tidak mudah berkarat, serta ujungnya lebih runcing. 

Baca juga: Mix and Match Celana Plisket untuk Hijabers Bertubuh Mungil

Mengingat kelebihan ini, jarum pentul Jepang memang kualitasnya lebih bagus dan harganya lebih mahal; bisa mencapai dua kali harga jarum biasa.

Akan tetapi, sebenarnya dua jenis jarum pentul sama-sama memiliki kelebihan; semuanya tergantung dari bahan apa yang akan dilekatkan (dipentul). Untuk bahan lembut dan sensitif sebaiknya gunakan jarum pentul Jepang. Sebaliknya, untuk bahan biasa yang tidak mudah terurai, memilih jarum pentul biasa bukanlah sebuah masalah.

Ingin lebih tahu lagi tentang jenis jarum pentul khusus hijab? Begini penjelasannya. 

Jarum Pentul Titik Bola

Ketika menjahit dengan jenis rajut atau kain jersey, kebanyakan orang tahu bahwa harus menggunakan jarum bola-titik. Ini berguna agar menjaga jahitan tetap rapi dan tidak melanggar salah satu benang.

Jarum Pentul Sutra

Beberapa kain dengan serat tenun sulit untuk ditusuk jarum, karena akan membuatnya terpental. Jadi, jangan gunakan sembarang jarum pentul untuk kain sutra, tapi pakailah jarum satin. Jarum pentul untuk sutra ini memiliki ukuran panjang, batang anti karat berlapis nikel kuningan, dan memiliki diameter batang logam 5mm

Baca juga: Inspirasi Busana Hijabers Warna Terang untuk Kamu yang Punya Kulit Kuning Langsat


Jarum Pentul Quilting

Ketika membuat quilting banyak lapisan yang dipakai sehingga membutuhkan jarum pentul yang kuat dan sedikit lebih panjang. Dan biasanya quilting menawarkan berbagai warna jadi memakai jarum pentul berwarna putih akan mengakibatkan kekaburan warna. Jadi, warna kuning adalah warna yang pas untuk jarum pentul ini.

Jarum Pentul T (T-Pin)

Jarum pentul ini jarang digunakan dalam jahit. Akan tetapi, akan sangat berguna jika kamu membutuhkan jarum pentul yang kuat.

Peran jarum pentul sangat penting dalam penggunaan hijab yaitu untuk menjaga kerapian dan tatanan hijab sepanjang hari. Meski sangat dibutuhkan karena kegunaannya, pemakaian jarum haruslah tetap berhati-hati ya, Ladies!

Sumber foto utama: Unsplash.com/ Sri Rahayu Ramadhani

Baca juga: 6 Panduan Mix & Match yang Harus Diperhatikan Hijabers Bertubuh Gemuk

jarum pentul aneka jarum pentul aneka jarum pentul untuk hijab jarum pentul sutra

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Hijab