Ladiestory.id » Parenting » Daftar Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah agar Anak Tidak Bosan

Daftar Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah agar Anak Tidak Bosan

LS Parenting
Jum'at, 27 Maret 2020 | 04:01:56
Durasi baca: 2 menit, 10 detik
Dibaca: 5 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Daftar Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah agar Anak Tidak Bosan

Social distancing menjadi salah satu cara yang diyakini mampu memperlambat penyebaran virus Corona atau COVID-19. Hal ini mengharuskan semua anggota keluarga, termasuk si kecil untuk tetap berada di rumah.

Nah, masalahnya adalah anak-anak mungkin individu yang paling mudah terserang rasa bosan. Mereka mungkin saja merindukan kegiatan bermain bersama teman-temannya, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Akan tetapi, Dr. Jack Maypole, dokter anak di Boston Medical Center, AS, berpesan agar orang tua berpegang teguh pada aturan untuk tidak mengizinkan anak-anak bermain bersama teman untuk sementara waktu ini, sampai kondisi lebih kondusif dan aman. Jadi, apa yang bisa dilakukan oleh orangtua agar anak betah di rumah dan tetap bertumbuh dengan optimal? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan. 

Ajak Membaca Buku

Mungkin membaca buku menjadi aktivitas yang biasa. Akan tetapi, anak-anak akan selalu menikmati saat sedang dibacakan buku oleh orangtua. Agar membaca buku menjadi tidak membosankan, kamu bisa meminta si kecil untuk membacakan buku untuk orangtua. Jika dia belum bisa membaca dengan lancar, biarkan dia mengarang cerita sesuai dengan gambar yang dilihatnya. Biarkan imajinasinya berkembang tanpa batas. Oleh karena itu pilihlah buku dengan gambar-gambar yang menarik. 

Baca juga: Manfaat Tak Terduga dari Kebiasaan Menonton di Bioskop Bersama Anak

Lakukan Eksperimen Sains

Sains bisa dijelaskan pada anak-anak dengan cara menyenangkan. Mumpung kamu sedang ada di rumah. manfaatkan waktu kebersamaan untuk membuat eksperimen sains. Kamu bisa mendapatkan berbagai ide eksperimen di situs-situs seperti seperti di thedadlab.com, sciencefun.org, sciencekids.co.nz dan masih banyak lainnya.

Adakan Kuis Tebak Lagu

Aktivitas ini dijamin akan membuat seluruh anggota tertawa dan menikmati waktu. Aturan kuis ini: senandungkan sebuah lagu tanpa lirik, dan mintalah si kecil menebaknya. Lakukan secara bergiliran agar aktivitas ini semakin seru. 

Berkreasi dan Membuat Sesuatu 

Ajak si kecil membuat proyek seni bebas. Sediakan krayon, cat air, buku gambar, gunting anak, lem, kertas warna warni, manik manik dan berbagai perlengkapan lainnya. Buat kreasi yang menarik dan pajang hasilnya di rumah tamu atau kulkas.

Ajak Bermain Lego dan Balok

Bermain lego dan balok tak pernah membosankan. Selain itu, permainan ini juga melatih kemampuan motorik dan kordinasi mata dan tangan anak-anak.

Adakan Petualangan Mencari Harta Karun

Aturan main petualangan ini: sembunyikan sesuatu yang disukai anak (buku cerita, lego, boneka, alat tulis lucu dan lainnya). Lalu, berikan satu demi satu petunjuk tertulis untuk mencapai tempat itu. Misalnya, di atas kertas, tuliskan lemari", maka di akan ke lemari dan menemukan petunjuk ke dua, "dapur". Di dapur akan terdapat petunjuk berikutnya dan begitu seterusnya sampai dia berhasil menemukan harta karun yang dimaksud. 

Baca juga: 5 Hal yang Menyebabkan Anak Rentan Alergi


Well, semoga daftar aktivitas di atas membuat periode #dirumahaja semakin menyenangkan. Selamat bermain dan menikmati waktu bersama keluarga, Ladies!

Sumber foto utama: Unsplash.com/ Jonathan Borba

parenting ide parenting bersama anak bermain bersama anak ide bermain bersama anak parenting tips tips parenting

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING