?>
LADIESTORY.ID | TRAVEL | TIPS AMAN MENGGUNAKAN TRANSPORTASI UMUM SAAT PANDEMIK VIRUS CORONA

Tips Aman Menggunakan Transportasi Umum saat Pandemik Virus Corona

LS Travel
Penulis: LS Travel
Durasi baca: 2 menit, 44 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tips Aman Menggunakan Transportasi Umum saat Pandemik Virus Corona

Pertama dan utama, sebisa mungkin tetaplah di rumah dan lakukan social distancing. Namun, kedua, jika memang harus keluar rumah dan menggunakan transportasi publik dalam periode pandemik COVID-19 ini, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan dari rumah dan lakukan sepanjang perjalanan. Ini demi kesehatanmu dan orang-orang yang kamu temui.

Selalu Memakai Masker

Demi menjaga kesehatan dan kebersihan diri, buat kamu yang ingin bepergian lebih baik menggunakan masker. Dilansir dari covid19.go.id, cara memakai masker yang benar ialah menutup mulut, hidung, dan dagu. Tekan bagian atas masker agar mengikuti bentuk hidung, tarik ke belakang di bagian bawah dagu. 

Karena virus dan bakteri bisa berkembang di dalam masker jika digunakan terlalu lama, maka gunakan masker sebijak mungkin yah, Ladies. Jangan menyentuh bagian luar masker, karena di situ terdapat banyak bakteri. Jika terpaksa menyentuhnya, segera cuci tangan menggunakan sabun.

Baca juga: Cara Memandikan Bayi di Era New Normal agar Terhindar Virus Corona

Menyebarnya virus Corona membuat semua orang cemas, tak heran jika masker kian langka. Jika sulit mendapatkan masker, kamu bisa membuatnya sendiri. Meski memang harus diingat bahwa masker buatan sendiri memiliki limitasi dan belum tentu membuatmu aman dari COVID-19. 

Tetap Menjaga Jarak Aman

Meski belum diketahui secara pasti bagaimana virus Corona menyebar, tetapi seperti virus serupa yang lain, COVID-19 dapat masuk ke tubuh seseorang dari percikan batuk atau bersin orang yang terinfeksi, atau menyentuh permukaan yang sama dengan mereka. Oleh karenanya, jaga jarak dengan orang lain minimal ukuran satu lengan, alias social distancing, atau psychical distancing. Dan hindari "kontak dekat". Pedoman Pusat Kesehatan Inggris "kontak dekat" sebagai berada dalam jarak dua meter dari orang yang terinfeksi dalam durasi lebih dari 15 menit.

Seperti yang mungkin sudah kamu tahu, social distancing merupakan tindakan yang bertujuan mencegah orang sakit melakukan kontak dalam jarak dekat dengan orang lain yang berguna untuk mengurangi peluang penularan virus.

Selalu Membawa Hand Sanitizer

WHO menyarankan pencegahan dengan mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik atau gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol jika sabun dan air tidak tersedia. Pasalnya, kuman dan virus dapat tertular dari telapak tangan. Jika di dekatmu tidak ada air dan sabun, maka manfaatkan hand sanitizer. Setelah menggunakan transportasi publik, bersihkan seluruh bagian tangan dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70%. 

Hindari Menyentuh Daerah Wajah

Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang sangat rentan terkena bakteri dan virus. Hal ini karena tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering melakukan kontak langsung dengan benda ataupun orang lain. Semenjak virus Corona menyebar, setiap orang diimbau untuk tidak menyentuh wajah karena dapat menyebabkan penyebaran kuman. Jika memang harus menyentuh wajah, pastikan tanganmu dalam keadaan bersih. Yep, cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh hidung, mata atau mulut. 

Baca juga: Tips Agar Terhindar dari Virus. Biasakan Rutinitas Ini di Rumah


Perhatikan Selalu Informasi di Lapangan

Hal yang paling penting yang harus kamu lakukan saat traveling adalah memantau status keamanan tempat yang kamu tuju. Jika tempat yang kamu tuju rentan dengan penyebaran virus ini, berhati-hatilah dan ikuti terus petunjuk dari otoritas setempat. 

Konsumsi Makanan Sehat dan Minum Vitamin

Untuk mencegah terinfeksi, selain mencuci tangan dengan cara yang tepat, pastikan menjaga kesehatan dan imunitas tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin dan makanan sehat. Jadi, saat kamu masih harus bepergian ke luar, pastikan melakukan hal ini. 

Sekali lagi, jika memungkinkan tetaplah #dirumahaja. Jika profesimu menuntut kamu harus keluar rumah dan bepergian dengan transportasi publik, selalu hati-hati dan lakukan petunjuk di atas. 

Sumber foto utama: Unsplash.com/ Madeleine Ragsdale

Baca juga: Apa Bedanya Meningitis Virus Versus Meningitis Bakteri?

tips aman travelling saat corona wabah corono cara aman berpergian di tengah wabah corona pencegahan virus corona

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Travel